Sukses

10 Manfaat Teh Bunga Krisan dan Cara Membuatnya, Kontrol Tekanan Darah

Liputan6.com, Jakarta Bunga krisan kerap ditemukan sebagai dekorasi dan tanaman hias. Bunga ini berwarna mulai dari kuning paling pucat hingga merah cerah, dengan beberapa varietas berwarna hijau dan ungu. Aromanya yang harum dan warnanya yang cerah membuat bunga ini cocok untuk mempercantik ruangan. 

Namun, rupanya bunga krisan juga punya manfaat kesehatan saat dikonsumsi dalam bentuk teh. Teh bunga krisan dibuat dari bunga krisan kering. Teh ini memiliki aroma bunga yang lembut. Teh krisan biasanya berwarna keemasan dengan rasa bunga yang ringan.

Teh krisan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Selain dibuat teh, kelopak, daun, dan tangkai bunga krisan dapat direbus, diseduh dan dikonsumsi.

Berikut manfaat teh bunga krisan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(26/11/2020).

2 dari 8 halaman

Manfaat teh bunga krisan

Tingkatkan kesehatan kardiovaskular

Dilansir Liputan6.com dari Live Strong, menurut situs Herbs 2000, uji klinis yang dilakukan di China dan Jepang menunjukkan bahwa krisan efektif menurunkan tekanan darah dan meredakan berbagai gejala tekanan darah tinggi seperti pusing, insomnia, dan sakit kepala.

Studi ini juga menunjukkan bahwa sifat antibiotik yang kuat pada krisan mungkin juga efektif untuk mengobati angina, atau nyeri dada yang berasal dari penyakit jantung koroner. Namun, lebih banyak penelitian pada manusia perlu dilakukan pada teh krisan.

Kontrol tekanan darah

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, teh krisan digunakan sebagai herbal anti-hipertensi. Ini artinya teh krisan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sementara penelitian modern telah mendukung klaim tersebut. Satu studi menemukan bahwa krisan, sebagai bagian dari rejimen terapi makanan secara keseluruhan, efektif dalam menurunkan tekanan darah.

3 dari 8 halaman

Manfaat teh bunga krisan

Kurangi gejala pilek

Praktisi pengobatan tradisional Tiongkok secara historis menggunakan teh krisan untuk mengobati pilek, atau pilek yang disertai demam, kelenjar bengkak dan sakit kepala. Krisan membantu mengatasi demam karena memiliki efek mendinginkan.

Atasi ruam panas

Teh krisan juga bisa mengobati ruam panas. Praktisi pengobatan tradisional Tiongkok percaya bahwa ruam panas adalah gejala ketidakseimbangan suhu internal. Minum teh krisan krisan setiap dua hingga tiga jam dapat membantu mengatasi ruam panas. 

4 dari 8 halaman

Manfaat teh bunga krisan

Tingkatkan kesehatan mata

Teh krisan mungkin efektif dalam mengobati masalah mata, termasuk meningkatkan ketajaman penglihatan bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan. Krisan memiliki sejarah panjang digunakan untuk mengobati penglihatan kabur, penglihatan jerawatan, dan mata berair.

Antibiotik alami

Penelitian klinis telah menemukan bahwa unsur aktif dalam krisan memiliki efek antibiotik. Antibiotik alami ini tampaknya membantu melawan beberapa jenis bakteri, terutama streptococcus dan staphylococcus. Teh krisan juga bisa meredakan sakit kepala tegang, menyembuhkan bau mulut, dan meredakan mulut atau tenggorokan yang kering.

5 dari 8 halaman

Manfaat teh bunga krisan

Kurangi efek negatif akibat alkohol

Dilansir dari WebMD, Satu studi menunjukkan bahwa minum teh krisan membantu meningkatkan metabolisme alkohol. Ini merupakan proses yang digunakan tubuh untuk memecah alkohol dan menghilangkannya dari sistem tubuh. Teh krisan juga dapat membantu melindungi hati dari kerusakan yang terkait dengan pemrosesan alkohol juga.

Baik untuk hati

Teh bunga krisan efektif dalam membersihkan hati. Teh berwarna kuning transparan ini bertindak sebagai agen detoksifikasi yang baik untuk hati dan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6 dari 8 halaman

Manfaat teh bunga krisan

Atasi peradangan

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menemukan bahwa beberapa bahan kimia yang diekstrak dari bunga krisan dapat mengurangi peradangan. Penemuan lain menemukan bahwa ekstrak krisan dapat membantu mengobati gangguan tulang seperti osteoporosis.

Teh krisan juga berguna untuk mengobati peradangan di paru-paru dan saluran hidung. Teh krisan dikenal memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus.

Tenangkan tubuh

Teh krisan dapat membantu tubuh lebih rileks dengan menenangkan saraf dan menjernihkan pikiran. Teh krisan membuat tubuh merasa segar kembali setelah seharian beraktivitas. Dengan rasa bunganya yang ringan, teh ini menenangkan tubuh dan pikiran.

Teh krisan memiliki sifat stimulasi yang efektif yang mengingatkan indra dan meremajakan otak. Minuman ini juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi gangguan tidur.

7 dari 8 halaman

Cara membuat teh krisan

Teh krisan termasuk teh yang mudah dibuat. Anda bisa mengeringkan sendiri bunga krisan segar. Jika Anda membuat teh krisan dari bunga segar, pastikan hanya menggunakan tanaman yang belum disemprot dengan pestisida atau bahan kimia taman lainnya.

Petik bunganya dan biarkan mengering selama beberapa hari di tempat yang cerah, atau gunakan pengering makanan. Anda juga bisa membeli bunga krisan kering di toko herbal.

Rebus air dan biarkan hangat selama sekitar satu menit hingga sekitar 37°C. Kemudian masukkan antara 3-6 bunga krisan kering ke dalam segelas air. Biarkan terendam selama 5-10 menit. Teh krisan sudah siap disesap.

8 dari 8 halaman

Alergi dan efek samping

Jika Anda alergi terhadap bunga aster (daisy) atau ragweed, Anda bisa berisiko alergi terhadap krisan. Berhenti mengonsumsinya jika memiliki reaksi seperti ruam kulit atau iritasi pernapasan.

Produk krisan juga bisa berinteraksi dengan banyak obat resep, meskipun tidak serius. Jika sedang menggunakan obat resep, tanyakan kepada dokter sebelum mulai mengonsumsi krisan.