Sukses

Apa Saja yang Menjadi Keunggulan Bangsa Indonesia? Berikut 7 Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta Apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia? Mungkin pertanyaan tersebut sering terlintas di pikiran masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan.

Sebenarnya, sebagai bangsa Indonesia hendaknya patut berbangga. Sebab Indoensia adalah suatu bangsa yang besar. Memang apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia tersebut? Keunggulan tersebut sebenarnya ada di sekitar dan mungkin tidak disadari oleh masyarakat Indonesia sendiri, sehingga selalu bertanya mengenai hal tersebut.

Berbagai keunggulan tersebut hendaknya diketahui oleh bangsa Indonesia, terutama generasi muda. Mengingat, apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia di depan nanti, serta mampu atau tidaknya keunggulan tersebut berkembang, ada di tangan generasi muda Indonesia.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia dan patut untuk dipertahankan serta optimalkan, Selasa (1/12/2020).

2 dari 8 halaman

1. Budaya dan Multikulturalisme

Apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia? Ya, budaya dan multikulturalisme merupakan salah satu jawabannya. Bangsa Indonesia terdiri dari ratusan suku daerah dan membuat negara ini memiliki banyak budaya yang sangat unik.

Mulai dari bahasa lokal yang totalnya lebih dari 700 bahasa daerah, agama, pakaian, rumah adat, bahkan cara hidup masyarakat yang sangat berbeda-beda, semakin memperjelas Indonesia adalah salah satu bangsa besar. Bahkan masyarakat dunia pun acap kali memberi apresiasi pada bangsa Indonesia lantaran dengan multikulturalisme mampu hidup berdampingan dengan harmonis.

3 dari 8 halaman

2. Negara Kepulauan

Indonesia memiliki keunggulan dari segi geografisnya. Hal ini tentu menjawab apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia. Hal yang pasti terbesit di benak masyarakat dunia, adalah Indonesia yang gugusan kepulauannya sangat indah. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia hendaknya disyukuri, sebab tidak ada negara lain yang memiliki keistimewaan seperti negara ini.

Sudah pasti, dengan gugusan pulau yang tersebar dari timur hingga barat, Indonesia kaya akan potensi sumber daya alam yang luar biasa. Dimulai dari perikanan hingga pariwisata.

4 dari 8 halaman

3. Kaya Mineral Tambang

Tidak hanya tanah Indonesia yang cocok untuk perkebunan, pertanian, bahkan peternakan, Indonesia juga punya potensi pertambangan yang sangat baik. Kondisi alam di negara ini bisa dibilang sempurna dan menjadi pemicu banyaknya bahan-bahan tambang bermunculan.

Salah satu bahan tambang yang banyak terdapat di Indonesia dan cukup menarik perhatian dunia adalah emas di Papua, geothermal di Jawa Barat, batu bara di Pulau Kalimantan, minyak bumi, nikel, serta mineral tambang lainnya.

5 dari 8 halaman

4. Alam yang Indah

Lalu, apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia lainnya? Hal ini tidak dapat dipungkiri, jika Indonesia sangat kaya akan keindahan alamnya.

Keindahan alam Indonesia bahkan sering membuat mata masyarakat dunia terpukau. Ini dibuktikan dengan banyaknya turis asing yang berdatangan. Tujuannya tidak lain, untuk menikmati keindahan alam Nusantara baik gunung, sabana, danau, pegunungan karst, bahkan pantai maupun laut yang memanjakan mata.

6 dari 8 halaman

5. Iklim Tropis

Negara Indonesia memiliki iklim tropis yang cenderung hangat. Sebab, Indonesia ada di kawasan khatulistiwa yang membuat daerah di negara ini dapat menikmati sinar matahari sepanjang tahun. Hal tersebut tentu beda dengan negara-negara lainnya, di mana banyak negara yang tidak dapat leluasa untuk menikmati hangat matahari tiap waktu.

Ini tentu berpengaruh dengan penampakan alam yang ada di Indonesia. Iklim tropis berperan dalam membuat Indonesia sangat baik untuk perkebunan, pertanian, maupun peternakan. Maka tidak heran jika sumber daya alam yang dimiliki Indonesia berlimpah ruah.

7 dari 8 halaman

6. Barang Produksi Dalam Negeri yang Berkualitas

Kini bangsa Indonesia hendaknya berbangga. Sebab banyak karya anak bangsa yang mampu bersaing dengan berbagai produk luar negeri, bahkan beberapa di antaranya kini dicintai masyarakat dunia.

Salah satunya seperti produk makanan instan. Banyak makanan instan produksi Indonesia yang dipasarkan dan menjadi primadona di berbagai negara. Hal ini tidak lain dari unggulnya produk tersebut dibandingkan produk negara lainnya. Maka jangan heran jika Anda bisa saja menemukan produk serupa yang ada di warung kelontong ada di jajaran rak supermarket luar negeri bahkan di Eropa.

8 dari 8 halaman

7. Sejarah

Salah satu hal terakhir yang bisa menjawab apa saja yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia, tentu sejarah panjang negara kepulauan ini. Tak hanya keindahan alamnya saja yang menarik bagi masyarakt dunia, Indonesia juga menyimpan sejarah bangsa yang sangat menarik.

Sejarah tersebut sebenarnya turut menjadi faktor mengapa masyarakat Indonesia dapat bersatu dan senasib bahkan rela pertaruhkan jiwa raga demi berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Salah satu sejarah yang menarik perhatian dunia yaitu sejarah kerajaan nenek moyang bangsa Indonesia. Kerajaan di Indonesia sangat banyak, mulai kerajaan Hindu, Budha, dan Islam. Terlepas dari hal tersebut, beragam peninggalan kerajaan terdahulu memiliki nilai sejarah dan nilai jual yang tak terhingga.