Sukses

AstraZeneca dan Universitas Oxford Akui Ada Kesalahan Produksi, Vaksin Diragukan Efektivitasnya

AstraZeneca dan Universitas Oxford mengakui adanya kesalahan produksi pada vaksinnya.

Liputan6.com, Jakarta Pengembang kandidat vaksin COVID-19 AstraZeneca dan Universitas Oxford mengakui adanya kesalahan produksi pada vaksinnya. Hal ini diungkapkan pada Rabu(25/11/2020). Pernyataan ini muncul beberapa hari setelah AstraZeneca dan Universitas Oxford menggambarkan vaksin yang mereka buat sangat efektif.

Dilansir Liputan6.com dari AP, dalam pengujiannya, kelompok sukarelawan yang mendapat dosis lebih rendah tampaknya jauh lebih terlindungi daripada sukarelawan yang mendapat dua dosis penuh. Pada kelompok dosis rendah, kata AstraZeneca, vaksin tersebut dinilai 90% efektif. Sementara pada kelompok yang mendapat dua dosis penuh, vaksin tersebut tampaknya 62% efektif.

Jika digabungkan, AstraZeneca mengatakan vaksin itu 70% efektif. Tetapi cara mendapatkan hasil dan pelaporannya oleh perusahaan telah menimbulkan pertanyaan tajam dari para ahli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbedaan dosis

Sebelum memulai penelitian, para ilmuwan menjelaskan semua langkah yang mereka ambil, dan bagaimana mereka akan menganalisis hasilnya. Setiap penyimpangan dari protokol itu dapat mempertanyakan hasil.

Dalam sebuah pernyataan Rabu(25/11/2020), Universitas Oxford mengatakan beberapa botol yang digunakan dalam uji coba tidak memiliki konsentrasi vaksin yang tepat sehingga beberapa sukarelawan hanya mendapat setengah dosis.

Pihak universitas mengatakan telah membahas masalah tersebut dengan regulator, dan setuju untuk menyelesaikan uji coba tahap akhir dengan dua kelompok. Masalah manufaktur telah diperbaiki, menurut pernyataan tersebut.

3 dari 4 halaman

Hasil uji terkini vaksin AstraZeneca

Para ahli mengatakan jumlah orang yang relatif kecil dalam kelompok dosis rendah membuat sulit untuk mengetahui apakah efektivitas yang terlihat dalam kelompok itu nyata atau kekhasan statistik.

Sekitar 2.741 orang menerima setengah dosis vaksin diikuti dengan dosis penuh, kata AstraZeneca. Sementara sebanyak 8.895 orang menerima dua dosis penuh.

Faktor lain yang menimbulkan kebingungan adalah tidak ada orang dalam kelompok dosis rendah yang berusia di atas 55 tahun. Orang yang lebih muda cenderung meningkatkan respons kekebalan yang lebih kuat daripada orang yang lebih tua.

Jadi bisa saja sukarelawan usia muda dari peserta dalam kelompok dosis rendah adalah alasan mengapa tampaknya vaksin lebih efektif, bukan ukuran dosisnya.

David Salisbury dan rekan di program kesehatan global di lembaga Chatham House, menambahkan titik kebingungan lainnya datang dari keputusan untuk mengumpulkan hasil dari dua kelompok peserta yang menerima tingkat dosis berbeda untuk mencapai efektivitas rata-rata 70%.

"Anda (AstraZeneca dan Universitas Oxford) telah mengambil dua studi dengan dosis berbeda yang digunakan dan menghasilkan komposit yang tidak mewakili salah satu dosis," katanya tentang angka tersebut. “Saya pikir banyak orang mengalami kebingungan dengan itu.″

4 dari 4 halaman

Alasan dosis lebih kecil lebih efektif

Peneliti Oxford mengatakan bahwa mereka tidak yakin dan sedang berusaha mengungkap alasan dosis lebih kecil lebih efektif.

Sarah Gilbert, salah satu ilmuwan Oxford yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan jawabannya mungkin terkait dengan pemberian vaksin dalam jumlah yang tepat untuk memicu respons imun terbaik.

“Itu jumlah Goldilocks yang dibutuhkan, menurut saya, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Terlalu banyak bisa memberi Anda respons yang berkualitas buruk juga, ”katanya.

“Jadi, Anda membutuhkan jumlah yang tepat dan sedikit untung-untungan ketika mencoba untuk dengan cepat untuk mendapatkan yang sempurna pertama kali.” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini