Sukses

8 Manfaat Buah Sitrus untuk Kesehatan Tubuh, Ketahui Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Mungkin tidak banyak yang tahu jika jeruk merupakan salah satu buah dari jenis sitrus. Begitu juga lemon dan lainnya. Salah satu manfaat buah sitrus yang paling populer karena kaya akan vitamin C yang sangat baik bagi menjaga kondisi tubuh.

Sebab, manfaat buah sitrus dengan kandungan vitamin C di dalamnya, dapat menjadi penguat sistem kekebalan tubuh. Selain kaya akan vitamin C yang dikandungnya, manfaat buah sitrus ada sangat beragam. Bahkan manfaat buah sitrus sangat baik untuk membantu penurunan berat badan.

Selain itu, buah sitrus juga mampu mencukupi kebutuhan nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Untuk membahas lebih lanjut apa saja manfaat buah sitrus lainnya. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/11/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Buah Sitrus

1. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat buah sitrus yang pertama sebenarnya tidak perlu diragukan lagi, sebab buah sitrus tinggi akan kandungan serta pangan yang baik bagi tubuh. Ketika Anda mengonsumsi salah satu jenis buah sitrus seperti jeruk sebanyak 131 gram. Anda bisa mendapatkan asupan serat yang dapat mencukupi kebutuhan setidaknya 9 persen dari kebutuhan harian rata-rata.

Dengan mencukupi kebutuhan serat harian, maka dapat membantu dalam menyehatkan sistem pencernaan. Salah satunya untuk mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit.

 

2. Bantu turunkan berat badan

Manfaat buah sitrus selanjutnya, baik untuk dijadikan makanan yang bantu menurunkan berat badan. Selain karena kandungan serat tingginya yang bisa memberi rasa kenyang lebih lama, buah sitrus juga termasuk makanan rendah kalori. Dalam satu buah jeruk ukuran sedang terdapat 62 kalori, sehingga sangat cocok dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Buah Sitrus

3. Mengandung indeks glikemik rendah

Hampir seluruh jenis buah sitrus mengandung indeks glikemik rendah dengan skala 100 poin. Dengan kata lain, buah berjenis sitrus bisa mencegah lonjakan gula darah terlalu tinggi. Hal ini menandakan, glukosa yang terkandung dalam buah sitrus bisa dilepas ke peredaran darah dengan lambat.

 

4. Meredakan pilek

Manfaat buah sitrus ini tdak lain karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi di dalamnya. Bahkan, terkandung vitamin C sebesar 51 mg di dalam jeruk, 38 mg dalam grapefruit, serta 30 mg di dalam lemon.

4 dari 6 halaman

Manfaat Buah Sitrus

5. Menjaga kesehatan jantung

Ada beragam kandungan dalam buah sitrus yang bisa menurunkan risiko penyebab sakit jantung. Beberapa di antaranya kandungan serat larut air dan flavonoid yang terdapat di dalam buah sitrus, ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta menaikkan kadar kolesterol baik (HDL). Kemudian, salah satu jenis flavonoid dalam buah sitrus yaitu naringin, bisa membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

 

6. Turunkan risiko batu ginjal

Batu ginjal bisa disebabkan rendahnya kadar sitrat di dalam urine. Manfaat buah sitrus bisa meningkatkan level sitrat yang ada di dalam tubuh, di mana hal ini membantu untuk turunkan risiko terkena batu ginjal.

5 dari 6 halaman

Manfaat Buah Sitrus

7.  Bantu penyerapan nutrisi

Vitamin C di dalam sitrus mampu mendorong kelangsungan hidup katekin, yang merupakan antioksidan sehat dalam teh hijau. Manfaat buah sitrus juga mampu bantu tubuh menyerap iron yang merupakan mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh serta bantu tubuh untuk produksi sel darah merah.

 

8. Sumber potassium

Memang, kandungan potassium yang paling dikenal adalah pisang. Namun ternyata buah-buahan sitrus merupakan salah satu sumber potassium yang baik bagi tubuh. Dengan asupan potassium yang tercukupi, maka dapat mengatur keseimbangan jumlah garam dalam makanan dan membantu tubuh membuang garam.

Selain itu, konsumsi berbagai buah sitrus juga bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke sebesar 21 persen dan menurunkan risiko penyakit jantung.

6 dari 6 halaman

Jenis Buah Sitrus

1. Jeruk

Jeruk adalah buah sitrus yang sangat kaya vitamin C dan baik untuk kesehatan tubuh. Selain dikonsumsi langsung, jeruk juga cocok dijadikan minuman, seperti jus jeruk atau jeruk peras. Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan 179 miligram kalium hanya dalam satu buah jeruk ukuran sedang.

 

2. Jeruk nipis

Meski dari nama hampir sama, namun bentuknya cukup berbeda. Jeruk nipis punya ukuran yang lebih kecil. Jeruk nipis sering digunakan untuk menghilangkan aroma amis pada seafood. Dalam jeruk nipis terkandung 2 gram serat dan mengandung 32% vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

 

3. Lemon

Buah sitrus sangat baik dikonsumsi Anda yang sedang diet karena bisa membantu turunkan berat badan. Selain mengandung vitamin C tinggi, juga mengandung serat, asam folat, potasium, dan flavonoid.

Lemon bisa dikonsumsi secara langsung atau dijadikan bahan campuran minuman. Selain itu, lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan aroma amis pada sajian seafood.

 

4. Grapefruit

Grapefruit punya warna merah keunguan. Dalam setengah buah grapefruit terkandung 2 gram serat yang sangat dibutuhkan tubuh, serta memiliki kandungan 52 kalori. Vitamin C dalam buah grapefruit juga sangat tinggi, yaitu 47 miligram serta mengandung vitamin A yang dibutuhkan tubuh.