Sukses

Website adalah Kumpulan Informasi Dimuat di Internet, Ketahui Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Website adalah kumpulan muatan informasi di Internet. Saat ini, pengguna Website mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini selaras dengan Website yang bisa berubah menjadi aset berharga seperti rumah atau barang mewah.

Banyak perusahaan besar yang membuat Website untuk meraup keuntungan lebih besar. Website adalah halaman yang berguna untuk mengunggah informasi berupa teks, gambar, video, dan lain-lain. Dari sinilah kemudian Website bisa menghasilkan, artinya bisa menggaet banyak pembaca, penonton, branding, dan memuat banyak iklan. 

Semua orang, sebenarnya memiliki kesempatan dan peluang sama menjadikan Website sebagai aset. Apalagi cara membuat Website bisa dilakukan tanpa dipungut biaya sama sekali. Hanya saja, Website adalah halaman yang bisa besar jika dikelola dengan benar. Itu artinya selalu produktif dan bisa menghasilkan produk yang mencuri perhatian mesin pencarian.

Berikut Liputan6.com ulas Website adalah kumpulan informasi yang dimuat di Internet dan cara membuatnya dari berbagai sumber, Kamis (26/11/2020).

2 dari 7 halaman

Website Menurut Ahli

A. Taufiq Hidayatullah

Menurut A.Taufiq Hidayatullah website adalah bagian yang paling terlihat sebagai jaringan terbesar di dunia, yaitu internet.

Haer Talib

Menurut Haer Talib website adalah tempat di Internet yang mempunyai nama serta alamat.

Ali Zaki & Smitdev Community

Ali Zaki & Smitdev Community mendefinisikan Website adalah beberapa kumpulan dari halaman web yang terdapat pada satu domain, yang terdiri dari 2 atau lebih halaman web.

Feri Indayudha

Menurut Feri Indayudha, Website adalah sebuah program yang dapat memuat film, gambar, suara & musik yang ditampilkan di internet.

Yuhefizar

Menurut Yuhefizar, Website adalah metode untuk menampilkan informasi di internet, baik itu berupa teks, gambar, video & suara maupun interaktif memiliki keuntungan yang menghubungkan (link) dari dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui browser.

Jasmadi

Menurut Jasmadi website adalah kumpulan halaman-halaman web beserta file-file pendukungnya, seperti gambar, video, dan file digital lainnya yang diletakkan di host atau web server yang umumnya diakses melalui internet.

Suwanto Raharjo

Menurut Suwanto Raharjo, layanan website adalah salah satu Internet yang paling banyak dipergunakan dibandingkan dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.

Wahana Komputer

Wahana komputer menyebut website adalah bentuk interaktif komunikasi yang digunakan dalam jaringan komputer satu.

Sukarno dan Hianoto

Menurut Sukarno dan Hianoto, website adalah aset sama seperti halnya rumah dan saat ini mulai lumrah diperjualbelikan.

3 dari 7 halaman

Website

Website adalah bagian dari internet yang konon katanya paling menonjol di antara yang lain. Terdiri dari halaman-halaman yang dibuat oleh manusia untuk bisa dinikmati tulisan, gambar, foto, video, dan lain sebagainya.

Menurut para ahli, Website adalah kumpulan informasi yang dimuat di internet. Informasi ini tidak hanya datang dari satu pengguna saja, melainkan banyak pengguna. Informasi akan disaring oleh mesin pencarian sesuai dengan isi, kelengkapan, dan produktivitasnya.

Jika disimpulkan, Website adalah informasi pada halaman yang dimuat di Internet. Website bisa diakes menggunakan internet melalui domain seperti WWW atau World Wide Web.

Pengelolaan yang benar akan membuat Website menjadi sebuah aset. Website adalah aset berharga yang setara dengan rumah dan barang berharga lainnya. Website bisa menjadi aset ketika dapat menghasilkan, memiliki banyak pembaca dan iklan.

4 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Website dari Tingkatan

Statis

Situs web tetap tidak dioptimalkan dengan baik untuk layar dengan ukuran berbeda. Website ini dibangun menjadi lebar tetap piksel. Jika Anda membuka situs web yang statis pada ponsel Anda harus memperbesar untuk melihat apa yang tertulis di setiap halaman.

Situs web statis dapat memuat sedikit lebih cepat karena kesederhanaannya. Namun mereka tidak direkomendasikan karena pengalaman pengguna yang buruk bagi mereka yang menggunakan ponsel atau tablet.

Dipercayai bahwa lebih dari 50% dari semua pencarian sekarang dilakukan di ponsel, jadi ini merupakan pertimbangan penting.

Fluid

Sebuah situs web yang dibangun dengan desain fluid atau cairan memastikan bahwa situs tersebut terlihat sama dalam hal proporsi, tidak peduli berapa ukuran layarnya. Setiap elemen situs web, seperti bilah navigasi, akan memakan ruang relatif yang sama di setiap perangkat.

Responsif

Sebuah situs web dengan desain responsif selangkah lebih maju dari fluid. Situs web dengan desain responsif adalah situs yang sepenuhnya dioptimalkan untuk ponsel dan tablet, hingga titik di mana situs web akan benar-benar terlihat berbeda di setiap perangkat.

Sangat penting bahwa situs web Anda responsif jika sebagian besar audiens Anda menggunakan perangkat selain komputer untuk melihat situs Anda, karena situs ini menawarkan pengalaman terbaik bagi para pengguna.

5 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Website dari Fungsinya

eCommerce

Situs web e-niaga adalah situs web tempat pengguna dapat membayar produk atau layanan online. Ini biasanya akan melibatkan satu perusahaan yang menjual ke banyak pengguna, tetapi juga dapat mengambil bentuk situs web e-commerce multi-vendor, umumnya dikenal sebagai situs web ‘marketplace’. Situs web Marketplace memungkinkan banyak vendor untuk menjual kepada pelanggan melalui situs yang sama.

Portal

Situs web portal menyatukan informasi dari banyak sumber berbeda di web. Contoh awal termasuk Aol dan Yahoo, yang menawarkan email, forum, mesin pencari, dan berita melalui beranda mereka. Portal juga dapat untuk penggunaan internal di sekolah, universitas atau perusahaan, memungkinkan siswa atau karyawan untuk mengakses email, peringatan, dan file mereka semua di satu tempat.

Social Media

Social media websites are platforms which allow the sharing of images or ideas. They encourage online interaction and sharing. The most popular social media website is Facebook, with a staggering 2.07 billion active users. Other social media sites include YouTube, Twitter, Instagram and LinkedIn.

Blog dan Pribadi

Situs web pribadi telah menjadi favorit bagi orang-orang yang ingin mendokumentasikan peristiwa besar dalam hidup mereka. Bentuk lain dari website pribadi adalah blog yang telah menjadi sangat populer. Blog biasanya sering diperbarui dan posting lama dapat dilihat melalui arsip.

Berita/ Media

Tujuan utama dari situs web berita adalah untuk membuat para pembacanya selalu terbarui dengan berita terkini. Hal yang sama dapat terjadi pada situs web majalah online, sampai batas tertentu, meskipun ada lebih banyak fokus pada hiburan.

Situs web media mengumpulkan berita atau pelaporan lainnya. Ada beberapa tumpang tindih di sini dengan situs web hiburan, tetapi situs web media lebih cenderung menyertakan bagian yang dilaporkan sebagai tambahan atau alih-alih konten yang murni untuk hiburan.

6 dari 7 halaman

Manfaat Memiliki Website

Pemasaran global

Dengan website, bisnis kecil sekalipun bisa berpotensi menjangkau ribuan dan jutaan orang yang tersebar di seluruh dunia. Memiliki website membuat usaha atau citra dirimu lebih dikenal oleh masyarakat.

Tingkatkan kredibilitas

Situs web memberimu kesempatan untuk memberi tahu banyak orang tentang dirimu dan mengapa kamu layak mendapatkan kepercayaan dan keyakinan mereka. Dengan situs web, kamu dapat membagikan pencapaian dan kualitas dirimu.

Fleksibel dan lebih murah

Internet sangat berbeda dari iklan cetak atau media tradisional lainnya. Dengan website, kamu bisa mengubah konten tanpa harus meminta seseorang untuk melakukannya untuk dirimu. Biaya maintenance website juga jauh lebih murah dibanding iklan.

Periklanan dan branding

Memiliki situs web juga merupakan salah satu bentuk iklan. Setiap orang yang kamu temui, pasti bertanya kepadamu, apakah kamu memiliki situs web atau email. Memiliki id email dengan nama dan domain nama bisnismu bisa membuat publisitas dari mulut ke mulut.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat Website

Pilih Platform

Saat ini telah banyak platform gratis yang membantu kamu untuk membuat website gratis. Beberapa platform gratis yang bisa kamu pakai untuk membuat website gratis antara lain Wordpress, Drupal, Joomla!, wixsite dan lain sebagainya.

Domain dan Hosting

Nama domain ialah nama website yang akan kamu buat. Namun untuk membuat domain ini kamu akan dikenakan biaya. Kamu bisa membeli domain di web-web yang telah disediakan. Ada juga beberpa tempat penjualan domain ini yang akan menggratiskan domain apabila kamu membeli hosting seperti .com, .org, serta .net.

Buat Email

Ada beberapa cara untuk kamu memberi nama domain untuk website. Jika kamu akan menggunakan website untuk kepentingan pribadi, kamu bisa menggunakan nama kamu. Jika ingin digunakan untuk perusahaan atau toko online yang kamu miliki, usahakan menggunakan nama toko tersebut sebagai nama domain.

Instalasi

Setelah memilih platform dan juga nama domain dan hosting, langkah selanjutnya cara membuat website gratis ialah menginstall dan memodifikasi. Untuk menginstall suatu aplikasi sangatlah mudah, karena saat ini banyak sekali hosting yang menggunakan one click installation untuk memudahkan pengguna baru.

Modifikasi

Page ini fasilitas yang sudah disediakan oleh platform untuk menulis artikel ataupun kontak. Halaman page di sini pun termasuk statis, yaitu yang tidak diperbarui secara berkala. Sedangkan post sendiri dibuat untuk menulis sebuah artikel berdasarkan tanggal.

Halaman utama pada website juga tergantung template seperti apa yang kamu pilih sebelumnya. Tapi kamu bisa memilih artikel atau tulisan apa saja yang akan ditampilkan di halaman utama.