Sukses

25 Jenis Pekerjaan di Indonesia dan Tugasnya yang Perlu Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Jenis pekerjaan yang ada di Indonesia sangat beragam. Beberapa pekerjaan yang mungkin terkenal adalah guru, dokter, polisi, wartawan, hingga pilot. Banyak anak-anak yang semasa kecilnya bercita-cita untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pekerjaan adalah pencaharian; yang dijadikan pokok penghidupan; atau sesuatu yang dilakukan untuk mendapat nafkah. Jadi, perbuatan seseorang yang menghasilkan nafkah bisa disebut sebagai pekerjaannya.

Jenis pekerjaan yang beragam membuat kamu memiliki imajinasi yang luas tentang apa yang akan kamu perbuat nanti. Kamu bisa bercita-cita menjadi apa saja yang kamu inginkan. Sebelum itu, kamu tentunya harus menyiapkannya sejak awal agar dapat mencapai cita-cita atau pekerjaan yang diinginkan tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/11/2020) tentang jenis pekerjaan.

2 dari 6 halaman

Jenis Pekerjaan di Indonesia

Presiden

Presiden mungkin menjadi profesi tertinggi dalam suatu negara modern. Gaji pokok presiden cukup besar dan bergengsi. Presiden sebenarnya hanya sebutan, intinya adalah kepala negara. Arab Saudi menyebut kepala negaranya sebagai raja karena menganut sistem pemerintahan kerajaan Islam. Di Malaysia, kepala negaranya dinamakan Perdana Menteri. Di Jepang disebut Kaisar, dan masih banyak lagi. Tanggung jawab pemimpin negara tentunya sangat besar.

Guru

Guru merupakan jenis pekerjaan yang sangat mulia. Tugas Guru mengajarkan berbagai macam hal kepada muridnya. Mengajar yang dilakukan sangat membutuhkan pengetahuan dan keahlian. Termasuk bagian dari kontribusi Guru untuk mencerdaskan bangsa.

Dokter

Dokter termasuk jenis pekerjaan yang sangat vital fungsinya di tengah masayarakat. Dokter adalah garda terdepan dalam hal pengobatan. Dokter sangat diandalkan karena keahlian dan pengetahuannya.

Nelayan

Nelayan memiliki tugas untuk mencari ikan di laut. Pekerjaan ini memiliki risiko tertentu saat seorang nelayan pergi melaut untuk menangkap ikan. Badai, gelombang tinggi, hingga cuaca yang tidak menentu menjadi tantangan bagi seorang nelayan.

Petani

Petani adalah orang yang bekerja di bidang pertanian. Selain di sawah, usaha pertanian juga dapat dilakukan di ladang atau di pegunungan. Hasil yang diperoleh dari lahan perladangan berupa tanaman palawija, seperti kacang-kacangan, jagung, dan ubi. Hasil yang diperoleh dari daerah pegunungan di antaranya adalah sayuran dan buah-buahan.

3 dari 6 halaman

Jenis Pekerjaan di Indonesia

Arsitek

Arsitek termasuk jenis pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Seorang Arsitek harus pandai menggambar desain bangunan lengkap dengan ukuran yang presisi. Gedung-gedung yang menjulang dan kokoh memerlukan konstruksi bagus dan presisi. Contohnya saja konstruksi gedung di Jepang yang dapat bertahan dari gempa.

Perawat

Jenis pekerjaan di Indonesia selanjutnya adalah perawat. Hampir sama dengan pekerjaan dokter. Namun, perawatlah yang bertugas merawat pasien selain dokter. Mereka juga menggunakan kode etik dalam pekerjaannya. Misalnya dalam hal pemberian obat, pengecekan sampel darah, pemeriksaan tekanan darah, dan pemulihan pasien.

Apoteker

Apoteker juga jenis pekerjaan yang tidak boleh dianggap remeh. Seorang Apoteker dituntut teliti dalam memberikan obat kepada pasien. Perannya hampir sama dengan perawat, yang berkaitan erat dengan pemulihan pasien. Apabila takaran obat tidak sesuai, khasiat obat tidak akan efektif.

Peternak

Orang yang pekerjaannya beternak disebut peternak. Kegiatan beternak merupakan kegiatan memelihara dan mengembangbiakkan hewan ternak, seperti ayam, sapi, dan lain sebagainya.

Pemadam Kebakaran

Jenis pekerjaan yang satu ini memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi. Melakukan pemadaman saat kebakaran, dan menolong para korban yang terjebak merupakan salah satu dari tugas mereka. Tidak jarang pemadam kebakaran harus menembus kobaran api yang mengancam nyawa demi keselamatan para korban.

4 dari 6 halaman

Jenis Pekerjaan di Indonesia

Pilot

Pilot termasuk jenis pekerjaan dengan tanggung jawab yang cukup besar. Pilot bertugas mengendalikan pesawat sesuai keahlian dan pengetahuannya. Tidak semua orang bisa menjadi pilot. Pilot harus membawa puluhan hingga ratusan penumpang untuk terbang dan mendarat lagi dengan selamat.

Pramugari

Pramugari merupakan pendamping pilot pada pesawat terbang. Pramugari memiliki risiko pekerjaan yang cukup tinggi. Namun banyak yang meminati jenis pekerjaan satu ini.

Sopir

Sopir merupakan salah satu jenis pekerjaan di Indonesia. Menjadi seorang sopir memiliki banyak kendala dan hambatan, mulai dari cuaca, kelelahan, sampai kondisi kendaraan. Tidak heran jika sopir merupakan pekerjaan yang cukup riskan dan berbahaya.

Masinis

Masini adalah orang yang menjalankan atau melayani mesin (di kapal, lokomotif, dan sebagainya), atau disebut juga juru mesin. Jika kamu pernah naik kereta api, maka orang yang menjalankan kereta api tersebut disebut masinis.

Nakhoda

Nakhoda merupakan juragan (pemimpin) perahu (kapal) menurut KBBI. Selain itu, nakhoda juga dapat diartikan sebagai seorang perwira laut yang memegang komando tertinggi di atas kapal niaga. Tugasnya tentu adalah mengemudikan kapal.

5 dari 6 halaman

Jenis Pekerjaan di Indonesia

Wartawan

Wartawan merupakan jenis pekerjaan yang juga membutuhkan keahlian. Wartawan/reporter/jurnalis memiliki tugas untuk mencari, mengumpulkan, memilih, mengelola berita, dan menyajikannya dengan cepat dan tepat. Mereka menyampaikan melalui media massa seperti media cetak, online, dan elektronik. Wartawan tidak cuma-cuma dalam menjalankan pekerjaannya. Dituntut professional serta patuh terhadap kode etik dan standar profesi wartawan.

Peneliti

Peneliti merupakan jenis pekerjaan yang selalu mengandalkan pengetahuan. Harus selalu cerdik dan berhati-hati dalam penelitian. Peneliti senior disebut sebagai Profesor. Ada peneliti fisika, kimia, biologi, geografi, dan masih banyak lagi. Tanggung jawab mereka cukup besar karena berkaitan erat dengan penemuan-penemuan baru.

Penulis

Jenis pekerjaan penulis ini juga cukup terkenal sekarang ini. Kamu tinggal pilih menguasai bidang apa, esai, puisi, novel, lirik lagu, atau bahkan sajak sekalipun. Jika kamu sudah berpengalaman dan profesional, tidak jarang kamu akan mendapatkan bayaran yang cukup melimpah.

Fotografer

Fotografer juga merupakan jenis pekerjaan yang cukup digandrungi dewasa ini. Orang yang menyukai fotografi tentunya akan lebih perhatian pada detail dan punya cara pandang yang lebih tajam dibanding orang lain.

Sudut pandang unik bisa menjadi bekal untuk menjadi seorang fotografer andal yang bisa menghasilkan foto keren dari angle berbeda. Sebagai fotografer, kamu bisa bekerja secara independen maupun untuk sebuah perusahaan.

Penerjemah

Penerjemah merupakan salah satu jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan jika menguasai bahasa asing. Kamu bisa menerjemahkan dokumen tertulis dari satu bahasa ke bahasa lain. Mayoritas penerjemah bekerja secara lepas dan bekerja untuk berbagai proyek untuk klien dari berbagai latar belakang.

6 dari 6 halaman

Jenis Pekerjaan di Indonesia

Polisi

Polisi juga merupakan jenis pekerjaan yang mengemban tanggung jawab besar. Pekerjaannya berkaitan erat dengan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat. Polisi sudah pasti tersebar di berbagai penjuru tanah air. Tujuannya untuk menjaga pemerataan kondusifitas di dalam negara. Polisi juga harus bersikap netral dalam menegakkan hukum kepada siapapun. Penegakan hukum tidak boleh bersikap “tajam ke bawah, tetapi tumpul ke atas”.

Tentara

Menjadi seorang tentara berati sudah siap lahir batin untuk menghadapi segala sesuatu di tempat bertugas. Tugas seorang tentara adalah membela bangsa dan negara sampai tetes darah terakhir, terlebih bagi yang ditugaskan di perbatasan ataupun medan pertempuran. Banyak risiko yang dihadapi oleh seorang tentara, di antaranya seperti jauh dari keluarga, tempat kerja yang cukup berbahaya hingga kehilangan nyawa.

Tukang Cukur

Untuk menjadi tukang cukur, seseorang tentunya harus memiliki keahlian khusus. Hal ini disebabkan karena, jasa yang ditawarkan oleh tukang cukur adalah memberikan pelayanan dalam mencukur rambut serta merapikan rambut sesuai keinginan pelanggan.

Tukang Kayu

Profesi tukang kayu merupakan penghasil lemari, tempat tidur, kusen, kursi, bahkan atap rumah. Hasil dari furnitur berbahan kayu ini juga bahkan ada yang sampai diimpor ke luar negeri karena memiliki corak dan bahan yang bagus. 

Pedagang

Pedagang adalah seseorang yang melakukan pekerjaan dengan menjual barang dagangan untuk mendapatkan keuntungan. Pedagang ini sering juga disebut dengan wiraswasta. Wiraswasta sendiri menurut KBBI adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasi.

Itulah beberapa jenis pekerjaan yang ada di Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan-pekerjaan yang bisa kamu lakoni di zaman sekarang ini, apalagi kemajuan ilmu pengetahuan dan dunia digital membuat lapangan pekerjaan makin luas. Tidak heran sekarang ini bermunculan pekerjaan baru seperti Youtuber, Selebgram, dan lain sebagainya.