Sukses

11 Kelemahan Chevrolet Spin dan Kelebihannya, Ketahui Sebelum Membeli

Liputan6.com, Jakarta Pada tahun-tahun pertama penjualannya, Chevrolet Spin cukup mendominasi penjualan dari Chevrolet dan mampu membawa merek asal Amerika Serikat ini bersaing dengan mobil-mobil dari pabrikan Jepang. Sayangnya, ksuksesan tersebut bisa dibilang tidak bertahan lama. Disusul keputusan dari PT General Motors Indonesia (GMI) yang secara resmi menghentikan penjualan Chevrolet Spin tepatnya pada tahun 2016 lalu.

Kendati demikian, Chevrolet Spin sebenarnya masih menjadi salah satu alternatif pilihan yang sangat menarik apabila Anda ingin memiliki mobil keluarga yang terjangkau dan nyaman dikendarai.  Selain harga dan kenyamanan yang baik, apabila Anda tinggal di daerah perkotaan mungkin masih mudah mendapatkan suku cadang dari mobil keluaran Chevrolet ini.

Tapi jangan senang dahulu, sebab ada beberapa kelemahan Chevrolet Spin yang layak untuk diketahui. Kelemahan Chevrolet Spin tersebut mungkin menjadi salah satu faktor kurang ramainya peminat mobil ini.

Untuk mengulas lebih lanjut tentang kelebihan dan kelemahan Chevrolet Spin, berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Rabu (2/12/2020).

2 dari 3 halaman

Kelebihan Chevrolet Spin

Ada beragam kelebihan Chevrolet Spin yang layak dipertimbangan dan menjadi acuan sebelum membeli mobil ini. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Material bodi tebal

Kelebihan Chevrolet Spin pertama yang perlu Anda ketahui, yaitu material bodi dari mobil ini sangat tebal, terutama jika dibandingkan dengan mobil sekelasnya. Penggunaan plat bodi yang tebal tentu menambah keamanan ketika terjadi benturan keras, sebab mobil tidak akan mudah penyok. Hal ini beda jauh dengan beberapa mobil sekelasnya yang dapat dengan mudah ringsek ketika terjadi benturan keras.

2. Bahan interior bagus

Selain bahan bodi mobil yang kuat, kelebihan Chevrolet Spin terdapat pada sisi interior. Bagaimana tidak, bahan yang digunakan untuk menghiasi mobil ini sangat bagus dan bukan bahan sembarangan. Penggunaan bahan interior yang bagus, serta desain yang memanjakan mata, tentu akan membuat Chevrolet Spin terlihat lebih mewah dan menawan jika dibandingkan dengan mobil lainnya.

3. Kabin senyap

Rasa nyaman ketika naik mobil ini semakin terasa, sebab kabin dari Chevrolet Spin sangat senyap. Maka Anda tidak perlu takut suara bising dari luar mobil akan mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara sembari mendengarkan musik kesukaan.

4. Fitur soft touch di pintu belakang

Kelebihan Chevrolet Spin yang tidak kalah menarik ada pada bagian pintu belakang yang sudah dibekali dengan soft touch. Tersematnya fitur mutakhir tersebut tentu akan memudahkan penumpang dalam membuka pintu belakang dengan cepat.

5. Bagasi lapang

Bukan MPV namanya apabila tidak dilengkapi kapasitas bagasi yang lapang. Kelebihan Chevrolet Spin, yaitu kapasitas bagasi yang mampu menampung hingga 1.608 liter. Untuk mendukung falsafah kabin lapang, Chevrolet Spin juga dilengkapi fleksibilitas pengaturan kursi untuk memaksimalkan volume angkut.

6. Mesin halus dan bertenaga

Salah satu kelebihan Chevrolet Spin ada pada bagian mesinnya. Chevrolet Spin menawarkan kemampuan mesin yang sangat bertenaga namun memiliki suara mesin halus. Hal tersebut rasanya memang mutlak dibutuhkan, mengingat mobil dari kategori MPV membutuhkan mesin yang handal agar mampu memaksimalkan daya angkut yang tidak sedikit.

7. Irit bahan bakar

Mungkin pasar mobil irit bahan bakar memang menggiurkan di Indonesia. Sebab, konsumen otomotif baik motor atau mobil, sangat melihat dari sisi konsumsi bahan bakar. Dengan konsumsi bahan bakar kendaraan yang irit, turut membantu pengurangan emisi.

Inilah yang menjadi kelebihan Chevrolet Spin. Sebab konsumsi bahan bakar di Chevrolet Spin sangat rendah namun masih mampu memberikan performa yang sangat baik.

8. Konektivitas

Dewasa ini, penggunaan teknologi memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Begitupun dengan kendaraan yang diharapkan mampu menunjang kemudahan konektivitas. Tak terkecuali mobil kategori MPV, di mana pada Chevrolet Spin sudah dilengkapi dengan Bluetooth. Tidak sampai disitu, Bluetooth tersebut juga sudah terintegrasi dengan head unit serta tombol kendali telepon pada lingkar kemudi.

3 dari 3 halaman

Kelemahan Chevrolet Spin

Selain kelebihan, ada pula kelemahan Chevrolet Spin yang wajib Anda ketahui sebelum mulai membeli. Berikut ulasannya:

1. Jok mobil keras

Kelemahan Chevrolet Spin yang cukup banyak dikeluhkan pemilik mobil ini ada pada kenyamanan jok yang digunakan. Sayangnya, meski dari bahan yang digunakan berkualitas, namun jok terlalu keras dan membuat kenyamanan berkurang.

2. Kemudi berat

Kelemahan Chevrolet Spin selanjutnya, dari sisi kenyamanan saat mengemudi, ternyata mobil ini kurang baik ketika dikendarai. Sebab kinerja setir yang cukup berat dan membuat pengemudi harus mengeluarkan tenaga lebih agar mampu untuk mengendalikan mobil ini.

3. Tidak tersedia transmisi otomatis

Kemudian untuk kelemahan Chevrolet Spin yang cukup disayangkan banyak orang ada pada ketersediaan transmisi otomatis. Sebab khusus untuk varian diesel tidak tersedia transmisi otomatis.

4. Suku cadang susah ditemukan

Berhentinya pemasaran dari Chevrolet Spin, ternyata cukup berdampak pada suku cadang yang tersedia. Terutama jika Anda tinggal jauh dari kota besar seperti Jakarta. Beda halnya dengan pabrikan Jepang yang hampir suku cadangnya terdistribusi dengan baik sampai seluruh daerah.

5. Harga jual anjlok

Hal ini menjadi kelemahan Chevrolet Spin yang terakhir. Bagaimanapun, tidak semua orang ingin mengambil risiko beli mobil yang secara perawatan cukup sulit dan tidak mudah menemukan bengkel resminya. Di mana, hal tersebut akhirnya menurunkan keinginan calon konsumen untuk membeli Chevrolet Spin.