Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4, Smartphone Lawas Andalan

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 4, lengkap.

Liputan6.com, Jakarta Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 memang patut dipertimbangkan untuk dijadikan smartphone lawas andalan. Rilis sejak tahun 2017, tetapi dapur pacu dan performanya bisa bersaing dengan ponsel-ponsel anyar di pasaran.

Tidak hanya dapur pacu dan performa, berbagai sensor pun sudah tersedia. Meski belum se-epic smartphone keluaran terbaru, kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 ini tetap patut diperhitungkan. Ada sensor pindai sidik jari, gyroscope, dan remote.

Kelebihan dan kekurang Xiaomi Redmi Note 4 lain, pada desain luar dan dalamnya. Meski berat dan tebal, tetapi layarnya beresolusi besar. Tersedia slot 2 SIM dan MicroSD. Warnanya pun elegan dan tampak menawan, yakni gold, grey, dan silver.

Berikut Liputan6.com ulas kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 4 dari berbagai sumber, Rabu (2/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4

Kamera

Xiaomi Redmi Note 4 memiliki kelebihan dan kekurangan pada fitur kamera. Meski termasuk smartphone keluaran lama, kameranya sudah dibekali dengan detection auto focus. Pixel kamera belakangnya juga sudah 13 MP, itu artinya sudah bisa menghasilkan foto bokeh di cahaya terang.

Sayangnya, Xiaomi Redmi Note 4 tidak cukup mumpuni jika digunakan pada tempat minim cahaya. Begitu juga hasil video dari smartphone ini belum stabil otomatis. Saat digunakan pada tempat minim cahaya, video akan lebih gelap dari foto yang dihasilkan.

Desain Luar

Jika membicarakan desain, Xiaomi Redmi Note 4 sudah tampak elegan dan mahal. Pada bagian belakang, ada sensor pemindai sidik jari, kamera, LED flash, dan warnanya gold, silver, dan grey. Dibanding dengan smartphone terbaru, desain luar Xiaomi Redmi Note 4 belum begitu tertinggal.

Untuk kekurangannya, bahan yang digunakan sebagai pelapis desain luar belum premium. Kebanyakan ulasan mengatakan, bahan Xiaomi Redmi Note 4 mudah tergores dan berubah warna lama kelamaan. Meski demikian, risiko goresan bisa diperkecil dengan berbagai macam perlindungan agar lebih awet dan tahan lama.

3 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4

Kenyamanan

Setelah mengulik desain luar, saatnya mengulas kenyamanan. Kenyamanan Xiaomi Redmi Note 4 bisa dibilang sudah mencukupi. Rasio layarnya besar, 5.5 inchi. Kelebihan ini membuat Xiaomi Redmi Note 4 nyaman digunakan orang tua dan anak-anak.

Meski sebenarnya, smartphone ini cukup berat yakni 175 gram. Apalagi jika diperhitungkan dari sisi ketebalan, sulit digenggam dengan satu tangan saja. Dimensi keseluruhannya 151 x 76 x 8.4 mm.

Desain Dalam

Untuk smartphone keluaran tahun 2017, desain dalam Xiaomi Redmi Note 4 sudah modern. Meski harganya terjangkau, Xiaomi berani membuat desain yang lebih maju dari para pesaingnya. Slot memori eksternalnya berjenis hybrid. SIM yang tersedia juga tidak hanya satu, tetapi dua dan sudah berjaringan 4G.

Dibanding dengan pesaingnya, Xiaomi Redmi Note 4 sudah dibekali sensor yang lengkap. Ada fitur infrared dan Mi Remote. Itu artinya, Xiaomi Redmi Note 4 bisa digunakan sebagai remote. Tidak hanya remote TV, tetapi juga remote AC dan lain sebagainya.

4 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4

Dapur Pacu

Membicarakan dapur pacu Xiaomi Redmi Note 4, memang tidak bisa dipungkiri keunggulannya. Smartphone keluaran lama, tetapi RAM yang dimiliki sudah 3 GB. RAM demikian besar, tetapi harganya pas dikantong pelajar.

Jika hanya digunakan untuk bermedia sosial, chatting, pekerjaan, dan belajar, Xiaomi Redmi Note 4 cocok dijadikan pilihan. Smartphone ini tidak lemot saat digunakan untuk aktivitas demikian.

Berbeda apabila digunakan untuk bermain game. Xiaomi Redmi Note 4 akan mudah error dan panas. RAM 3 GB dan ROM 32 GB tidak cocok untuk gamers. Meski jika dipaksakan bisa, tetapi di tengah jalan risiko kalah karena error tinggi terjadi.

OS

Xiaomi Redmi Note 4 sudah memiliki dapur pacu yang lumayan mumpuni. Sayangnya, OS yang dimiliki masih Android OS, v6.0 Marshmallow. Sudah sangat ketinggalan zaman dan jika digunakan sekarang, sulit menyesuaikan dengan aplikasi dengan banyak mengalami pembaharuan.

Smartphone ini pun sudah tidak bisa melakukan banyak pembaharuan. Apalagi melakukan upgrade OS, tidak memungkinkan dan tidak menyediakan. Meski begitu, smartphone ini masih bisa dipakai untuk jangka waktu tertentu. Paling tidak berjangka 2 tahun ke depan.

5 dari 6 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 4

Pengisian Daya

Meski smartphone keluaran lama, Xiaomi Redmi Note 4 sudah dibekali kapasitas baterai 4.100 mAh. Cukup besar dan bisa bertahan seharian. Jika dibandingkan dengan smartphone yang setara dan rilis tahun serupa, kapasitas baterainya lebih unggul.

Sayangnya kapasitas baterai yang besar tidak cukup mendukung jika, pengisian dayanya belum dilengkapi fast charging atau pengisian cepat. Itu artinya, bisa bertahan dalam waktu yang lama jika diisi dengan waktu yang lebih lama pula.

Fitur Khusus

Rilis sejak tahun 2017 tidak membuat Xiaomi Redmi Note 4 membatasi pembaharuan teknologi. Smartphone ini sudah dilengkapi fitur Dual Apps dan Second Space. Dibanding dengan smartphone yang rilis pada tahun sama, Xiaomi Redmi Note 4 lebih unggul dan dapat diandalkan.

Dual Apps bisa digunakan untuk masuk pada dua akun berbeda tanpa dua perangkat smartphone. Sementara untuk second space bisa dimanfaatkan untuk penyedia ruang penyimpanan berbeda pada satu gawai saja. Pemasangan aplikasi secara terpisah bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

6 dari 6 halaman

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4

Rilis: 2017

Detail Prosessor: Deca-core 2.1 GHz

RAM: 3 GB

OS: Android

Detail OS: Android OS, v6.0 (Marshmallow)

Jaringan: 2G, 3G, 4G

Sim Card: Dual SIM (Micro-SIM/Nano-SIM)

Display: 5.5 Inch

Resolusi: 1080 x 1920

Memori Internal: 32 GB

Memory External: MicroSD up to 128 GB

Kamera: 5 MP & 13 MP ( Depan & Belakang )

Audio: 24-bit/192kHz audio - Active noise cancellation with dedicated mic

Video: Video 1080p@30fps, 720p@120fps

Ragam Pesan: SMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM

Interface: microUSB v2.0, 3.5mm jack

Baterai: 4100 mAh

Dimensi Produk: 151 x 76 x 8.4 mm

Berat: 175 g

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini