Sukses

Perlukah Ganti Kata Sandi Instagram? Ketahui Alasan dan Langkahnya

Meski terdengar sepele, ganti kata sandi Instagram bisa mencegah akun penting lainnya ikut diretas.

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan teknologi dewasa ini memang tidak bisa dibendung. Begitu juga dengan perkembangan media sosial yang semakin hari semakin beragam fiturnya. Instagram salah satunya, di mana seiring waktu berubah menjadi aplikasi media sosial yang sangat populer, terutama bagi kaum milenial.

Sayang, kepopuleran Instagram juga tak luput dari berbagai risiko kejahatan siber. Penyalahgunaan Instagram untuk kepentingan tertentu sering terjadi. Salah satunya dengan peretasan akun Instagram. Peretasan ini dapat dengan mudah dilakukan apabila pemilik akun ceroboh dalam menjaga keamanan akun yang dimiliki. Oleh karena itu, penting untuk ganti kata sandi Instagram.

Maka tidak heran, apabila langkah ganti kata sandi Instagram menjadi jalan yang perlu dilakukan agar tidak terjadi peretasan. Meski terlihat sepele, namun ganti kata sandi Instagram dengan rutin bisa menekan risiko peretasan akun oleh orang tak bertanggung jawab.

Selain itu, ada beberapa alasan ganti kata sandi Instagram lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Rabu (2/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Mencegah Peretasan

Salah satu alasan ganti kata sandi Instagram yaitu menghindari risiko peretasan yang bisa dilakukan orang tidak bertanggung jawab. Jika sudah terlanjur diretas, maka mau tidak mau Anda harus merelakannya.

Peretas dapat mengubah foto profil serta mengganti alamat email akun Instagram milik Anda menjadi email acak. Bahkan sempat heboh ketika peretas dari Rusia mampu menerobos keamanan otentikasi dua faktor (two factor authentication) yang diklaim aman.

Tujuan peretasan memang berbeda-beda, ada yang bertujuan mengambil keuntungan dari akun milik seseorang (seperti akun dengan pengikut yang banyak), penggunaan akun untuk penipuan hingga digunakan sebagai bot untuk buzzer.

Maka dari itu, segera ganti kata sandi Instagram Anda dengan rutin agar terhindar dari risiko kehilangan akun.

3 dari 8 halaman

2. Menjaga Keamanan Akun

Apabila Anda rutin ganti kata sandi Instagram, maka hal tersebut akan menjaga kemanan dan kepemilikan akun Anda agar terhindar dari risiko hilang akibat diretas. Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, para peretas akan sulit masuk ke akun Instagram milik Anda jika kata sandi rutin diubah.

4 dari 8 halaman

3. Menghindari Akun Lain Diretas

Mungkin Anda salah satu orang yang gemar menggunakan kata sandi yang sama, baik untuk setiap akun media sosial atau akun penting lainnya seperti akun mobile banking. Hal tersebut sebenarnya sangat berbahaya dan segera ubah kebiasaan tersebut.

Bukan tanpa sebab, karena saat salah satu akun diretas, besar kemungkinan akun lainnya bisa diretas juga. Itulah mengapa, ganti kata sandi Instagram dan media sosial lainnya dan usahakan agar tidak sama satu dengan lainnya.

5 dari 8 halaman

4. Mencegah Kata Sandi Tersimpan di Perangkat Lain

Mungkin Anda tidak sadar jika sempat mengakses akun Instagram dari perangkat lain. Hal ini tentu berbahaya, sebab bisa saja akun Instagram Anda masih aktif diperangkat tersebut. Maka dari itu, dengan ganti kata sandi Instagram, setidaknya mencegah risiko akun dibuka oleh orang lain dengan perangkat yang pernah digunakan.

6 dari 8 halaman

5. Batasi Akses yang Diperoleh Logger Keystroke

Logger keystroke merupakan teknologi pengawasan yang tujuan penggunaannya untuk merekam penekanan tombol. Teknologi ini biasanya digunakan untuk mencuri kata sandi dari sebuah akun. Mengingat Instagram bisa juga diakses melalui PC, mungkin saja Anda pernah masuk ke akun Instagram dari warnet atau PC yang digunakan umum lainnya. Itulah mengapa segera ganti kata sandi Instagram Anda dengan yang baru.

7 dari 8 halaman

6. Latih Daya Ingat

Kemudian, alasan mengapa Anda perlu ganti kata sandi Instagram, sebenarnya ada manfaat yang bisa didapatkan. Dengan rajin mengubah kata sandi, setidaknya Anda akan lebih sering dipaksa mengingat dan hal tersebut bisa membantu proses peningkatan daya ingat agar lebih baik.

Tapi, apabila kombinasi kata sandi yang Anda gunakan sangat sulit, ada baiknya mencatatnya pada file khusus dan buat selalu salinannya di secarik kertas atau buku catatan.

8 dari 8 halaman

Cara Ganti Kata Sandi Instagram di iPhone dan Android

Sebenarnya cara ganti kata sandi Instagram cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

a. Buka Instagram.

b. Lakukan proses sign in.

c. Jika akun Instagram yang sudah terhubung dengan Facebook, tap tombol Log in with Facebook.

d. Tap ikon Profile yang ada di pojok kanan bawah layar untuk masuk ke profil Instagram.

e. Tap ikon tiga garis menumpuk di pojok kanan atas layar untuk membuka menu dan pilih Settings yang ada di bagian bawah layar.

f. Pilih Security dan tap pilihan Password dari daftar yang muncul.

g. Masukkan password yang saat ini digunakan dan password baru sebanyak 2 kali sebagai konfirmasi pada kotak yang disediakan.

h. Pilih tanda centang biru yang ada di kanan atas layar untuk mengganti password.

i. Setelah berhasil Anda akan di bawa kembali layar Security.

j. Selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini