Sukses

8 Franchise Makanan yang Populer di Indonesia, Jadi Peluang Usaha Menarik

Liputan6.com, Jakarta Usaha franchise kian diminati para pebisnis pemula. Pasalnya, izin pendirian usaha jenis ini mudah dan tanpa diperlukan brainstorming ide bisnis dari awal. Dengan kata lain, franchise merupakan salah satu usaha yang cukup instan.

Franchise sendiri merupakan usaha turunan dari bentuk usaha yang sudah ada sebelumnya, kemudian dibangun dengan izin penemu usaha. Para pemilik modal cukup menyediakan dana serta lokasi, kemudian bisnis sudah bisa berdiri. 

Hendaknya, ketika akan mencoba usaha franchise, pilih produk dengan brand awareness tinggi yang sudah teruji di pasaran. Hal tersebut penting untuk dijadikan pertimbangan, apakah sebuah franchise layak dipilih atau tidak. Mengingat, pasar dari brand franchise tersebut sudah terbentuk.

Salah satu jenis franchise yang sangat populer yaitu franchise makanan. Jenis franchise makanan memang tidak ada matinya. Mengingat, pangan merupakan salah satu kebutuhan primer, di mana tiap orang pasti butuh makan dan minum tiap hari. Maka tidak heran, jika franchise makanan sangat populer, sebab bisnis ini digadang-gadang cepat mendatangkan laba.

Maka, apa saja franchise makanan yang dapat dikatakan jadi primadona masyarakat Indonesia? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja jenis franchise makanan yang paling laris di Indonesia, Kamis (3/12/2020).

2 dari 5 halaman

Franchise Makanan Takoyaki dan Jasuke

1. Franchise Takoyaki

Takoyaki merupakan salah satu makanan khas Jepang yang memang jadi favorit di tengah masyarakat sejak dulu hingga sekarang. Meski saat ini sudah sangat menjamur beragam jenis makanan dari Negeri Sakura, namun tidak melunturkan minat calon pengusaha untuk franchise makanan khas Jepang ini.

Sebenarnya, di Jepang sendiri, Takoyaki memang menjadi salah satu franchise makanan yang ditujukan untuk bisnis kecil dan ternyata mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di sana.

2. Franchise Jagung Susu Keju

Selain takoyaki, franchise makanan yang cukup populer di Indonesia adalah jagung susu keju (jasuke). Puncak kepopuleran dari franchise makanan ini ketika awal tahun 2000-an. Hingga sekarang, peminat produk makanan ini masih stabil, karena olahan jagung susu keju menjadi salah satu yang paling nikmat di antara olahan jagung lainnya.

3 dari 5 halaman

Franchise Makanan Kebab dan Ayam Goreng

3. Franchise Kebab

Selain kedua jenis franchise makanan di atas, franchise makanan khas Timur Tengah ini memang sangat menjanjikan. Kebab sudah tidak asing lagi di telinga dan lidah masyarakat Indonesia. Maka tidak heran, jika saat ini banyak ditemukan franchise kebab yang umumnya berupa gerobak di pinggir jalan. Bahkan penjual kebab saat ini menjamur hingga ke pelosok daerah.

4. Franchise Ayam Goreng

Mungkin, jenis franchise makanan ini salah satu yang paling laris di Indonesia. Pasalnya, dari Sabang hingga Merauke, beragam inovasi dikembangkan agar mendapatkan olahan daging ayam yang menarik perhatian calon konsumen.

Selain rasanya yang nikmat, ayam goreng menjadi salah satu makanan yang mudah dikonsumsi. Cukup hidangkan ayam goreng dengan nasi putih, maka perut kenyang hati pun senang. Mulai dari franchise makanan ayam goreng skala kecil yang hanya dengan gerobak, hingga franchise makanan ayam goreng skala besar dengan modal ratusan juta, dapat dijadkan pilihan yang menggiurkan dari segi bisnis.

4 dari 5 halaman

Franchise Makanan Martabak dan Burger

5. Franchise Martabak

Siapa yang tidak kenal martabak? Hampir di tiap pelosok daerah dengan mudah ditemui penjual martabak. Bahkan saat ini sangat banyak varian martabak yang dijajakan. Ada martabak telur hingga martabak manis dengan topping unik seperti green tea.

Selain itu, tidak dibutuhkan lahan luas untuk membuka gerai martabak. Umumnya, konsumen akan mengonsumsi martabak di rumah. Sehingga sangat menghemat sewa lahan ketika akan membuka gerai martabak.

6. Franchise Burger

Selain martabak dan ayam goreng, franchise makanan yang tak kalah banyak peminatnya di Indonesia yaitu franchise burger. Saat ini sudah banyak franchise burger di Indonesia. Mulai dari yang membutuhkan modal kecil hingga besar. Dari yang bentuknya gerai kecil sampai gerai dengan kapasitas puluhan pengunjung.

Burger, meski bukan jenis makanan asli dari Indonesia, tapi makanan ini sangat menggoda lidah. Tidak lain, karena adanya kombinasi nikmat antara roti dan daging dilengkapi dengan sayuran serta saus sambal yang memang menjadi makanan favorit banyak orang. Jadi tidak heran, peluang keberhasilan dari franchise burger sangat menjanjikan dan tak lekang oleh zaman.

5 dari 5 halaman

Franchise Makanan Churros dan Es Krim

7. Franchise Churros

Jenis makanan khas Spanyol ini mungkin sedikit asing bagi masyarakat Indonesia di beberapa daerah. Tapi, franchise makanan khas Spanyol ini sebenarnya sudah cukup booming beberapa tahun silam. Namun memang, gerai makanan ini lebih banyak di daerah perkotaan. 

8. Franchise Es Krim

Kemudian, franchise makanan yang terakhir adalah es krim. Franchise es krim mungkin satu dari sekian banyak franchise makanan terlaris di Indonesia yang layak untuk dicoba. Es krim menjadi jenis camilan favorit banyak orang, baik tua maupun muda. Bahkan sudah puluhan tahun lamanya, pesona es krim tidak luntur meski bergantinya zaman. Di Indonesia, sudah banyak gerai es krim dari yang kecil hingga skala besar.

Tapi, meski sangat beragam jenis franchise makanan di atas, hendaknya benar-benar diperhitungkan dari sisi budget dan tren pasar yang sedang berjalan. Pastikan juga franchise makanan tersebut memiliki merek atau brand yang sudah kuat di masyarakat.