Sukses

Viral Layar Mesin ATM Pindah ke Atas, Bikin Warganet Bingung

Liputan6.com, Jakarta Anjungan Tunai Mandiri (ATM) merupakan mesin yang bisa digunakan untuk transaksi perbankan secara mandiri oleh nasabah bank. Melalui ATM ini, nasabah bank bisa menarik uang tunai kapan pun hanya dengan berbekal kartu ATM, pin, dan saldo yang mencukupi.

Mesin ATM pada umumnya diletakkan di tempat yang aman seperti bilik khusus atau minimarket 24 jam. Hal ini juga mengantisipasi kejahatan yang mungkin saja diterima oleh nasabah setelah melakukan transaksi tarik tunai atau hal lainnya.

Layar yang ada pada ATM tentu saja harusnya menjadi privasi pengguna. Namun, apa jadinya jika layar ATM tersebut bisa disaksikan oleh banyak orang karena tiba-tiba saja pindah ke bagian atas ATM. 

Hal inilah yang dialami oleh seorang warganet Twitter @AffiAssegaf, "Masa tadi ke ATM trus layarnya malah pindah ke atas jadi seisi Indomaret bisa liat kita transaksi apa aja," tulis Affi sembari membagikan video yang menunjukkan mesin ATM yang cukup aneh di salah satu mini market.

Seperti apakah kisah layar mesin ATM pindah ke atas? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (2/12/2020).

2 dari 3 halaman

Layar Mesin ATM pindah ke atas

 

Kejadian layar ATM yang pindah ke atas ini terjadi di salah satu minimarket di Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan pada pukul 14.30, Selasa (1/12/2020). 

Awalnya, warganet @AffiAssegaf hendak melakukan transaksi di mesin ATM tersebut, namun ia terkejut karena layar ATM-nya pindah ke bagian atas sehingga membuat orang lain bisa melihat transaksi apa saja yang sedang dilakukan oleh pengguna.

Sempat ragu untuk menggunakan mesin tersebut karena terlihat eror, namun wanita berbaju merah yang ada dalam video meyakinkan Affi bahwa mesin tersebut tetap bisa digunakan meskipun kondisinya tidak lazim.

"Btw itu mbak yg pake baju merah yg lagi di ATM tau kok kalo dia lagi “share screen” di monitor atas. Itu karyawan Alfamidi & malah dia yg bilang ke gue “Gpp mbak, masih bisa dipake kok ATMnya, cuma layarnya di atas yaaa.” jelas Affi.

Setelah video ini cukup viral di kalangan warganet Twitter, pihak bank yang bersangkutan pun nampaknya segera menindaklanjuti kerusakan pada mesin ATM tersebut.

3 dari 3 halaman

Respon warganet

Video yang berdurasi 25 detik tersebut pun menuai berbagai respon dari warganet. Ada yang merasa bahwa akan merasa malu apabila saldo yang digunakan untuk tarik tunai tidak mencukupi. 

"Anjir bayangin kalo itu beneran, pasti yang saldonya pas pas an kelae narik duid langsung nunduk," tulis @arspy

"Kalo aku yang kaya gini batalin transaksi si. Gimana ga batalin saldo aja selalu tinggal 100 perak, 56 rupiah, 32 rupiah. YA MALUUU," tulis @kaciliiw

"Biar kalo pas saldonya kurang buat tarik tunai, yang antri dibelakang bisa patungan untuk bantuin," tulis @askallida

Namun ada pula yang mengaggap bahwa ATM tersebut jadi tidak aman. Sehingga lebih baik mencari ATM lain. "Hih serem juga, malah memancing tindak kejahatan ga sih. Kan kan jadi tau abis ngambil duit berapa," tulis @LiadwiA_

"Kok serem sih,mending jangan transaksi disitu deh. Pindah ATM lebih aman," tulis @adispangartika

Ada pula warganet yang berusaha untuk menjelaskan kondisi tersebut karena banyak yang menyangka bahwa video di atas adalah hasil edit.

"Ini kayaknya ga mungkin editan — ATM BCA memang rata-rata ada 2 layar. Layar di depan si Mba biasa di bagian atas, berisi info tentang pecahan uang yang tersedia (50k/100k) dan apakah ATM tsb dapat menerima setoran. Layar di atas si Mba biasa di depan, itu layar transaksi," tulis @cathydjaya.