Sukses

16 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah, Terapkan Kebiasaan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan kerutan di wajah bisa dilakukan dengan bahan alami dan penerapan kebiasaan sehat. Mengingat kerutan adalah masalah kulit yang sulit dihindari ketika usia sudah memasuki angka 20-an.

Kerutan menjadi sebuah tanda bahwa produksi kolagen dan lemak mengalami penurunan. Di sinilah peran penting berbagai macam cara menghilangkan kerutan di wajah dengan bahan alami, seperti teh hijau, lidah buaya, pisang, madu, dan lain-lain. Bahan ini mampu meningkatkan produksi kolagen, elastin, dan memperkuat kapiler. 

Tidak hanya bahan alami, cara menghilangkan kerutan di wajah juga perlu dilakukan dengan penerapan kebiasaan sehat. Kebiasaan sehat ini bisa dimulai dengan memenuhi asupan vitamin C, E, dan A tubuh. Lalu senam wajah, menghindari sinar matahari, paparan polusi, dan asap rokok.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan kerutan di wajah dari berbagai sumber, Jumat (27/11/2020).

2 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Teh Hijau

Teh hijau sarat dengan antioksidan yang membantu membersihkan tubuh, mengurangi keriput dan kulit kendur. Teh hijau dapat membantu mencegah masalah kulit yang disebabkan oleh sinar UV.

Seduh teh hijau segar dengan air panas selama beberapa menit.  Tambahkan madu secukupnya. Minum selagi teh hangat. Teh hijau juga bisa diaplikasikan langsung ke dahi sebagai masker wajah.

Penerapan:

1. Campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan teh hijau halus.

2. Aplikasikan pada dahi atau wajah.

3. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air dingin.

Jeruk

Buah jeruk seperti jeruk dan lemon kaya akan vitamin C dan E yang penting untuk kesehatan kulit. Flavonoid dalam buah jeruk dapat memperkuat kapiler, meningkatkan kolagen, dan elastin di kulit.

Penerapan:

1. Campur satu sendok teh air lemon dengan dua hingga tiga sendok teh air.

2. Celupkan bola kapas ke dalam campuran dan oleskan ke dahi.

3. Biarkan mengering dan basuh wajah dengan air.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak khasiat penyembuhan. Lidah buaya mengandung vitamin E dan asam malat yang dikenal dapat mengurangi garis-garis halus dengan mengencangkan kulit. Mampu meningkatkan kolagen dan menghidrasi kulit lebih maksimal.

Penerapan:

1. Siapkan satu batang lidah buaya.

2. Kupas kulit bagian depan lidah buaya yang berdaging.

3. Cuci dengan air bersih dan jangan sampai lendir hilang seluruhnya.

4. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan.

5. Tunggu sampai kering dan bilas dengan air bersih.

6. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Pisang

Pisang mengandung minyak dan vitamin alami yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan menghilangkan kerutan di wajah.

Penerapan:

1. Hancurkan seperempat pisang sampai menjadi pasta yang halus.

2. Oleskan selapis tipis pasta pisang pada dahi.

3. Biarkan selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Yogurt

Menerapkan probiotik seperti yogurt pada kulit membantu membuatnya lebih kuat melawan penyebab kerusakan seperti sinar matahari.

Asam laktat dan enzim alami lainnya yang ada dalam yogurt membersihkan pori-pori dan mengecilkannya. Ini memberikan efek pengencangan pada kulit, sehingga mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Penerapan:

1. Campurkan 3-4 sendok makan yogurt dan 1 sendok makan minyak zaitun.

2. Aplikasikan pada dahi dan wajah.

3. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

4 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Minyak Kelapa

Minyak kelapa melempabkan kulit dan dapat mengurangi munculnya kerutan. Minyak kelapa mengandung antioksidan yang dapat menghilangkan aktivitas radikal bebas pada jaringan kulit. Mengaplikasikannya dapat membantu menghilangkan atau memudarkan garis halus di dahi.

Penerapan:

1. Ambil sedikit minyak kelapa murni di telapak tangan.

2. Pijat di dahi dan wajah selama beberapa menit.

3. Sampai minyak terserap oleh kulit.

4. Biarkan semalaman.

5. Bilas dengan air keesokan harinya.

Minyak Jarak

Asam Ricinoleic yang ditemukan dalam minyak jarak dapat membantu mencegah kerusakan kulit. Ini dapat menjaga kulit dahi tetap sehat dan bebas dari garis kerutan.

Penerapan:

1. Oleskan minyak jarak dengan gerakan mengetuk lembut di dahi.

2. Biarkan semalaman.

3. Bilas dengan air setelah bangun tidur.

Tomat

Tomat kaya akan beta-karoten dan likopen yang bisa mengatasi kerusakan akibat sinar matahari yang berbahaya. Garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan, dan bintik-bintik semuanya dapat dikurangi dan diringankan dengan masker tomat.

Penerapan:

1. Potong menjadi dua satu tomat kecil.

2. Gosokkan pada dahi selama satu menit.

3. Biarkan selama 5 menit dan bilas dengan air.

5 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Petroleum Jelly

Petroleum jelly mengatur fungsi perbaikan pelindung kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Ini dapat mencegah pembentukan garis-garis halus.

Penerapan:

1. Basahi dahi dan oleskan sedikit petroleum jelly.

2. Beri pijatan agar kulit tidak terasa lengket.

3. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur.

Madu

Mengoleskan madu dapat menyeimbangkan pH kulit dan mengkondisikannya untuk mengurangi munculnya kerutan dan garis halus.

Penerapan:

1. Oleskan madu pada dahi dan pijat selama satu menit atau lebih.

2. Biarkan selama setengah jam lalu bilas dengan air hangat.

3. Lakukan ini setiap hari untuk kulit yang sehat dan awet muda.

6 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Jauhi Rokok

Mayo Clinic melaporkan bahwa selain usia, asap rokok dan merokok adalah prediktor terkuat keriput pada wanita dan pria. Merokok membuat kulit mengalami stres oksidatif ekstra, merusak kolagen dan elastinnya.

Asap rokok juga menyempitkan pembuluh darah di wajah, menghambat sirkulasi ke pembuluh darah dan membuat kulit kekurangan vitamin A. Gerakan wajah berulang yang dihasilkan saat merokok dan radikal bebas dalam asap rokok dapat menyebabkan kerutan wajah dini.

Minum Cukup Air

Kulit kering membuat kerutan tampak lebih menonjol. Kulit yang terhidrasi dengan baik membantu mengurangi tampilan kerutan di dahi. Untuk tetap terhidrasi dengan baik, minumlah setidaknya delapan gelas cairan setiap hari. Kamu dapat mengubah rasa air dengan menambahkan lemon atau menggunakan infuser buah.

Konsumsi Makanan Sehat

Vitamin C, vitamin A, dan vitamin E semuanya sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Dengan memasukkan makanan yang kaya vitamin ini ke dalam makanan, akan membantu kulit dan seluruh tubuh untuk membentuk sel-sel baru yang sehat. Beberapa peneliti percaya bahwa ada hubungan kuat antara pola makan sehat dan kulit yang tampak lebih muda dan kencang.

7 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

Hindari Sinar Matahari

Paparan sinar ultraviolet matahari dalam jangka panjang berkontribusi pada penuaan dini dan kerutan. Menggunakan tabir surya SPF 15 atau lebih tinggi setiap hari dapat memperlambat penuaan kulit dan mengurangi risiko bintik hitam dan kerutan.

Eksfoliasi dengan Lembut

Anda bisa mengelupas kulit kering dengan lembut di bawah mata untuk meningkatkan pertumbuhan sel baru. Gunakan hanya produk yang dibuat khusus untuk pengelupasan kulit dan pijat ke area di bawah mata.

Gunakan produk yang benar-benar aman untuk mata. Mata sangat sensitif terhadap bahan kimia yang keras. Jangan berisiko mengaburkan penglihatan atau merusak mata dengan menggunakan produk yang tidak dimaksudkan untuk digunakan di area itu.

Senam Wajah

Ekspresi wajah, seperti tersenyum, mengerutkan kening, dan mengerutkan alis, dapat menyebabkan garis-garis halus di wajah. Bahkan kebiasaan tidur tertentu dapat menyebabkan garis-garis halus jika otot-otot wajah yang sama didorong ke atas bantal selama tidur setiap malam.

Beberapa olahraga wajah tertentu telah dikaitkan untuk mengencangkan kulit di bawah mata. Anda bisa melakukan gerakan dahi seperti menggerakkan alis mata dengan menggunakan otot dahi, tahan 5-10 detik kemudian turunkan. Ulangi hingga 10 kali setiap pagi.