Sukses

8 Makanan yang Bisa Bantu Meredam Emosi, Bikin Lebih Tenang

Makanan yang dapat meredam emosi memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang dapat meredam emosi bisa kamu konsumsi saat kamu sedang tidak tenang. Memiliki kandungan nutrisi tertentu, saat kamu mengonsumsi makanan ini, seketika kamu akan menjadi lebih tenang dan relaks.

Menahan emosi memang bukan perkara mudah, apalagi setiap harinya kamu dihadapkan dengan berbagai masalah. Kamu bisa menerapkan berbagai cara mengendalikan emosi seperti meditasi, berolahraga, hingga mendengarkan musik. Makan makanan tertentu juga bisa kamu praktikkan.

Makanan yang dapat meredam emosi memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam berbagai makanan ini berperan dalam menenangkan pikiran dan menimbulkan rasa bahagia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/12/2020) tentang makanan yang dapat meredam emosi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pisang dan Yoghurt

Pisang

Salah satu makanan yang dapat meredam emosi adalah pisang. Pisang memiliki dopamin yang bisa meningkatkan suasana hati. Pisang dipercaya bisa meredakan emosi karena mengandung asam amino esensial. Selain itu, pisang juga bisa membantu memproduksi serotonin dalam otak yang akan membantu memperbaiki suasana hati kamu.

Tidak hanya itu, kandungan magnesiumnya diketahui dapat membuat mood jadi lebih baik.

Bahkan, buah kuning ini mengandung vitamin B dan kalium yang menenangkan tubuh serta pikiran. Mengonsumsinya secara rutin dapat meredam emosi kamu dengan sangat efektif.

Yoghurt

Makanan yang dapat meredam emosi selanjutnya adalah yoghurt. Tidak hanya membantu melancarkan pencernaan, yoghurt juga bisa meningkatkan kandungan serotonin dalam otak yang bisa menurunkan tingkat stress. Kandungan serotonin ini juga membuat kamu merasa lebih tenang. Cobalah konsumsi yoghurt berbagai rasa secara teratur agar kamu tidak bosan.

3 dari 5 halaman

Cokelat dan Salmon

Cokelat

Serotonin adalah zat penting dalam otak yang membantu menurunkan tingkat stres. Camilan lezat yang satu ini adalah sumber terbaik dari seretonin. Jadi, tidak hanya bikin ketagihan dengan rasanya yang enak, cokelat dapat membantu menurunkan tingkat stres dan rasa cemas berlebih.

Ketika melelehkan cokelat di dalam mulut, perasaan bahagia akan mulai kamu rasakan dan emosi pun dapat dilupakan.

Salmon

Sumber omega-3, yaitu ikan salmon juga dapat menjadi salah satu makanan yang dapat meredam emosi dan, meningkatkan suasana hati. Beberapa penelitian menunjukkan, mengonsumsi omega-3 secara rutin dapat mencegah dan meredakan depresi. Bukan itu saja, omega-3 juga berguna dalam mengurangi rasa mudah tersinggung. Kandungan omega-3 bahkan juga terbukti dapat meredakan stres dan menenangkan pikiran.

4 dari 5 halaman

Teh Hijau dan Kentang

Teh Hijau

Teh hijau kaya zat theanine, yakni antioksidan yang memproduksi dopamine dan serotonin, di mana kedua hormon tersebut dapat membantu meringankan pikiran. Senyawa ini juga mampu membuat pikiran jadi lebih tenang, serta meredakan stres. Jadi, kamu bisa mengonsumsi teh hijau secara teratur untuk kesehatan dan meredam emosi.

Kentang

Makanan yang dapat meredam emosi berikutnya adalah kentang. Kaya akan karbohidrat dan vitamin B, kentang sangat berguna dalam menurunkan tekanan darah dan stres. Vitamin B tersebut, juga bisa meningkatkan kadar serotonin, menciptakan rasa bahagia dan pikiran yang positif.

5 dari 5 halaman

Kacang Kenari dan Es Krim

Kacang Kenari

Kacang kenari merupakan salah satu makanan yang dapat meredam emosi karena kandungannya yang baik untuk tubuh. Kandungan omega-3, vitamin E, dan melatoninnya berperan dalam mengurangi stres. Selain itu, kacang kenari juga mengandung triptofan dan vitamin B6 yang bisa meningkatkan rasa bahagia hingga meredam amarah.

Es Krim

Kepala dan beberapa anggota tubuh lainnya terasa panas dan tidak nyaman saat kamu sedang emosi. Oleh sebab itu, es krim hadir dan siap mendinginkan pikiran kamu. Ketika rasa manis dari es krim mulai masuk ke dalam mulut, perasaan tenang dan dingin bisa kamu rasakan sehingga kamu bisa kembali lagi berpikir dengan jernih.

Es krim mengandung asam amino trytophan yang dapat menenangkan otak dan tentunya akan mengurangi tingkat stres.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini