Sukses

5 Tips Aman Liburan di Tengah Pandemi COVID-19, Persiapkan dengan Baik

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 belum berakhir di Indonesia. Bahkan, jumlah angka peningkatan pasien terkonfirmasi COVID-19 pun selalu bertambah setiap harinya.

Meski begitu, pemerintah kini memang telah melonggarkan aturan bagi warga untuk beraktivitas di luar ruangan. Termasuk melakukan perjalanan hingga berlibur ke luar kota bahkan luar pulau. Namun, meski masyarakat diperbolehkan untuk berlibur dan melakukan aktivitas di luar ruangan, aturan untuk menaati protokol kesehatan wajib dilakukan.

Pasalnya, dengan menaati aturan protokol kesehatan yang ada, hal ini bisa untuk meminimalisir terjadinya penularan COVID-19 di masyarakat. Meski sudah menaati protokol kesehatan yang ada, kamu juga harus memperhatikan tips aman saat liburan di tengah pandemi COVID-19.

Kira-kira apa saja tips aman liburan di tengah pandemi COVId-19? Dilansir Liputan6.com dari covid19.go.id, berikut ini beberapa tips aman saat berlibur ditengah pandemi COVID-19, Senin (30/11/2020).

2 dari 6 halaman

1. Hindari adanya percikan air liur saat berbicara.

Salah satu pentingnya masyrakat untuk selalu memakai masker ialah untuk menghindari penyebaran virus corona melalui droplet, yaitu dari percikan air liur ketika berbicara. Namun, masyarakat juga harus memahami masker apa saja yang disarankan serta tak disarankan untuk digunakan.

Masker berbahan kain dengan dua lapisan sendiri diketahui hanya melindungi sekitar 70 persen saja. Sedangkan masker medis mampu melindungi 80-90 persen. Jenis masker yang sangat disarankan dan aman ialah masker N95. Sedangkan masker yang tidak disarankan ialah masker scuba. Pasalnya, masker scuba terbuat dari satu lembar kain yang cukup tipis.

3 dari 6 halaman

2. Hindari kerumunan

Sosial distancing dan physical distancing memang perlu dilakukan selama pandemi COVID-19. Oleh karena itu, saat berlibur sebaiknya kamu menghindari tempat yang ramai hingga tak bisa berjarak antara satu dengan lainnya. Sebaiknya, kamu juga mengunjungi destinasi wisata yang tak padat untuk mengurangi potensi penularan virus corona.

4 dari 6 halaman

3. Perhatikan status zonasi

Tips aman berlibur ditengah pandemi selanjutnya ialah kamu harus memperhatikan status zonasi di tempat wisata yang akan kamu tuju. Status zona hijau merupakan status yang relatif aman untuk berlibur. Kamu juga bisa melihat stastus zonasi apakah hijau, kuning, oranye atau merah pada laman resmi COVID-19 maupun pemerintah setempat.

5 dari 6 halaman

4. Pilih area outdoor

Salah satu tips liburan yang perlu diperhatikan ialah memiliki destinasi wisata. Pilihlah destinasi wisata ditempat terbuka atau outdoor. Mulai dari pantai, air terjun, ataupun pegunungan.

6 dari 6 halaman

5. Jaga kondisi badan

Sebelum melakukan perjalanan liburan, pastikan jika kondisi tubuh sedang sehat. Mengonsumsi makanan bergizi serta multivitamin juga cukup dianjurkan. Bukan hanya sebelum liburan saja, tapi selama masa liburan ditengah pandemi kamu juga harus memastikan kondisi tubuh tetap bugar.