Sukses

6 Gambar Uang Lucu Jadi Berbagai Karya Seni, Kreatif dan Menginspirasi

Liputan6.com, Jakarta Mendengar kata uang mungkin yang terlintas adalah alat pembayaran sah yang digunakan untuk alat tukar. Maka tidak heran, dengan menggunakan uang Anda bisa memiliki sesuatu yang diperdagangkan baik berupa barang maupun jasa.

 

Selain sebagai sebua alat tukar yang sah, banyak orang yang memanfaatkan uang sebagai beragam karya seni yang unik. Ada yang dijadikan origami dan instalasi seni lainnya. Mungkin Anda pernah melihat salah satu gambar uang lucu yang menarik baik di media sosial maupun atau saat pameran seni.

Mungkin Anda juga mulai tertarik untuk mencoba membuat karya seni dengan uang. Dengan melihat gambar uang lucu yang tentunya kretif, setidaknya bisa memberi inspirasi bagi Anda dalam menentukan bentuk karya dari uang yang diinginkan.

Nah, agar tidak bingung dan sebagai bahan referensi, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber gambar uang lucu yang bisa dijadikan contoh pembuatan karya seni dan mungkin akan menghasilkan bagi Anda, Rabu (25/11/2020).

2 dari 8 halaman

1. Gambar uang lucu berbentuk kapal

Gambar uang lucu dan kreatif yang pertama berbentu kapal. Uang yang digunakan menggunakan mata uang Euro. Tapi sebenarnya tidak harus menggunakan mata uang tersebut. Anda bisa menggunakan mata uang Rupiah maupun lain sebagainya. Tapi tentu saja ukuran kertas dari tiap mata uang bisa berbeda-beda.

3 dari 8 halaman

2. Gambar uang lucu berbentuk kemeja

Selanjutnya, uang kertas di atas dijadikan karya berbentuk kemeja. Memang untuk membuat bentuk tersebut cukup sulit dan diperlukan praktik dengan tekun. Jenis uang yang digunakan untuk membentuk kemeja tersebut, juga dapat dengan mata uang lainnya, yang penting menggunakan uang kertas.

4 dari 8 halaman

3. Gambar uang lucu bentuk atap dengan tiang

Bentuk karya dari uang ini sangat berbeda dari kedua bentuk karya di atas. Sebab, pada karya ini menggunakan dua jenis uang, yaitu uang koin dan uang kertas. Tapi, kelebihan dari karya ini adalah lebih mudah dalam pembuatannya, karena bentuk atap yang digunakan tidak sulit dibentuk. Bahkan terbilang cukup simpel.

5 dari 8 halaman

4. Gambar uang lucu dengan kombinasi payung

Mungkin karya ini bisa dibilang sangat unik dan jauh lebih besar dari ketiga karya di atas. Selain itu, uang yang digunakan juga cenderung lebih banyak dibandingkan karya sebelumnya. Namun Anda bisa menyiasatinya dengan mengganti uang tersebut dengan tiruan. Selain unik dan menarik, karya uang dengan uang ini juga sangat tepat dijadikan hiasan di rumah.

6 dari 8 halaman

5. Gambar uang lucu dijadikan bentuk kue

Mungkin tidak pernah terbayangkan jika uang-uang tersebut bisa dijadikan bentuk unik salah satunya bentuk kue. Tapi kuenya tidak untuk dimakan, ya. Uang yang disusun sedemikian rupa menjadi bentuk kue tersebut membutuhkan jumlah yang cukup banyak.

Jika dilihat dari bentuknya, sebenarnya untuk membuat kue “mahal” ini terbilang mudah, karena uang tersebut hanya digulung dan disusun rapi. Namun tetap saja membutuhkan kesabaran dan ketelitian tinggi agar bentuknya bisa sesuai keinginan.

7 dari 8 halaman

6. Gambar uang lucu jadi bentuk kupu-kupu

Selanjutnya, karya uang di atas menjadi bentuk kupu-kupu. Untuk membuat karya ini memang terbilang sulit, karena dibutuhkan kesabaran dan latihan terlebih dahulu agar bentuknya sesuai keinginan.

8 dari 8 halaman

Mata Uang Populer di Dunia

Uang sebagai alat tukar di kehidupan masyarakat memang sangat penting. Uniknya, di tiap negara memiliki mata uang yang nilainya berbeda-beda. Kebijakan mengenai nilai dari tiap mata uang tersebut ditentukan oleh tempat dan sejarah negara tersebut.

Sebagai contoh, Anda tentu tahu jika mata uang Indonesia adalah rupiah. Saat masa-masa awal kemerdekaan, Indonesia belum menggunakan mata uang rupiah namun menggunakan mata uang resmi yang dikenal sebagai ORI. Barulah sejak 2 November 1949, empat tahun setelah merdeka, Indonesia menetapkan penggunaan Rupiah sebagai mata uang kebangsaannya yang baru.

Ternyata, ada beberapa mata uang yang cukup populer di dunia. Mata uang ini digunakan oleh beberapa negara besar salah satunya seperti Amerika Serikat dengan Dolar. Berikut mata uang paling populer tersebut seperti yang dikutip dari Forex Market.

 

1. Dolar Amerika Serikat (AS)

Dolar AS sangat terkenal di seluruh dunia. Mata uang ini sangat banyak dan mudah diperjualbelikan. Bahkan hampir 85 persen dari total transaksi di pasar valuta asing dilakukan dengan menggunakan mata uang ini. Maka tidak heran apabila Dolar AS dikenal sebagai mata uang dunia. Mengingat, Amerika Serikat memiliki perekonomian yang sangat kuat.

 

2. Euro

Mata uang Euro merupakan mata uang baru di dunia. Mata uang ini sebenarnya baru resmi menjadi mata uang di Eropa sejak tahun 1999. Tapi, Euro sudah berada di posisi kedua sebagai mata uang populer di dunia, karena banyak diperdagangkan. Penyebabnya mungkin akibat daya tarik wisata di Eropa yang membuat banyak orang berniat ke sana dan menggunakan mata uang tersebut.

 

3. Yen Jepang

Jepang adalah negara paling maju di kawasan Asia. Maka tidak heran jika Yen jadi mata uang yang paling banyak diperdagangkan serta digunakan karena perdagangan dunia sebagian besar ada di Asia.

 

4. Pound Sterling

Inggris menggunakan Pound Sterling sebagai mata uang resmi yang berlaku untuk alat pembayaran di negaranya. Mata uang bersimbol £ ini juga pernah jadi mata uang internasional sebelum posisinya tergantikan oleh dolar AS. Pound Sterling adalah salah satu mata uang yang punya nilai tukar tertinggi di dunia. Turis yang berkunjung ke negara ini, harus rela merogoh kocek lebih dalam.