Sukses

12 Bahan Herbal untuk Cegah Rambut Rontok, Mudah Ditemukan

Banyak jenis herbal yang bisa memperkuat rambut.

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok jadi masalah banyak orang baik pria maupun wanita. Berbagai faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok, mulai dari stres emosional atau fisik, pengobatan, kesehatan rambut yang buruk, penyakit autoimun, kekurangan nutrisi, dan kondisi kesehatan lainnya.

Ada beberapa cara untuk melawan rambut rontok dan mengembalikan rambut ke bentuk semula. Salah satu cara melawan rambut rontok adalah dengan memanfaatkan herbal tertentu. Beberapa herbal dapat memperlambat kerontokan rambut atau membantu mendorong pertumbuhan baru.

Herbal ini dapat membantu memperkuat rambut, mendukung kesehatan kulit kepala, meningkatkan ketebalan rambut, dan menstimulasi siklus pertumbuhan rambut. Herbal-herbal ini cukup mudah ditemukan baik dalam produk komersial atau dalam keadaan segar.

Berikut herbal untuk cegah rambut rontok, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Senin(30/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Herbal untuk cegah rambut rontok

Lidah buaya

Lidah buaya memulihkan kesehatan kulit kepala dengan melembutkan sambil menyeimbangkan produksi sebum dan tingkat pH. Lidah buaya hanya mengurangi kerontokan rambut, tetapi juga mendorong pertumbuhan kembali rambut.

Cukup pijatkan gel lidah buaya kek kulit kepala selama dua menit. Diamkan selama dua jam dan bilas dengan air dan sampo.

Ginseng

Ginseng dipercaya dapat merangsang sirkulasi darah, sehingga meningkatkan suplai darah dan nutrisi ke folikel rambut. Ini memungkinkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Ginseng banyak ditemukan dalam produk perawatan rambut seperti sampo atau tonik. Anda juga bisa menggunakan air rendaman minyak ginseng untuk memijat kulit kepala.

3 dari 7 halaman

Herbal untuk cegah rambut rontok

Rosemary

Rosemary adalah ramuan ampuh untuk pertumbuhan rambut. Tidak hanya mencegah rambut rontok rosemary juga merangsang pertumbuhan rambut baru, mendetoksifikasi kulit kepala dan mengembalikan pigmen rambut.

Campurkan 5 sampai 10 tetes minyak rosemary dengan 2 sampai 3 sendok makan minyak kelapa atau zaitun. Pijatkan pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dan sampo.

Sage

Sage memiliki manfaat antiseptik dan astringent untuk rambut. Penggunaan herbal ini secara teratur menghasilkan rambut yang lebih tebal dan kuat.

Rebus dua sendok makan daun sage kering dengan dua gelas air selama 10 menit. Saring dan dinginkan lalu masukkan ke botol atau wadah. Gunakan air ini setelah keramas untuk bilasan akhir.

4 dari 7 halaman

Herbal untuk cegah rambut rontok

Urang aring

Urang aring adalah salah satu herbal paling kuat yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan uban. Herbal ini menghasilkan rambut yang sehat, kulit kepala yang sehat, dan mendorong pertumbuhan kembali rambut. Urang aring membantu merangsang folikel rambut dan memicu tahap pertumbuhan rambut yang lebih cepat.

Urang aring bisa ditemukan dalam bentuk minyak atau digunakan langsung dalam bentuk segar. Anda bisa mencincang seikat daun urang aring segar dan memanaskannya dengan segelas minyak kelapa atau minyak wijen. Aplikasikan pada kulit kepala dan helai rambut, diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air dan sampo setelahnya.

Ruku-ruku

Ruku-ruku atau holy basil merupakan jenis basil yang sekilas mirip dengan kemangi. Ruku-ruku biasanya digunakan untuk masakan Minangkabau yang berupa gulai. Ruku-ruku juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah rambut rontok.

Ruku-ruku membantu meremajakan folikel rambut. Memijat minyak ruku-ruku yang diaplikasikan ke kulit kepala tidak hanya melembabkan rambut, tetapi juga membantu menstimulasi sirkulasi darah. Ini mengarah pada peningkatan pertumbuhan rambut.

Daun ruku-ruku dikatakan mengandung Eugenol dan magnesium, yang bersama-sama meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

5 dari 7 halaman

Herbal untuk cegah rambut rontok

Lerak

Lerak kerap digunakan sebagai sabun dan sampo alami. Lerak mengandung saponin, pembersih alami yang meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mengembalikan tingkat pH. Lerah membantu menjaga kulit kepala bersih dan sehat tanpa menggunakan bahan kimia yang keras dan menyebabkan kerusakan.

Bunga sepatu

Bunga kembang sepatu, selain mencegah rambut rontok, dikenal dapat menambah kilau pada rambut kusam sekaligus melawan rambut beruban. Bunga sepatu membantu menghentikan rambut rontok, menebalkan rambut, mencegah kusut, bercabang, dan ketombe.

Anda bisa menggunakan dua bunga sepatu dan memanaskannya dengan dua sendok makan minyak kelapa atau zaitun. Pijatkan pada kulit kepala dan rambut selama 10 menit, diamkan 30 menit dan bilas dengan air dan sampo.

6 dari 7 halaman

Herbal untuk cegah rambut rontok

Jahe

Minyak jahe membantu mengobati dan mencegah ketombe. Jahe juga dikenal untuk merangsang pertumbuhan rambut sekaligus meningkatkan sirkulasi. Parut jahe dan ambil sarinya. Tambahkan 4 sendok makan minyak wijen dan campur sampai merata. Pijatkan ke kulit kepala dan diamkan 30 menit sebelum membilasnya dengan sampo dan air.

Serai

Serai memperkuat folikel rambut yang penting untuk mencegah rambut rontok. Minyak serai juga merupakan perawatan ketombe yang efektif. Rebus serai dengan satu gelas air. Dinginkan dan gunakan sebagai bilasan akhir setelah keramas.

7 dari 7 halaman

Herbal untuk cegah rambut rontok

Buah malaka

Buah malaka atau Indian Gooseberry kaya akan vitamin C dan mineral lain seperti fosfor, kalsium, zat besi, vitamin B kompleks dan karoten. Ini meningkatkan pertumbuhan rambut, memperkuat akar rambut, dan meningkatkan kilau.

Jus malaka, bila dicampur dengan air, membantu memulihkan vitalitas rambut, sekaligus menawarkan kekuatan dan kilau. Buah ini dapat mengontrol ketombe, mencegah rambut rontok yang berlebihan dan uban prematur.

Daun neem

Daun neem atau mimba memiliki sifat anti bakteri tinggi yang berguna untuk menyembuhkan kulit kepala yang gatal dan rawan ketombe. Ini meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala saat dioleskan. Minyak neem membantu mengatasi rambut yang menipis dan beruban sebelum waktunya.

Neem juga meningkatkan pertumbuhan rambut, dan mencegah serta menyembuhkan banyak masalah rambut. Bubuk Neem kering bisa dicampur dengan air untuk membuat pasta kental, dan ini bisa dipijat ke kulit kepala untuk mengelupas, membersihkan dan menutrisi kulit kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini