Sukses

10 Tanda Diet Berhasil, Tak Cuma Turun Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Menurunkan berat badan menjadi perjuangan sejumlah orang. Pola hidup sehat seperti makan sehat dan olahraga jadi kunci utama. Ketika diet berhasil, ada sejumlah tanda yang bisa dirasakan tubuh.

Tanda diet berhasil bisa dilihat tak hanya dari angka timbangan, namun juga perubahan lainnya. Diet yang berhasil juga tak hanya dinilai dari penurunan berat badan. Peningkatan kesehatan secara keseluruhan bisa menjadi tanda sebuah diet sukses dilakukan. 

Jika Anda sedang melakukan diet penurunan berat badan, perhatikan perubahan-perubahan yang dirasakan. Jika tanda yang ada mengarah ke perubahan positif, maka cara diet ini bisa dilanjutkan. Berikut tanda diet berhasil, dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Kamis(3/12/2020).

2 dari 6 halaman

Tanda diet penurunan berat badan berhasil

Tidak sering merasa lapar lagi

Jika Anda menurunkan berat badan karena mengubah pola makan dengan memasukkan lebih banyak protein dan lebih sedikit karbohidrat dan lemak, Anda mungkin menyadari bahwa Anda merasa kenyang lebih cepat.

Itu karena asam amino dalam protein makanan mengirimkan sinyal rasa kenyang ke otak. Sinyal itu tidak dikirim dengan mengonsumsi jumlah kalori yang sama dalam lemak atau karbohidrat.

Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa sinyal kepuasan atau rasa kenyang lebih kuat pada protein nabati dibandingkan dengan protein hewani.

Perubahan psikologis

Menurunkan berat badan dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis secara menyeluruh. Dalam sebuah studi tahun 2013, orang yang mencoba menurunkan berat badan melaporkan bahwa mereka merasakan lebih banyak vitalitas, lebih banyak pengendalian diri, lebih sedikit depresi, dan lebih sedikit kecemasan.

Perubahan ini tak segera muncul selama diet. Menurut studi tersebut, peserta baru mulai merasakan peningkatan psikologis di bulan ke 12 dalam proses penurunan berat badan.

3 dari 6 halaman

Tanda diet penurunan berat badan berhasil

Perubahan pada ukuran pakaian

Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda tidak perlu melompat untuk mengenakan jeans, bahkan sebelum melihat perbedaan besar pada skalanya. Ini dapat memotivasi untuk terus menjalankan proses penurunan berat badan.

Massa otot meningkat

Tanda penuruan berat badan berhasil adalah berkembangnya otot. Butuh waktu - biasanya berminggu-minggu atau berbulan-bulan - untuk membangun kekuatan dan melihat pertumbuhan otot. Seberapa cepat Anda melihat perubahan akan bergantung pada tubuh dan jenis olahraga yang dilakukan.

Jika ingin terus membangun otot saat menurunkan berat badan, para ahli merekomendasikan agar mendapatkan cukup protein dan melakukan latihan jenis resistensi.

4 dari 6 halaman

Tanda diet penurunan berat badan berhasil

Ukuran tubuh berubah

Ukuran pinggang yang mengecil adalah kabar baik bagi kesehatan secara keseluruhan. Para peneliti melacak 430 orang dalam program manajemen berat badan selama 2 tahun dan mencatat bahwa penurunan ukuran pinggang dikaitkan dengan hasil yang lebih baik dalam tekanan darah, gula darah, dan kolesterol.

Rasa nyeri kronis berkurang

Penurunan berat badan dapat membantu mengurangi rasa sakit, terutama di area tubuh yang menahan beban, seperti kaki bagian bawah dan punggung bawah.

Dalam sebuah studi tahun 2017, orang yang kehilangan setidaknya 10 persen dari berat badan mereka melihat peningkatan terbesar pada nyeri kronis di sekitar zona menahan beban.

Dalam studi lain, kehilangan 20 persen berat badan secara dramatis meningkatkan nyeri lutut dan peradangan pada orang dengan artritis.

5 dari 6 halaman

Tanda diet penurunan berat badan berhasil

Pencernaan lebih teratur

Diet dapat memengaruhi pola pergerakan usus. Menghilangkan daging dan menambahkan lebih banyak sayuran dan sayuran berdaun hijau ke dalam makanan dapat memperbaiki sembelit.

Namun, menambahkan lebih banyak protein hewani ke dalam makanan, dapat membuat beberapa orang lebih rentan mengalami sembelit. Jadi jika khawatir tentang perubahan dalam pergerakan usus, ada baiknya untuk berbicara dengan ahli gizi atau penyedia layanan kesehatan.

Tekanan darah stabil

Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan menurunkan berat badan dengan diet yang lebih sehat dan lebih banyak gerakan. Jika Anda menurunkan berat badan, Anda mengurangi ketegangan pada jantung dan mulai menormalkan tekanan darah.

Kelebihan berat badan dapat berdampak negatif pada tekanan darah. Ini membuat seseorang rentan terhadap stroke dan serangan jantung.

6 dari 6 halaman

Tanda diet penurunan berat badan berhasil

Kebiasaan mendengkur berkurang

Mendengkur memiliki hubungan yang rumit dengan berat badan. Para peneliti telah menemukan bahwa orang (terutama wanita) yang memiliki sindrom metabolik (pendahulu diabetes) memiliki kecenderungan mendengkur.

Faktanya, mendengkur dan sleep apnea bahkan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Oleh karena itu, penurunan berat badan seringkali menjadi salah satu terapi yang diincar oleh orang-orang yang mendengkur dan yang memiliki gangguan tidur. Kebiasaan mendengkur yang berkurang bisa jadi tanda diet berhasil dilakukan.

Suasana hati berubah

Membuat perubahan yang sehat pada kebiasaan makan dapat menghasilkan suasana hati yang lebih baik dan lebih banyak energi. Dalam sebuah studi tahun 2016, para peneliti menemukan bahwa diet beban glikemik tinggi.

Ini cenderung menyebabkan lonjakan gula darah, menyebabkan gejala depresi 38 persen lebih banyak dan 26 persen lebih banyak kelelahan.

Diet penurunan berat badan, dapat membantu memberi manfaat emosional dan psikologis dari kelebihan berat badan.