Sukses

22 Tempat Wisata Alam Jogja Memesona, Punya Banyak Pilihan Tempat Indah

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata alam Jogja punya ragam variasi. Salah satu keistimewaan Jogja adalah pariwisatanya. Di kota ini ada banyak pilihan wisata, khususnya tempat wisata alam Jogja.

Ada banyak pilihan tempat wisata alam Jogja. Pilihan tempat wisata alam Jogja ini mulai dari pantai, pegunungan, gua, hingga kebun teh. Tempat wisata alam Jogja ini selalu menjadi destinasi favorit turis lokal maupun mancanegara. 

Di kota pelajar ini, kamu bisa menemukan sejumlah tempat wisata alam Jogja yang mudah dijangkau. Apa saja pilihan tempat wisata alam Jogja?

Simak daftar tempat wisata alam Jogja, yang berhasil Liputan6.com rangkum, Kamis(3/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat wisata alam Jogja: Bukit

Bukit Paralayang

Bukit Paralayang merupakan tempat wisata alam Jogja yang bisa dikunjungi untuk menikmati indahnya pantai Parangtritis dari ketinggian 900 mdpl. Bukit ini menjadi spot favorit menyaksikan matahari terbenam. Selain itu, di bukit ini terdapat fasilitas paralayang bagi kamu yang tertarik mencoba olahraga ekstrem ini.

Bukit Parang Endog

Tak jauh dari Bukit Paralayang, atau sekitar 3 km dari pantai Parangtritis, kamu bisa menemukan Bukit Parang Endog. Dari bukit ini kamu juga bisa menikmati indahnya jajaran pantai selatan di Jogja. Di bukit ini kamu juga bisa menemukan beberapa kafe yang siap menemanimu menikmati senja.

Bukit Pengilon

Tempat wisata alam Jogja ini berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Dulunya bukit Pengilon merupakan bagian dari Gunung Api Purba Batur. Kini Bukit Pengilon sebagai lokasi rekreasi untuk menikmati hijaunya bukit serta cantiknya jajaran pantai selatan dari ketinggian.

3 dari 7 halaman

Tempat wisata alam Jogja: Gua dan padang pasir

Gua Jomblang

Gua Jomblang berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Gua ini terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu.

Saat ini Gua Jomblang merupakan tempat konservasi tumbuhan purba dan dikembangkan menjadi tempat wisata minat khusus. Di sini sudah tersedia alat-alat keselamatan untuk menuruni dasar gua lengkap dengan pemandu profesional.

Gua Langse

Gua Langse berlokasi di Desa Giri Cahyo, Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. Gua ini terkenal sebagai tempat ziarah. Terutama malam Jumat Kliwon dan malam Selasa Kliwon. Kebanyakan para peziarah melakukan tirakat untuk bisa menemuk Ratu Kidul.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan tempat wisata alam Jogja yang sangat populer. Gumuk pasir ini termasuk istimewa karena terbentuk dari material Gunung Merapi yang mengalir melalui Sungai Opak dan Sungai Progo yang kemudian terbawa ombak dan mengendap di pantai.

Material yang mengendap kemudian mengering dan terbawa angin lalu terbang kedaratan sehingga mengalami proses Deposisi menjadi Gumuk Pasir. Gumuk Pasir biasanya jadi paket wisata bersama pantai Parangtritis dan pantai-pantai lainnya.

4 dari 7 halaman

Tempat wisata alam Jogja: Pantai

Pantai Glagah

Pantai Glagah terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pantai ini cukup menarik karena memiliki laguna yang indah. Selain dikenal dengan lagunanya, Pantai Glagah juga dikenal dengan tetrapod atau pemecah ombak. Di tengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

Lokasi tetrapod inilah yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Terutama saat ombak yang datang mengenai tetrapod-tetrapod tersebut.

Pantai Goa Cemara dan Pandansari

Masih di kawasan Bantul, pantai Goa Cemara juga merupakan pantai yang patut untuk Anda kunjungi. Disebut goa cemara karena terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan menuju pantai. Pohon-pohon cemara ini membentuk lengkungan laiknya gua.

Hanya bersebelahan dengan Goa Cemara, pantai Pandansari juga menawarkan panorama laut selatan dari menara mercusuar yang ada. Pantai ini juga memiliki agrowisata buah naga yang bisa menjadi alternatif jika Anda ingin sekalian membawa oleh-oleh buah naga.

Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan jajaran pantai Gunungkidul yang memiliki kesan eksotis. Di sini Anda dapat menemukan air terjun yang jatuh dari atas tebing pantai ini. Air Terjun Inilah yang membuat pantai Jogan memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini juga belum banyak dikenal wisatawan sehingga suasananya masih terbilang tenang dan asri.

Pantai Jungwok

Gunungkidul dikenal dengan pantai berpasir putih yang belum banyak terjamah wisatawan. Salah satu pantai di Gunungkidul yang memiliki pemandangan indah adalah pantai Jungwok. Pantai ini memiliki batu karang besar yang menambah keeksotisan pantai ini. Pantai Jungwok juga cocok bagi Anda yang ingin camping di pinggir pantai.

5 dari 7 halaman

Tempat wisata alam Jogja: hutan, tebing dan bekas lava

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo berlokasi di Mendit, Jangkaran, Kec. Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Di sini terdapat ekosistem bakau yang eksotis. Hutan Mangrove Kulon Progo masih berada dalam satu lokasi dengan Pantai Glagah Indah dan Pantai Trisik.

Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan perbukitan batuan breksi yang sebelumnya adalah tempat penambangan batuan alam. Penambangan di lokasi ini sudah ditutup sejak 2014 dan tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata. Tebing Breksi memiliki tebing putih yang indah yang sudah dipahat secara artistik. Dari tebing ini kamu juga bisa menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam.

Lava Bantal Jogja

Lava Bantal terbentuk karena lahar yang keluar dari gunung api bawah laut. Lahar panas yang berkontak langsung dengan air dingin menyebabkan mineralnya mengalami pembekuan yang membentuk geometri mirip tumpukan bantal. Sederet batuan berbentuk seperti bantal yang di tengahnya mengalir sungai menjadi destinasi alam yang unik di kota ini.

6 dari 7 halaman

Tempat wisata alam Jogja: air terjun

Curug Pulosari

Curug Pulosari merupakan air terjun yang tersembunyi di Desa Wisata Krebet,Kecamatan Pajangan, Bantul. Disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sepatu karena curug ini medannya cukup curam dan terjal. Curug Pulosari sejatinya merupakan air terjun yang airnya bersumber dari aliran air sungai alami di kawasan perbukitan.

Air Terjun Luweng Sampang, Gunungkidul

Air Terjun Luweng Sampang terletak di Jalan Juminahan, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunungkidul. Karakteristik batuan yang tersusun di air terjun ini membuat Air Terjun Luweng Sampang nampak seperti Grand Canyon mini.

Air Terjun Kembang Soka

Tak hanya pantai dan pegunungan, Jogja juga memiliki wisata alam berupa air terjun salah satunya adalah Air Terjun Kembang Soka. Berlokasi di Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Dinamai Kembang Soka karena di mana salah satu sumber mata airnya banyak tumbuh bunga soka di atasnya. Airnya begitu menyegarkan dengan perpaduan antara warna putih dan hijau toska. Air terjun ini merupakan hasil dari pertemuan tiga sumber air, yaitu mata air Kembang Soka (Toyotombo), mata air Tuk Jaran atau dapat diartikan sumber rezeki, dan juga mata air Kalimiri.

Air Terjun Tlogo Muncar

Tempat wisata alam Jogja satu ini berada di daerah Kaliurang tepatnya Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Sumber air terjun ini berasal dari lereng bukit Plawangan, Gunung Merapi. Kawasan di sekitar air terjun ini sangat sejuk dengan udara yang masih bersih.

7 dari 7 halaman

Tempat wisata alam Jogja: Pegunungan

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan menawarkan pemandangan yang bakal menyejukkan mata dan pikiran untuk Anda yang ingin melepas penat kehidupan. Kawasan ini kerap disebut sebagai negeri di atas awan. Bagaimana tidak, kebun buah magunan berada pada ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut.

Jika beruntung, di pagi hari Anda akan menemukan hamparan awan yang sangat indah membalut pegunungan Sewu. Dari kebun buah mangunan, ada dapat menikmati suasana perbukitan, lembah dan kelokan sungai.

Hutan Pinus Mangunan

Di Hutan Pinus Mangunan atau yang juga sering disebut Hutan Pinus Imogiri Anda dapat menikmati kesejukan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dengan suasana alam yang asri dan tenang.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit yang tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Di tempat ini ada banyak titik bagus untuk berfoto, seperti bangunan rumah Hobbit yang Instagramable.

Kalibiru

Kalibiru berjarak sekitar 40-45 kilometer dari pusat Kota Jogja, berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Di sini Anda dapat menemukan banyak spot foto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Cocok untuk para pemburu foto instagramable. Selain itu di Kalibiru Anda akan mendapati suasana dan udara yang sejuk dan tenang.

Puncak Becici

Puncak Becici merupakan salah satu tempat wisata alam Jogja yang terkenal. Puncak ini berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kawasan Puncak Becici banyak ditumbuhi pohon pinus. Dari puncak ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Jogja. Di sebelah utara kamu dapat melihat Candi Prambanan, bagian selatan terlihat garis lurus yang merupakan Pantai Selatan. Kamu juga dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro di sebelah utara.

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo adalah satu-satunya kebun teh yang berada di Yogyakarta. Lokasinya di Desa Wisata Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Kebun Teh Nglinggo merupakan hamparan perkebunan teh dengan luas sekitar 136 hektare di ketinggian 900-1000 mdpl. Kebun Teh Nglinggo juga dijadikan objek wisata untuk berburu sunset dan sunrise, lho.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini