Sukses

Akibat Menguap Terlalu Lebar dan Ketawa Ngakak, Pria Ini Alami Dislokasi Sendi Rahang

Liputan6.com, Jakarta Ketika ada sesuatu yang lucu dan mengocok perut, tentu respon alamiah manusia yakni tertawa. Sama halnya jika merasa mengantuk, maka respon alamiah yang dilakukan oleh tubuh tentunya menguap. Dua hal tersebut seringkali memicu rahang kita untuk terbuka lebar-lebar.

Ternyata membuka rahang terlalu lebar bisa jadi hal yang buruk. Seperti halnya yang dialami oleh pria paruh baya ini. Akibat terlalu sering menguap lebar dan ketawa ngakak, pria ini pun kesulitan mengatupkan kembali rahangnya.

Kondisi yang dialami oleh pria tersebut dijelaskan oleh dr. Helmiyadi Spesialis Ortopedi sebagai kondisi dislokasi sendi rahang. "Kami curigai pasien mengalami dislokasi dari sendi mandibula," ungkap Helmiyadi dilansir dari akun TikToknya pada Rabu (2/12/2020).

Seperti apakah kisahnya? Berikut selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (2/12/2020).

2 dari 3 halaman

Dislokasi Sendi Rahang

@dr.helmiyadi_spot

Penanganan dislokasi sendi rahang #ortopedi #sehatselalu #fyp #fypdongggggggg #fypシ #jangantakutkedokter

♬ original sound - david_bunjaj

Ketika menguap dan tertawa merupakan respon alami dari manusia, namun malang justru ditemui oleh pria berusia 45 tahun ini. Akibat terlalu sering tertawa ngakak dan menguap lebar, ia pun akhirnya kesulitan mengatupkan kembali rahangnya.

Dilansir dari akun TikTok Helmiyadi selaku dokter ortopedi yang menangani pria ini, dicurigai bahwa pria ini mengalami dislokasi di bagian sendi mandibula. Lantas, Helmiyadi pun berusaha mengembalikan kondisi rahang tersebut seperti semula.

Dalam video berdurasi singkat tersebut, nampak Helmiyadi menangani pasien tersebut dengan penuh seksama. Akhirnya, rahang dari pria paruh baya tersebut bisa kembali normal.

3 dari 3 halaman

Respon Warganet

Video yang dibagikan oleh Helmiyadi di akun TikToknya tersebut menuai beragam respon dari warganet. Tak sedikit pula warganet yang membagikan kisah pernah mengalami hal yang serupa.

"Pernah gini, untung sempat balik lagi," tulis akun @Kojiro Team Rocket

"Pernah juga dulu ada kenalan ceritanya sih dia masang gigi palsu di tukang gigi karena gak mingkem-mingkem, mangap terus eh pas udah selesai gak bisa mingkem," tulis akun @sunflower23

"Aku pernah nguap lebar banget terus habis itu nyeri di bagian telinga berhari-hari sampe susah makan, jadi guys hati-hati yaa," tulis akun @Rossalia