Sukses

10 Jenis Usaha Anak Muda yang Sedang Populer, Untungnya Besar

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak jenis usaha untuk anak muda yang bisa dicoba. Mengingat kini, semakin banyak anak muda yang mulai menggeluti berbagai bidang usaha. Tidak untuk mengisi waktu luang, tetapi untuk bisa menghasilkan banyak cuan dan hidup mandiri.

Jenis usaha untuk anak muda yang sedang populer tidak hanya di bidang jasa. Melainkan berkaitan dengan kreativitas, ketelatenan, dan pengalaman. Meski begitu, usaha-usaha ini termasuk bermodal kecil dan berpeluang untung besar.

Beberapa jenis usaha untuk anak muda memang membutuhkan kemampuan ekstra. Untuk mengatur stategi, menghitung peluang, pemasaran, distribusi, mendapat kepercayaan, dan masih banyak lagi. Tidak perlu khawatir, kemampuan-kemampuan ini bisa dipelajari seiring dengan usaha yang dilakoni.

Berikut Liputan6.com ulas jenis usaha untuk anak muda dari berbagai sumber, Jumat (27/11/2020).

2 dari 6 halaman

Jenis Usaha untuk Anak Muda

Desain Grafis

Jasa desain grafis adalah jenis usaha untuk anak muda yang sedang populer. Sebab, jenis usaha ini hanya perlu menggunakan modal utama keterampilan. Keterampilan untuk mendesain. Bisa dimulai dengan membuat foto ilustrasi untuk hadiah wisuda.

Bisa juga dengan mengunjungi website-website yang akan menjual desain dengan cuma-cuma. Mulailah dengan melakukan desain kartu nama, logo perusahaan, gambar di baju, maskot, poster, booth, dan interior. Keuntungan yang akan didapat akan disesuaikan dengan kesepakatan dengan klient.

Toko Online

Saat ini sebuah usaha tidak harus memiliki lokasi yang digunakan sebagai toko. Hal ini tidak lepas dari adanya teknologi internet yang memudahkan dalam membuat toko online. Kamu bisa mencba untuk membuat toko online dari beberapa marketplace yang sudah banyak tersedia.

Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau Facebook sebagai tempat jual beli milikmu. Modal utama yang kamu butuhkan yaitu ponsel dan laptop jika punya. Nantinya, ketika ada pesanan kamu hanya perlu menuju ke jasa ekspedisi atau kurir online untuk proses pengantaran barang.

3 dari 6 halaman

Jenis Usaha untuk Anak Muda

Cuci Sepatu

Beberapa tahun belakangan, pamor sepatu cukup tinggi dan hal ini membuka peluang bisnis baru. Bisnis cuci sepatu cukup menggiurkan, sebab meski setiap orang mampu untuk membersihkan sepatu, namun rasa malas bisa saja muncul dan akhirnya memilih menggunakan jasa cuci sepatu.

Selain itu, jasa cuci sepatu tidak memerlukan lahan luas dan termasuk jenis usaha untuk anak muda yang sedang populer. Bahan untuk mencuci sepatu juga cukup murah. Bisnismu juga akan semakin meningkat jika kamu memiliki kemampuan dalam mereparasi sepatu atau memodifikasi sepatu agar beda dari lainnya.

Aksesoris

Membuat aksesoris wanita termasuk jenis usaha untuk anak muda yang sedang populer. Hal ini menarik untuk dilakukan karena wanita paling suka dengan aksesoris yang unik-unik. Calon pengusaha hanya perlu bermodalkan kreativitas dan kesabaran. Aksesorisnya dapat berupa syal, bando, bros, kalung, gelang, atau penghias rambut.

Keuntungan yang didapatkan akan lebih besar didapatkan karena modal aksesoris pasti lebih murah. Apalagi jika bahan baku yang dibeli dalam jumlah yang cukup besar. Pemasarannya bisa dilakukan secara online, melalui media sosial atau toko online terpercaya. Akan lebih menguntungkan lagi jika aksesoris ini bisa mendapat endorse dari artis.

4 dari 6 halaman

Jenis Usaha untuk Anak Muda

Warung Kopi

Warung kopi adalah perwujudan ide paling sederhana dari sebuah kafe. Cocok digeluti anak muda dan menggiurkan untungnya. Bisa hanya dibuka di malam hari karena anggaran dan tenaga yang terbatas, apalagi jika ini merupakan usaha sampingan, tentunya pagi harinya kamu gunakan untuk pekerjaan utama.

Membuka warung kopi di malam hari mejadi salah satu alternatif yang cukup menarik, apalagi bila kamu juga senang nongkrong. Kamu bisa sekalian memantau usahamu tersebut dengan terjun langsung.

Jasa Pengetikan

Jenis usaha untuk anak muda yang sedang populer selanjutnya adalah jasa pengetikan. Bisnis ini tentunya paling laku di daerah sekitar kampus. Banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah atau juga skripsi. Ide ini cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik, kamu bisa mendatangkan uang.

Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Usaha ini tentunya tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Kamu hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan yakni komputer atau laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lain sebagainya.

5 dari 6 halaman

Jenis Usaha untuk Anak Muda

Laundry

Bisnis seperti ini tentunya sangat banyak ditemukan di perumahan yang padat, terutama di kota besar. Usaha laundry saat ini merupakan peluang usaha sedang digemari saat ini terutama di daerah perkotaan. Laundry pun termasuk jenis usaha untuk anak muda yang sedang populer.

Hal ini dikarenakan mencuci pakaian kotor merupakan pekerjaan yang selalu dilakukan setiap hari. Namun saat ini banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas tersebut.

Salah satu kunci sukses bisnis laundry adalah letak usaha yang strategis dan dekat dengan pemukiman penduduk yang padat. Setelah kamu memiliki tempat usaha yang strategis maka selanjutnya kamu harus mempersiapkan peralatan laundry yang berkualitas. Dengan memiliki alat laundry yang berkualitas maka hasil cuci kamu juga akan menjadi lebih baik.

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan strategi pemasaran yang menarik dan unik. Kamu dapat menyebarkan selebaran di lingkungan sekitar tempat usaha kamu atau memberikan harga promosi yang menarik.

Cuci Kendarakan

Buka cuci motor dan mobil termasuk jenis usaha untuk anak muda yang sedang populer dan cukup menjanjikan. Bisnis cuci mobil dan motor saat ini mudah untuk di jumpai dalam skala kecil maupun besar.

Usaha ini memiliki potensi yang besar karena pemilik kendaraan terus bertambah setiap tahunnya. Akan semakin banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraan secara rutin. Sehingga banyak yang memilih mencucikannya daripada mencucinya sendiri.

Kebutuhan akan jasa cuci mobil dan motor yang besar ini tentunya dapat membuka peluang usaha yang menguntungkan. Untuk memulai usaha cuci mobil dan motor ini kamu dapat memulai dari skala rumahan. Jika lokasi rumah kamu berada di tempat strategis maka kamu dapat membuka usaha di halaman atau garasi rumah.

6 dari 6 halaman

Jenis Usaha untuk Anak Muda

Wedding Organizer

Mungkin kamu bingung apa bedanya WO dengan EO (event organizer). Untuk menjalankan wedding organizer, kamu tidak perlu susah payah mencari sponsor agar mendapatkan uang yang digunakan menyewa vendor.

Sebab, sumber keuangan utama acara pernikahan berasal dari calon pengantin itu sendiri. Bisa dikatakan, kamu sama sekali tidak perlu mengeluarkan uang dan hanya bermodal pengetahuan dalam menjalankan sebuah acara pernikahan.

Event Organizer

Bisnis event organizer juga menjadi bisnis yang bisa dibilang hampir tidak memerlukan modal. Dua hal yang diperlukan dari jenis usaha untuk anak muda yang sedang populer ini hanya pengalaman dan kepercayaan dari klien.

Untuk mendapatkan pengalaman tersebut, kamu bisa ikut belajar di beberapa event yang sudah ada. Akan lebih baik lagi jika kamu sudah memiliki relasi vendor penyedia perlengkapan event, seperti vendor untuk sound, vendor panggung, dekorasi, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana mendapatkan modal pembuatan eventnya? Kamu bisa menggunakan relasi dan cari sponsor untuk mendapatkan kucuran dana. Sasar beberapa perusahaan besar yang potensial dan memiliki program pemasaran di dalamnya. Biasanya perusahaan membutuhkan event untuk menarik pasar, dan kamu bisa menjadi EO-nya.