Sukses

Penyebab Lidah Terasa Pahit saat Demam dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab lidah terasa pahit saat demam dipengaruhi oleh keadaan mulut. Padahal, saat mengalami demam, seseorang tentunya dituntut agar tetap memenuhi asupan nutrisi harian, karena tubuh sedang berjuang mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Demam sendiri merupakan suatu masalah yang bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti infeksi virus atau bakteri, pascaimunisasi, keracunan, penggunaan obat-obatan, dan kanker. Lidah yang pahit akibat demam tentunya membuat aktivitas kamu menjadi terganggu.

Penyebab lidah terasa pahit saat demam perlu diketahui agar kamu bisa menanganinya segera. Walaupun nafsu makan berkurang karena lidah terasa pahit dan makanan terasa hambar, kamu harus tetap makan makanan yang bernutrisi agar kondisi cepat membaik. Semakin cepat pulih, maka semakin cepat pula lidah akan kembali normal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/11/2020) tentang penyebab lidah terasa pahit saat demam.

2 dari 4 halaman

Penyebab Lidah Terasa Pahit saat Demam

Saat tubuh panas, salah satu bagian otak yang berfungsi sebagai penerjemah rasa, kehilangan kepekaan untuk sementara waktu. Bagian itulah yang bertanggung jawab untuk membedakan rasa yang dikirimkan oleh lidah. Ketika bagian ini tidak bekerja normal, maka semua makanan akan diterjemahkan sebagai rasa pahit.

Selain itu, penyebab lidah terasa pahit saat demam juga karena meningkatnya suhu di dalam rongga mulut, yang menyebabkan mulut menjadi kering. Ketika kamu demam, suhu dalam rongga mulut juga ikut meningkat. Kemudian, cairan tubuh akan berkurang sehingga berisiko menyebabkan dehidrasi. Hal ini kemudian membuat mulut menjadi kering. Hal inilah yang kemudian membuat indra pengecap kamu terasa pahit.

Lebih lanjut, tubuh melepaskan sitokin saat kamu demam. Zat kimia tersebut juga menyebabkan lidah pahit saat sakit demam. Sitokin jenis TNF-alfa diduga berperan dalam menimbulkan kondisi lidah terasa pahit tersebut. Ada beberapa mekanisme bagaimana sitokin TNF-alfa memicu lidah pahit saat sakit demam. Salah satunya, TNF-alfa merangsang sel-sel lidah sehingga menyebabkan rasa pahit.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Lidah Terasa Pahit saat Demam

Setelah mengetahui peenyebab lidah terasa pahit saat demam, kamu tentunya perlu melakukan penanganan yang tepat jika hal tersebut terjadi pada dirimu. Berikut beberapa cara mengatasi lidah terasa pahit saat demam:

Merawat Gigi Secara Rutin

Salah satu cara mengatasi lidah terasa pahit adalah dengan merawat gigi dengan baik. Perawatan gigi secara teratur tentunya sangat berguna, tidak hanya untuk mengatasi masalah ini, namun juga untuk kesehatan secara keseluruhan.

Sikat gigi dua kali sehari (pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur), membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus, serta menggunakan obat kumur antibakteri perlu kamu terapkan secara rutin agar kesehatan senantiasa terjaga.

Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Selain merawat gigi dengan baik, kamu juga bisa melakukan tindakan penanganan dengan mengunyah permen karet bebas gula. Kamu bisa mengunyah permen karet bebas gula untuk membantu menghilangkan pahit pada lidah.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Lidah Terasa Pahit saat Demam

Selain merawat gigi secara rutin dan mengunyah permen karet bebas gula, kamu juga bisa memanfaatkan air garam hangat, air putih, serta berisitirahat yang cukup untuk mengatasi lidah terasa pahit saat demam.

Manfaatkan Air Garam Hangat dan Soda Kue

Baking soda ternyata dapat membantu menetralkan rasa pahit di mulut. National Cancer Institute merekomendasikan kamu untuk berkumur dengan larutan baking soda jika mulut sering terasa pahit. Larutkan 1/4 sendok teh baking soda dan 1/2 sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kemudian kumur-kumurlah dengan air tersebut lalu bilas dengan air bersih sesudahnya.

Istirahat yang Cukup

Dengan istirahat cukup, demam yang kamu alami juga akan cepat pulih sehingga gejala lainnya ikut mereda. Hal ini tentunya termasuk lidah yang terasa pahit.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Minum air putih dapat membantu mengatasi lidah yang terasa pahit. Pasalnya, salah satu penyebab lidah terasa pahit adalah mulut yang kering karena peningkatan suhu di dalam mulut. Jadi, mengonsumsi banyak air putih akan sangat berguna. Kamu juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang pedas dan berminyak, agar tidak memperburuk keluhan.