Sukses

16 Cara Merawat Kuku Panjang di Rumah, Cantik dan Sehat Alami

Liputan6.com, Jakarta Memelihara kuku panjang memang bikin penampilan wanita menjadi semakin menawan dan anggun. Sayangnya belum banyak yang tahu cara merawat kuku panjang sendiri di rumah. Padahal jika bisa merawat sendiri, biaya pengeluaran pergi ke salon kecantikan bisa ditekan.

Cara merawat kuku panjang bisa dilakukan dengan bahan alami seperti bumbu dapur, buah, dan minyak esensial. Selain bahan alami, penerapan kebiasaan sehat perawatan kuku juga termasuk penunjangnya. Mulai dari memenuhi asupan nutrisi, menggunakan pelembap, dan masih banyak lagi.

Pentingnya cara merawat kuku panjang tidak sebatas untuk menjaga penampilan. Melainkan untuk kesehatan kuku juga, mengingat kuku panjang lebih rentan patah, kotor, sarang kuman, bakteri, dan virus. Lebih telaten merawat kuku panjang, akan membuatnya cantik dan sehat secara alami.

Berikut Liputan6.com ulas cara merawat kuku panjang dari berbagai sumber, Senin (30/11/2020).

2 dari 7 halaman

Cara Merawat Kuku Panjang

Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur yang bisa untuk membersihkan kuku yang kotor. Maka dari itu, cara merawat kuku panjang bisa dengan mengandalkan bawang putih. Bawang putih akan bekerja dengan mengangkat kuman dan bakteri yang menempel pada kuku.

Hal inilah yang akan membuat kuku tampak lebih sehat dan cantik secara alami. Caranya siapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas. Kemudian oleskan bawang putih secara perlahan pada kuku tangan dan kaki. Jika sudah bilas dengan air hangat atau air biasa.

Antiseptik

Memiliki kuku yang panjang, memang susah-susah gampang perawatannya. Salah satunya bisa dengan antiseptik. Antiseptik bisa digunakan untuk mengatasi bau tidak sedap pada kuku panjang.

Cara merawat kuku panjang dengan antiseptik akan mengangkat jamur/kotoran di bawah kuku panjang. Antiseptik juga akan membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada kuku. Menerapkannya pada kuku juga dapat membuat kuku lebih bersih dan mengkilap.

Lemon

Lemon bisa digunakan untuk merawat kuku panjang secara alami. Buah ini dapat diandalkan karena kandungan vitamin C yang dimilikinya. Vitamin C akan membantu mengangkat sel-sel mati atau sisa-sisa cat pada kuku.

Perawatan dengan lemon akan membuat kuku menjadi lebih mengkilap. Coba terapkan jeruk lemon yang sudah dipotong pada kuku. Gosokkan secara perlahan dan tunggu beberapa saat lalu bersihkan. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

3 dari 7 halaman

Cara Merawat Kuku Panjang

Kulit Semangka

Coba gunakan kulit semangka untuk merawat kuku yang panjang. Alih-alih membuangnya lebih baik gunakan untuk membersihkan kuku. Selain dapat membuat kuku nampak lebih bersih, kulit semangka juga akan membuat kuku lebih mengkilap.

Caranya hanya perlu menggosokkan kulit semangka pada kuku tangan dan kaki. Tunggu sampai air kulit semangka pada kuku mengering. Jika sudah bersihkan dengan tisu atau handuk hingga kuku nampak mengkilap.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa efektif diterapkan sebagai cara merawat kuku panjang. Meski sebenarnya minyak ini sering digunakan sebagai bahan makanan dan obat herbal. Khasiatnya tetap bisa diandalkan untuk kuku agar tetap sehat.

Minyak zaitun mampu membantu menjaga kelembaban kuku. Kuku yang lembab akan membuatnya menjadi tidak mudah patah. Cara menerapkannya juga sangat mudah. Hanya perlu mengoleskannya secara merata di seluruh permukaan kuku. Jika sudah diamkan beberapa saat dan bersihkan dengan kapas.

4 dari 7 halaman

Cara Merawat Kuku Panjang

Air Jeruk

Merendam kuku panjang dengan air jeruk akan memberikan efek yang cukup baik untuk kuku. Kuku panjang akan terlihat bersih dan berkilau. Cara merawat kuku panjang dengan air jeruk ini mirip dengan lemon.

Caranya, siapkan air hangat dalam sebuah wadah, lalu campurkan perasan air jeruk ke dalamnya. Rendamlah kukumu selama 15-20 menit, lalu bilas mengggunakan air bersih untuk menghilangkan rasa lengket akibat air jeruk.

Air Garam

Air garam bisa diandalkan untuk merawat kuku panjang di rumah. Perawatan ini dilakukan dengan merendam kuku pada air garam. Merendamnya secara rutin akan membuat kuku nampak lebih bersih secara alami.

Hal ini disebabkan karena air rendaman garam dapat melepaskan sel kotoran yang tidak terlihat. Hingga membuat kuku lebih mengkilap dan sehat. Cara merawat kuku panjang dengan air garam juga sangat simpel.

Hanya perlu menyiapkan air hangat dalam wadah. Tambahkan garam secukupnya dan aduk hingga garam larut. Jika dirasa sudah larut sempurna, rendamlah kuku tangan dan kaki beberapa saat. Lakukan rendaman secara berulang dengan jeda beberapa saat.

Baking Powder

Baking powder adalah bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue. Meski begitu, baking soda juga bisa digunakan untuk merawat kuku panjang dengan praktis.

Ada pula yang menjadikannya sebagai facial exfoliant. Hal ini disebabkan karena baking soda memiliki sifat mampu mengangkat sel kulit mati.

Cara merawat kuku panjang dengan baking powder adalah menjadikannya pasta. Hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air pada sikat gigi. Kemudian sikatkan secara perlahan pada kuku tangan dan kaki. Jika sudah, bilas dengan air hangat atau air biasa.

5 dari 7 halaman

Cara Merawat Kuku Panjang

Belimbing Wuluh

Kuku panjang sudah pasti rentan sobek dan rusak. Untuk bisa mencegah dan penampilan tetap menawan dengan kuku panjang, manfaatkan belimbing wuluh. Cara merawat kuku panjang dengan belimbing wuluh sangatlah mudah.

Cara ini cocok untuk kuku yang hampir rusak dan kering. Hanya perlu menggosokkan potongan buah yang memiliki rasa asam ini pada kuku panjang yang akan dibersihkan. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Kurangi Penggunaan Cat Kuku

Cara agar kuku tetap sehat ini juga penting untuk diperhatikan. Sebab, penggunaan cat kuku yang telalu sering akan membuat kuku tidak mendapatkan asupan udara segar. Dimana, kedaan tersebut akan kurang baik bagi kesehatan kuku.

Apabila kuku mengalami kekusaman akibat sering menggunakan cat kuku maka bisa merendam tangan ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis, dan biarkan selama 15-20 menit. Air jeruk tersebut mengandung astringent yang bisa mengembalikan kecerahan pada kuku.

 

6 dari 7 halaman

Cara Merawat Kuku Panjang

Hindari Cat Kuku Berbahan Keras

Di pasaran sangat banyak jenis cat kuku yang mengandung beraneka ragam bahan kimia yang memiliki racun berbahaya, seperti toluena, dibutil ftalat, dimetil dan dietil ftalat, kapur barus, serta formaldehida.

Namun, penggunaan berbagai macam bahan kimia berbahaya tersebut sudah mulai dihindari oleh beberapa produsen cat kuku. Tapi tetap berhati-hati, ya. Sebab, masih tetap besar peluang Anda mendapatkan cat kuku dengan bahan kimia berbahaya.

Jadi selalu lebih cermat ketika membeli cat kuku, atau bisa membeli jenis cat kuku yang berbahan dasar air. Memang tidak bertahan lebih lama dari yang berbahan dasar kimia, namun cat kuku ini lebih aman.

Rajin Memotong Kuku

Cara merawat kuku panjang agar tetap sehat ini tidak memotong seluruhnya. Melainkan menjaga ukuran kuku tetap pada batas panjang yang normal. Itu artinya tidak membahayakan dan mudah dipertahankan.

Memperhatikan panjang kuku dengan rajin memotongnya dapat menghindarkan dari berbagai bibit penyakit. Kuku yang terlalu panjang berisiko membuat berbagai bibit penyakit bersarang di area dan celah-celah kuku yang panjang.

Jaga Kuku Tetap Kering

Sangat disarankan untuk menjaga kondisi kuku panjang agar tetap kering dan bersih. Sebab, kondisi kuku yang basah dan lembab dapat meningkatkan risiko timbulnya bakteri yang muncul di celah-celah dari kuku.

Selain itu, kuku akan semakin berisiko pecah-pecah apabila terlalu sering terkena air. Sebab, kuku memang sangat rentan terhadap air dan bisa menyebabkan kuku mudah patah. Kondisi ini sangat berisiko terjadi bagi pemilik kuku panjang.

7 dari 7 halaman

Cara Merawat Kuku Panjang

Hentikan Menggigit Kuku

Salah satu cara merawat kuku panjang adalah tidak melakukan kebiasaan untuk menggigit kuku. Sebab luka kecil di samping kuku yang diakibatkan kebiasaan menggigit tersebut, dapat meningkatkan risiko bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi.

Padahal, seperti yang telah banyak orang ketahui, jika mulut merupakan sumber dari berbagai bakteri. Dan, menggigit kuku juga akan menyebabkan bentuk kuku menjadi tidak terpotong dengan sempurna, sehingga memberi bentuk kuku yang kurang sedap dipandang.

Pelembap

Pelembap yang dimaksud di sini bukanlah pelembap khusus kuku, melainkan pelembap untuk kulit di sekitar kuku dan kutikula. Merawat kulit di sekitar kuku sama pentingnya dengan merawat kuku itu sendiri.

Apabila kulit di sekitarnya kering dan mengelupas, hal tersebut bisa memicu kerusakan pada kuku. Rutin menggunakan pelembap akan membuat kuku menjadi lebih sehat. Cara merawat kuku panjang dengan melembapkan juga sangat aman dan mudah dilakukan.

Nutrisi

Setelah melakukan semua perawatan dari luar, langkah berikutnya adalah dengan merawat kuku panjang dari dalam. Pemenuhan nutrisi bisa dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang baik bagi kuku.

Seperti beberapa makanan dan minuman yang mengandung kalsium, seperti yogurt, susu, keju, dan yang lainnya. Mengonsumsi sayuran yang banyak mengandung zat besi dan vitamin A serta buah-buahan agar kuku panjang tetap ternutrisi.