Sukses

50 Kata-Kata Lucu Sunda yang Bikin Ngakak, Bijak dan Memotivasi

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan kata-kata lucu Sunda memang paling cocok disimak saat sedang suntuk, ngantuk, dan terpuruk. Kata-kata ini akan membangkitkan suasana hati menjadi lebih bahagia dan ceria. Bagi yang tidak paham bahasa Sunda, tidak perlu khawatir karena kata-katanya lengkap dengan arti.

Ungkapan lucu dengan bahasa Sunda yang khas membuat siapa saja yang menyimak ingin tertawa ngakak. Meskipun kata-kata lucu Sunda ini hanya membahas cobaan hidup, percintaan, dan pertemanan yang biasa, tetapi perbawaan khas Sunda membuatnya berbeda.

Kata-kata lucu Sunda yang akan dibahas kali ini tidak hanya sekadar lucu, tetapi bijak dan memotivasi. Membuat siapa saja yang sedang terpuruk dan dihadapkan dengan masalah hidup, bisa bangkit dan semangat lagi.

Berikut Liputan6.com ulas kata-kata lucu Sunda dari berbagai sumber, Senin (30/11/2020).

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Lucu Sunda

1. "Jaman ayeuna mah ulah percaya kitu wae kana foto profil di media sosial, loba bohongna. Ngan foto KTP nu paling jujur salila ieu."

Artinya: Zaman sekarang jangan percaya gitu sama foto profil di media sosial, banyak boongnya. Cuma foto KTP yang paling jujur selama ini.

2. “Ah ayeuna mah moal update status di Facebook teh bisi loba nu ngomen.”

Artinya: Ah hari ini enggak update status di Facebook takut banyak yang komen.

3. “Hampura moal bisa males inbox dekah keur sare.”

Artinya: Maaf enggak bisa bales inbox lagi tidur.

4. "Hampura pulsa maneh teu mahi keur ningali foto uing.”

Artinya: Maaf pulsa kamu tidak cukup untuk melihat foto saya.

5. “Nu acan update status hujan badag sok gera update status bisai kaburu raat.”

Artinya: Yang belum update status ujan deras buruan update keburu reda.

6. "Tadinya ek mandi, pas ngaca eh manis keneh, ah tamas we"

Artinya: Tadinya mau mandi, pas ngaca eh masih manis, ya udah cuci muka saja"

7. "Mun aya nu neangan urang, bejakeun: teangan we urang di google"

Artinya: kalau ada yang nyariin aku, kasih tau: cari aja aku di google.

8. "Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu dipigawean"

Artinya: Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan jika tidak dikerjakan.

9. “Teu kengking diganggu, nuju teu damang. Nyuhunkeun doanya saja sing enggal damang sareng hoyong di tenggok sabari dicecepan artos.”

Artinya: Jangan diganggu, lagi sakit. Minta doanya aja biar cepet sembuh sama pengen dijenguk sambil diamplopin duit.

10. "Lamun indit sakola kabeurangan terus ditanya ku guru 'kunaon ai maneh kabeurangan?'

Bejakeun weh: 'lalakon mah datangna pandeuri.'"

Artinya: Kalau berangkat sekolah kesiangan terus ditanya guru: 'kenapa datang kesiangan?'

3 dari 6 halaman

Kata-Kata Lucu Sunda

11. "Babaturan nyaeta manehna anu sok nginjeuman duit bari tara daek dibayar."

Artinya: Sahabat adalah dia yang suka minjemin uang namun tidak pernah mau dibayar.

12. "Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat."

Artinya: Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.

13. "Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu di pigawean."

Artinya: Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan.

14. "Jaman ayeuna mah ulah percaya kitu wae kana foto profil di media sosial, loba bohongna! Ngan foto KTP nu paling jujur salila ieu."

Artinya: Jaman sekarang jangan percaya begitu saja sama foto profil di media sosial, banyak boongnya! Cuma foto KTP yang paling jujur selama ini.

15. "Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari di konci setang mah."

Artinya: Jangan dulu sombong kalau belum bisa balap motor sambil di kunci setang.

16. “Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggeur katémbong masihan cahyana.”

Artinya: Jangan merasa sedih karena merasa sendiri. Lihat rembulan, dia juga sendiri namun tetap memberi cahayanya.

17. “Sateuacan masihan naséhat dina cariosan salira, pasihan maranehanana naséhat ku sikep salira.”

Artinya: Sebelum memberi nasehat dengan ucapanmu, berilah mereka nasehat oleh sikapmu.

18. "Hirup mah ulah loda gaya tapi kudu loba duit."

Artinya: Hidup itu jangan banyak gaya tapi harus banyak duit.

19. "Hirup mah ulah sok loba kahayang lur, komo deui lamun masih menta kakolot mah."

Artinya: Hidup itu jangan banyak inginnya, apalagi masih minta sama orangtua.

20. "Bobot pangayun timbang taraju."

Artinya: Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu

4 dari 6 halaman

Kata-Kata Lucu Sunda

21. "Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah."

Artinya: Bisa itu karena biasa, kita tidak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah.

22. "Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan."

Artinya: Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan.

23. "Hirup itu harus loba seuri, iar keliatannya teh bagja alias senang. Gitu, meskipun mah hate keur notog titajong boleksek."

Artinya: Hidup itu harus banyak tertawa agar terlihat senang dan bagahia meskipun hati sedang dalam keadaan gundah.

24. "Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh mie weh."

Artinya: Sobat ingat hidup itu enggak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie aja.

25. "Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar."

Artinya: Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris.

26. "Aya kahayang bari jeung teu dibarengan ku usaha mah sarua jeung ngabodor."

Artinya: Punya keinginan tapi sambil tidak disertai dengan usaha sama saja dengan bercanda.

27. "Ulah patah semangat usaha teh, inget cicileun masih panyang."

Artinya: Jangan patah semangat terus berusaha, inget cicilan masih panjang.

28. “Sakabeh perjalanan nu teu di hareupkeun pasti bakal sae dina palebah tung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna.”

Artinya: Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakal indah pada waktunya. Itu juga kalau lagi beruntung.

29. Sing inget! Jalma nu embung gagal saukur maranehna anu teu boga haq pikeun sukses.

Artinya: Ingat! Orang yang tidak mau gagal cuma mereka yang tidak berhak untuk sukses.

30. "Mun teu ngopek moal nyapek, mun teu ngakal moal ngakeul, mun teu ngarah moal ngarih"

Artinya: Agar menjadi bisa, kita harus terus mencari tahu dan belajar tentang suatu hal tersebut.

5 dari 6 halaman

Kata-Kata Lucu Sunda

31. “Urang tanpamu bagaikan sangu koneng leungit karetna, ambyarrr.”

Artinya: Aku tanpamu, bagaikan nasi kuning hilang karetnya, ambyarrr.

32. “Maneh mah sedih mun maca buku novel tragedi, kuring mah sedih mun maca buku tabungan.”

Artinya: Kamu tuh sedih pas baca buku novel tragedi, kalau aku sedih pas baca buku tabungan aku.

33. “Sakumaha berat na pagawean, bakal lewih hampang lamun teu di gawean.”

Artinya: Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan.

34. “Nginjem kabogoh lah sapoe we atuh, hayang malam mingguan.”

Artinya: Pinjem pacar satu hari, pengen malam mingguan.

35. “Ceuk Umi kudu loba sabar, ulah loba salto.”

Artinya: Kata Umi harus banyak sabar, jangan banyak salto.

36. “Ngahaja teu mandi, biar terlihat cantik alami.”

Artinya: Sengaja nggak mandi, biar kelihatan cantik alami.

37. “Abdi mah jalmina cicingeun, upami nyalira da jarang ngobrol.”

Artinya: Aku mah orangnya pendiem, kalau lagi sendiri juga jarang ngobrol.

38. “Ari maneh jelema atawa kalkulator? Meni henteu menang salah.”

Artinya: Kamu itu orang atau kalkulator? Sampe nggak boleh salah.

39. “Sabar bro, rejeki mah nuturkeun, ngan kadang kasusah sok nyalip dina kenca.”

Artinya: Sabar bro, rejeki itu selalu ngikutin. Cuma kadang kesusahan suka nyalip dari sebelah kiri.

40. “Ngopi heula atuh lur ngameh ngaburicak matana.”

Artinya: Ngopi dulu, biar matanya melek.

6 dari 6 halaman

Kata-Kata Lucu Sunda

41. “Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan.”

 Artinya: Cinta kamu itu palsu, paling bagus juga KW super enggak ada yang bener-bener asli.

42. “Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor.”

 Artinya: Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.

43. “Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar.”

Artinya: Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris.

44. “Hampura moal bisa males inbox dekah keur sare.”

Artinya: Maaf enggak bisa bales inbox lagi tidur.

45. “Kuring jomblo lain pedah teu payu, tapi keur golput. Sabab can aya piliheun nu pas.”

Artinya: Aku jomblo bukan karena nggak laku, tapi lagi golput. Soalnya belum ada pilihan yang pas.

46. “Ulah waka sombong lamun acan bisa balap motor bari dikonci satang mah.”

Artinya: Jangan sombong kalau belum bisa balap motor sambil dikunci stang.

47. “Teu kengking diganggu, nuju teu damang. Nyuhunkeun doanya saja sing enggal damang sareng hoyong di tenggok sabari dicecepan artos.”

Artinya: Jangan diganggu, lagi sakit. Minta doanya aja biar cepet sembuh sama pengen dijenguk sambil diamplopin duit.

48. “Hese ari bogoh kanu teu bogoh mah. Siga meuli rokok sabatang ka Indomaret, moal di waro.”

Artinya: Susah kalo suka sama orang yang nggak suka kita. Ibarat beli rokok sebatang ke Indomaret, nggak di gubris.

49. “Wanita lebih memilih laki-laki goreng patut daripada laki-laki goreng milik.”

Artinya: Wanita lebih memilih laki-laki dengan wajah jelek daripada laki-laki dengan rezeki yang jelek.

50. “Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh.”

 Artinya: Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.