Sukses

12 Jenis Bunga yang Bisa Ditanam Dalam Pot, Perawatannya Mudah

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam jenis bunga yang bisa ditanam dalam pot. Pot menjadi salah satu media tanam yang cocok untuk berkebun dengan ruang yang minim. Banyak pilihan jenis bunga yang bisa menambah keindahan rumah karena warna serta aromanya. Beragam jenis bunga-bunga tersebut cocok diletakkan pada tiap sudut rumah.

Kemudian, menanam bunga dalam pot juga bisa memberi kesan minimalis pada ruangan. Jenis bunga yang bisa ditanam dalam pot juga mudah dirawat. Bibit dari jenis bunga ini juga terbilang mudah ditemukan.

Berikut ada beragam jenis bunga yang cocok ditanam dalam pot seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/11/2020).

2 dari 7 halaman

Mawar dan Lavender

1. Mawar

Jenis bunga yang satu ini memang populer. Bunga ini dikenal dengan warna beragam dan wanginya semerbak. Mawar memang jadi salah satu tanaman hias yang digemari banyak orang. Selain itu, bentuk mawar yang indah menjadi salah satu alasan tanaman berduri ini jadi salah satu primadona.

 

2. Lavender

Lavender adalah jenis bunga yang jadi favorit para pecinta tanaman hias. Warna serta harumnya menenangkan. Lavender bisa ditanam di pot mulai dari biji atau stek. Untuk perawatan lavender dalam pot yaitu menjaga suhu dengan tepat, menjaga intensitas paparan sinar matahari, serta memperhatikan ketinggian air.

Letakkan pot lavender di tempat yang terdapat sinar matahari penuh setidaknya 8 jam per hari. Sirami dengan cukup dan biarkan tanah mengering pada sela-sela penyiraman.

3 dari 7 halaman

Peace Lily dan Anthurium

3. Peace Lily

Peace lily adalah jenis bunga dengan warna putih dan daun yang hijau gelap. Jenis bunga ini menjadi pilihan populer untuk dekorasi kantor serta rumah. Menanam peace lily dalam pot sangat mudah. Tanaman indah ini tidak hanya bisa mencerahkan ruang tamu, tapi sangat baik untuk membersihkan udara ruangan di mana bunga ini berada.

 

4. Anthurium

Anthurium merupakan jenis bunga tropis yang punya kelopak mengkilap dan akan berbentuk hati ketika mekar. Bunga ini punya beberapa macam warna mulai dari merah, merah muda, sampai kuning. Bunga ini sangat cocok ditanam dalam pot dan jadi hiasan rumah.

Jenis bunga ini bisa mentolerir berbagai tingkat cahaya tidak langsung. Tapi anthurium yang tumbuh dalam cahaya rendah umumnya punya bunga lebih sedikit dan tumbuh lebih lambat.

4 dari 7 halaman

Begonia dan Petunia

5. Begonia

Bunga ini umum ditanam dalam pot dan cocok untuk percantik rumah. Ada beragam jenis begonia. Jenis bunga begonia hanya butuh cahaya matahari yang rendah, sehingga membuat jenis bung aini cocok ditanam dalam ruangan.

Kendati demikian, jenis bunga begonia juga cocok ditanam dalam pot gantung untuk mempercantik teras rumah. Proses penyiraman begonia juga perlu diperhatikan, sebab tanahnya harus tetap lembab tapi tidak terlalu basah.

 

6. Petunia

Sedangkan jenis bunga petunia berwarna cerah. Tanaman ini cocok ditanam pada pot gantung atau pot yang diletakkan di atas meja maupun teras depan. Ada ratusan jenis bibit petunia yang tersedia di toko kebun.

Bibit ini menawarkan pilihan bunga dengan beragam warna mulai warna solid dan multi-warna. Perawatan jenis bunga ini hanya dengan penyiraman secara teratur serta sinar matahari yang cukup.

5 dari 7 halaman

Krisan dan Anggrek

7. Krisan

Krisan adalah jenis bunga yang populer untuk hadiah. Bunga ini cocok ditanam di dalam pot sebagai hiasan ruangan atau teras. Perawatan krisan bisa dengan penyiraman, menjaga kelembapan tanah serta drainase yang baik.

Krisan butuh cahaya lebih rendah supaya bisa mekar dengan indah. Letakkan krisan pada lokasi yang banyak sinar matahari setidaknya empat jam per hari.

 

8. Anggrek

Jenis bunga yang tidak kalah populer adalah anggrek. Ada beragam jenis bunga anggrek dengan berbagai warna serta ukuran. Tanaman anggrek bisa dengan mudah ditanam dalam pot sebagai dekorasi dalam atau luar rumah.

Anggrek juga hanya perlu sedikit perawatan. Anggrek butuh cahaya, suhu, dan kelembapan yang tepat. Maka dari itu, letakkan anggrek di jendela atau ruangan yang terkena cahaya terang tapi tidak langsung.

6 dari 7 halaman

Geranium dan Morning Glory

9. Geranium

Selanjutnya, jenis bunga geranium cocok ditanam dalam pot gantung sebagai dekorasi teras rumah. Geranium mudah tumbuh, punya bunga cerah, serta aroma yang harum. Dalam ruangan, geranium butuh banyak cahaya agar dapat berbunga, namun perlu untuk mentolerir kondisi cahaya sedang. Warna merah pada geranium adalah warna yang paling populer. Ada juga geranium yang punya warna putih, ungu, biru, serta multi-warna.

 

10. Morning Glory

Jenis bunga ini bisa mudah tumbuh dengan cepat dan cocok ditanam pada pot gantung. Semua tanaman morning glory menghasilkan bunga dengan bentuk corong yang menarik, dan banyak pilihan warna seperti putih, merah, biru, ungu serta kuning dilengkapi daun berbentuk hati.

7 dari 7 halaman

Alamanda dan Amarilis

11. Alamanda

Alamanda yang dikenal dengan nama bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, atau buttercup adalah jenis tumbuhan perdu yang banyak menghiasi pagar rumah. Jenis bunga punya warna kuning cerah, ungu, hingga pink.

Perawatan jenis bunga alamanda mirip dengan kebanyakan tanaman hias tropis lainnya. Jenis bunga allamanda perlu intensitas cahaya tinggi, suhu hangat secara konsisten dan kelembapan yang tepat.

 

12. Amarilis

Kemudian, jenis bunga amarilis adalah bunga hias yang mekar pada awal musim penghujan. Sebab amarilis menghasilkan bunga berwarna cerah, sehingga banyak orang menanamnya di sekitar pekarangan rumah.

Bentuk bunga ini seperti bintang dan terompet berwarna jingga, merah, dan kuning. Sebagian besar tangkai bisa menghasilkan dua hingga empat bunga. Amarilis juga bisa dikembangkan lewat umbi. Umbi bisa diperoleh dari tanaman sebelumnya atau membelinya di toko bibit tanaman. Tanaman ini akan tumbuh di pekarangan serta di dalam rumah dengan pot.