Sukses

Cara Menggunakan Kompas Bidik yang Benar dalam Pramuka

Cara menggunakan kompas bidik memerlukan beberapa langkah khusus.

Liputan6.com, Jakarta Cara menggunakan kompas bidik berbeda dengan kompas biasa. Kompas sendiri merupakan alat untuk mengetahui arah mata angin (biasanya berbentuk seperti jam yang berjarum besi berani yang menunjuk arah utara dan selatan.

Sedangkan kompas bidik merupakan kompas yang berfungsi untuk membidik atau menembak sudut pada alam atau bentangan alam sebenarnya, yang kemudian sudut tersebut bisa diproyeksikan pada peta.   

Cara menggunakan kompas bidik memerlukan beberapa langkah khusus. Hal ini juga berkaitan dengan adanya beberapa bagian pada kompas bidik yang harus kamu ketahui. Jadi, kamu harus memahami bagian-bagiannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya dengan benar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/11/2020) tentang cara menggunakan kompas bidik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kompas Bidik

Kompas bidik, dipakai dengan cara membidikkan kompas secara langsung pada sasaran untuk membaca sudut sasaran pada skala kompas. Kompas bidik fungsi utamanya adalah memudahkan menghitung sudut sasaran bidik, baik tempat maupun benda, secara langsung. Sudut sasarannya adalah besar sudut yang dihasilkan dari arah bidikan dan arah jarum utara.

Tipe kompas bidik biasanya digunakan oleh TNI, Tim SAR, Navigator dan pendaki gunung. Jenis kompas ini juga sering digunakan dalam kegiatan-kegiatan alam lainnya, termasuk kegiatan pramuka. Kompas ini mempunyai garis lembut dengan poros vertikal yang berfungsi untuk membidik sasaran dan menentukan derajat posisi sasaran.

Kompas bidik yang disebut juga kompas prisma memiliki harga yang bervariasi di pasaran, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Kompas bidik yang memiliki kualitas baik umumnya dilengkapi dengan fosfor untuk membantu penglihatan pada malam hari.

3 dari 5 halaman

Bagian-Bagian Kompas Bidik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebelum mengenali cara menggunakan kompas bidik, kamu perlu mengetahui bagian-bagiannya terlebih dahulu. Bagian-bagian ini akan sangat memengaruhi cara menggunakan kompas bidik nantinya.

Berikut beberapa bagian kompas bidik yang perlu kamu ketahui:

- Dial. Dial merupakan permukaan kompas tempat terteranya angka derajat dan huruf mata angin.

- Tutup Dial. Tutup dial merupakan tutup yang memiliki dua garis bersudut 45o yang bisa kamu putar.

- Visir. Visir adalah lubang yang memiliki kawat halus yang berguna untuk membidik sasaran.

- Kaca Pembesar. Kaca pembesar merupakan bagian dari kompas bidik yang memiliki kegunaan untuk melihat derajat kompas.

- Jarum Penunjuk. Jarum penunjuk adalah alat yang berfungsi untuk menunjuk arah utara magnet.

- Alat Pengait/Cincin. Alat penyangkut ini merupakan tempat kamu meletakkan ibu jari saat membidik, agar kompas tertopang dengan baik.

Selain itu, ada pula beberapa bagian lainnya seperti angka dial hingga garis sasaran yang juga penting dalam cara menggunakan kompas bidik ini.

4 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Kompas Bidik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kompas bidki merupakan kompas yang memiliki kegunaan untuk membidik sudut pada alam yang kemudian sudut tersebut dapat diproyeksikan pada peta. Cara menggunakan kompas bidik memang tidak sederhana, namun kamu bisa mengikutinya.

Berikut cara menggunakan kompas bidik yang benar:

1. Cara menggunakan kompas bidik yang pertama adalah dengan membuka tutup kompas, kemudian posisikan tutupnya hingga tegak lurus.

2. Setelah itu, tarik cincin yang digunakan untuk tempat masuk jempol. Masukan ruas pertama jempol kanan ke dalam cincin tersebut.

3. Lalu, posisikan telunjuk sejajar dan memegang penutup yang berdiri tegak.

4. Jari-jari lain memegang penutup kompas dan lengan lurus ke depan. (Kamu juga bisa meletakkan kompas pada tongkat statis)

5. Kemudian, dekatkan kompas ke depan mata.

6. Untuk mencari tanda/titik yang dijadikan patokan dalam membidik pilih benda yang jauh tetapi jelas terlihat dan tidak terhalang

7. Hasil bidikan angkanya bisa dilihat pada kompas. Misalnya angka 40 maka di sebut azimut 40°

8. Selanjutnya, kamu tinggal bergerak menuju titik yang telah dibidik oleh kompas tadi.

9. Setelah sampai di titik yang dituju, kamu harus bidik titik berikutnya, demikian seterusnya secara berulang.

Itulah cara menggunakan kompas bidik yang sebenarnya tidak sulit jika kamu sudah sering berlatih. Dengan pengalaman yang telah terasah, cara menggunakan kompas bidik akan membuatmu makin terbiasa.

5 dari 5 halaman

Cara Memeriksa Keakuratan Kompas Bidik

Jika kamu ingin mengetahui apakah kompas bidik menunjukkan keakuratan yang benar, kamu harus memeriksanya terlebih dahulu. Jika kompas bidik sudah tidak layak digunakan tentunya pengukuran tidak akan bagus.

Cara memeriksa apakah kompas bidik masih bisa berfungsi dengan baik dan akurat mudah saja, pertama-tama kamu harus melihat bagian luar kompas. Jika ada kerusakan yang parah mungkin kompas tersebut sudah tidak akurat lagi.

Kemudian, kamu juga harus memperhatikan bagian visirnya. Perhatikan apakah ada yang bermasalah pada bagian visir atau benang lurus dengan garis bidik dan dial ini. Setelah itu, pastikan juga untuk memeriksa bagian kaca pembesar. Pastikan kaca pembesar tidak kusam atau pecah sehingga menutupi angka dial kompas tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini