Sukses

6 Mitos Tentang Waktu Makan Buah, Ketahui Faktanya

Jangan salah kaprah soal waktu makan buah.

Liputan6.com, Jakarta Buah adalah salah satu makanan tersehat yang bisa dimakan. Ada banyak klaim tentang kapan dan bagaimana harusnya makan buah. Klaim-klaim ini terkadang tidak didukung kebenarannya dan hanya jadi sebuah mitos.

Mitos tentang waktu makan buah banyak ditemukan. Ini seperti makan buah harus saat perut kosong, makan buah setelah makan tidak dianjurkan, dan masih banyak lagi. 

Terlepas dari klaim mitos tersebut, tidak ada waktu terbaik dalam sehari untuk makan buah. Orang bisa mendapatkan manfaat kesehatan serupa dari buah kapan saja sepanjang hari.

Berikut mitos tentang waktu makan buah dan faktanya, dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Selasa(1/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mitos: Makanlah buah saat perut kosong

Ini adalah salah satu mitos paling umum tentang kapan harus makan buah. Mitos mengklaim bahwa makan buah selama atau setelah makan berat dapat memperlambat pencernaan dan menyebabkan makanan bertahan di perut lalu berfermentasi atau membusuk.

Mitos ini juga mengklaim bahwa makan buah bersama atau setelah makan berat adalah penyebab gas, ketidaknyamanan, dan berbagai gejala lain.

Fakta

Meskipun buah dapat menyebabkan perut kosong lebih lambat, itu tidak menyebabkan makanan bertahan di perut sangat lama. Satu penelitian menemukan bahwa pada orang sehat, serat memperlambat waktu yang dibutuhkan perut untuk mengosongkan separuh isinya dari rata-rata 72 menit menjadi 86 menit.

Meskipun perubahan kecepatan ini signifikan, itu tidak berarti lambatnya pencernaan yang cukup untuk menyebabkan makanan membusuk di perut. Bahkan jika buah menyebabkan makanan berada di perut lebih lama dari biasanya, perut secara khusus dirancang untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan fermentasi dan pembusukan.

Selain itu, memperlambat pengosongan perut adalah hal yang baik. Ini dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, yang membantu makan lebih sedikit kalori dalam jangka panjang.

3 dari 8 halaman

Mitos: makan buah berdekatan dengan makan berat mengurangi gizi

Mitos ini mengklaim bahwa seseorang perlu perlu makan buah dengan perut kosong untuk mendapatkan semua manfaat nutrisinya. Mitos mengatakan jika Anda makan buah tepat sebelum atau sesudah makan, nutrisinya entah bagaimana akan hilang.

Fakta

Namun, ini sama sekali tidak benar. Tubuh manusia telah berevolusi dari waktu ke waktu menjadi seefisien mungkin dalam hal mengekstraksi nutrisi dari makanan. Saat makan, perut bertindak sebagai reservoir, melepaskan hanya sejumlah kecil nutrisi pada satu waktu sehingga usus dapat dengan mudah mencernanya.

Selain itu, usus kecil dirancang untuk menyerap nutrisi sebanyak mungkin. Panjangnya hingga enam meter, dengan lebih dari 30 meter persegi area penyerapan. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa usus memiliki kemampuan untuk menyerap nutrisi dua kali lebih banyak daripada yang dikonsumsi rata-rata orang dalam satu hari.

Area penyerapan yang besar ini berarti bahwa mendapatkan nutrisi dari buah dan makanan berat adalah pekerjaan mudah untuk sistem pencernaan, terlepas dari apakah Anda makan buah dengan perut kosong atau dengan makanan lain.

4 dari 8 halaman

Mitos: Penderita diabetes harus makan buah 1–2 jam sebelum atau setelah makan

Mitos ini mengatakan bahwa penderita diabetes sering memiliki masalah pencernaan, dan makan buah secara terpisah dari makanan dapat meningkatkan pencernaan. Sayangnya, ini adalah nasihat yang agak buruk bagi kebanyakan orang yang menderita diabetes.

Memang benar bahwa beberapa penderita diabetes mengalami masalah pencernaan. Meskipun perubahan pola makan dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, makan buah dengan perut kosong bukanlah salah satunya.

Fakta

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung gagasan bahwa makan buah secara terpisah dari makanan meningkatkan pencernaan. Satu-satunya perbedaan yang mungkin terjadi adalah bahwa gula yang terkandung dalam buah dapat masuk ke aliran darah lebih cepat, yang harus dihindari oleh penderita diabetes.

Daripada memakan buah secara terpisah, memakannya dengan makanan berat atau sebagai camilan yang dipasangkan dengan makanan tinggi protein, serat atau lemak adalah pilihan yang jauh lebih baik bagi penderita diabetes.

Ini karena protein, serat, dan lemak dapat menyebabkan perut melepaskan makanan ke usus kecil lebih lambat. Manfaatnya bagi penderita diabetes adalah jumlah gula yang lebih sedikit diserap pada satu waktu. Ini menyebabkan peningkatan yang lebih kecil dalam kadar gula darah secara keseluruhan.

5 dari 8 halaman

Mitos: waktu makan buah terbaik adalah sore hari

Mitos menyatakan bahwa metabolisme melambat di sore hari dan makan makanan yang tinggi gula, seperti buah, meningkatkan kadar gula darah dan"membangunkan sistem pencernaan. Tidak ada logika nyata di balik gagasan ini, dan juga tidak ada bukti yang mendukungnya.

Yang benar adalah bahwa makanan yang mengandung karbohidrat untuk sementara akan meningkatkan gula darah saat glukosa diserap, terlepas dari waktu apa pun dalam sehari. Tidak perlu "membangunkan" sistem pencernaan, karena sistem pencernaan selalu siap untuk bertindak saat makanan menyentuh lidah, kapan pun waktunya.

6 dari 8 halaman

Mitos: Jangan makan buah setelah jam 2 siang

Mitos ini nampak berkebalikan dari mitos sebelumnya. Ini pada akhirnya dapat menimbulkan kebingungan. Teorinya adalah makan buah (atau karbohidrat apa pun) setelah jam 2 siang. meningkatkan gula darah yang tidak sempat distabilkan oleh tubuh sebelum tidur. Ini menyebabkan penambahan berat badan.

Fakta

Meski demikian, tidak ada alasan untuk khawatir buah tersebut akan menyebabkan gula darah tinggi di sore hari. Seperti disebutkan sebelumnya, makanan yang mengandung karbohidrat akan meningkatkan gula darah saat glukosa diserap. Tetapi tidak ada bukti bahwa gula darah akan naik lebih banyak setelah jam 2 siang daripada waktu lainnya dalam sehari.

Tidak ada alasan juga untuk takut bahwa makan buah di sore hari akan menyebabkan penambahan berat badan. Banyak faktor berbeda yang menentukan apakah kalori dibakar untuk energi atau disimpan sebagai lemak, tetapi menghindari buah setelah waktu tertentu bukanlah salah satunya.

Tetapi ada banyak bukti bahwa orang yang makan banyak buah dan sayuran sepanjang hari cenderung memiliki berat badan lebih rendah dan cenderung tidak menambah berat badan.

7 dari 8 halaman

Mitos: Hindari makan buah sebelum tidur

Secara umum, makan makanan berat di jam-jam sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur seseorang. Namun, saat mengemil di malam hari, buah lebih kecil kemungkinannya mengganggu tidur, dibandingkan dengan makanan lain, terutama makanan olahan.

Buah masih dinilai aman dikonsumsi sebelum tidur. Direkomendasikan untuk menghindari makanan dengan gula olahan sebelum tidur, karena ini dapat menyebabkan tingkat energi naik dan turun dengan cepat. Memilih buah segar mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Pisang misalnya, bisa menyediakan kalium yang dapat mencegah kram kaki di malam hari. Buah lain seperti kurma dan aprikot dengan magnesium lebih tinggi dapat membantu relaksasi dan tidur lebih nyenyak.

8 dari 8 halaman

Waktu yang tepat untuk makan buah

Jika ingin menurunkan berat badan

Karena buah-buahan cenderung tinggi serat, buah ini dapat membantu seseorang merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Makan buah selama atau tepat sebelum makan dapat meningkatkan efek ini.

Makan buah-buahan yang bergizi dan rendah kalori sebelum makan dapat membuat seseorang merasa kenyang. Ini bisa menyebabkan Anda makan lebih sedikit makanan lain yang lebih tinggi kalori.

Jika memiliki diabetes

Untuk mengurangi efek buah pada gula darah, penderita diabetes tipe apa pun dapat memasangkan buah dengan makanan lain atau bahkan makanan yang lebih tinggi protein atau lemak.

Memasangkan buah dengan makanan atau makanan lain yang tinggi protein, lemak, atau serat dapat menyebabkan gula dari buah masuk ke usus kecil lebih lambat. Ini bisa mengakibatkan kenaikan gula darah yang lebih kecil, dibandingkan dengan makan buah sa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini