Sukses

6 Cara Menghilangkan Noda Minyak pada Piring Plastik, Ampuh dan Praktis

Cara menghilangkan noda minyak pada piring plastik bisa menggunakan bahan-bahan dapur.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan noda minyak pada piring plastik sering kali menjadi masalah yang menyebalkan. Noda minyak pada piring plastik memang tidak bisa hanya dicuci dengan cara biasa. Noda membandel tersebut cenderung akan tetap tinggal di piring jika tidak dicuci dengan cara khusus.

Cara menghilangkan noda minyak pada piring plastik bisa menggunakan bahan-bahan dapur. Membersihkan peralatan makan yang terbuat dari plastik memang gampang-gampang susah, apalagi jika terkena noda minyak.

Tapi intinya adalah jika memang susah dibersihkan dengan sabun cuci piring biasa, cobalah untuk merendam peralatan makan plastik ke dalam bak yang berisi air panas (yang sudah diberi tambahan cuka atau baking soda) selama beberapa menit terlebih dahulu.

Cara ini juga bisa diterapkan pada peralatan atau wadah plastik lainnya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/12/2020) tentang cara menghilangkan noda minyak pada piring plastik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Noda Minyak pada Piring Plastik

Gunakan Baking Soda

Kamu perlu menyiapkan beberapa bahan, antara lain garpu, sabun cuci cair, baking soda, spons, dan lap. Cara menghilangkan noda minyak pada piring plastik ini pun cukup mudah.

Pertama, siapkan bak cuci yang sudah diisi air panas. Lalu, tuang 2 sendok makan sabun cuci cair dan baking soda ke dalam air. Bersihkan mangkok plastik dari sisa-sisa makanan dengan menggunakan garpu.

Setelah itu, rendam mangkok plastik ke dalam bak cuci dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, gosok-gosok mangkok tersebut dengan menggunakan spons. Bilas mangkok tersebut dengan air panas dan keringkan dengan lap bersih yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Rendam dengan Cuka

Cara menghilangkan noda minyak pada piring plastik selanjutnya adalah menggunakan cuka. Kamu perlu menyiapkan cuka, lap bersih, dan sabun cuci. Caranya juga sangat praktis. Setelah mengisi bak cuci dengan air panas, tuangkan dua gelas cuka ke dalam bak tersebut.

Masukkan mangkok plastik atau alat makan yang terbuat dari plastik ke dalam bak tersebut selama 15 menit. Kemudian, angkat mangkok yang sudah direndam tadi dan bersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring.

Bersihkan merata dan setelah dibilas, kemudian keringkan dengan menggunakan lap bersih yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Noda Minyak pada Piring Plastik

Rendam dengan Air Hangat

Merendam dengan air hangat juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan noda minyak pada piring plastik. Bahkan, merendam piring dengan air hangat ini juga perlu dilakukan dalam menerapkan cara-cara lainnya, baik menggunakan cuka ataupun baking soda.

Untuk menghilangkan noda minyak pada wadah plastik, rendam terlebih dahulu bagian wadah yang terkena noda dengan air hangat. Setelah itu, gosok perlahan dengan sikat gigi dan sabun cuci piring hingga bersih.

Gunakan Lemon

Cara menghilangkan noda minyak pada piring plastik selanjutnya adalah menggunakan lemon. Kandungan asam pada lemon dapat membantu menghilangkan noda dan bakteri. Cara menerapkannya juga sangat mudah, tinggal gosok wadah dengan air lemon dan biarkan selama satu sampai dua hari di bawah sinar matahari.

Mencucinya dengan lemon dan mengeringkannya di bawah sinar matahari akan menghilangkaan noda yang membandel dan membunuh bakteri yang menempel pada wadah plastik.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Noda Minyak pada Piring Plastik

Gunakan Hand Sanitizer

Kandungan alkohol di dalam hand sanitizer dapat membersihkan noda membandel yang menempel pada wadah plastik. Hal ini tentunya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan noda minyak pada piring plastik.

Caranya mudah saja, oleskan hand sanitizer pada area yang kotor lalu gosok hingga kotoran menghilang. Setelah itu cuci wadah dengan sabun hingga bersih.

Menggunakan Garam

Cara menghilangkan noda minyak pada piring plastik selanjutnya adalah dengan garam. Taburi garam pada piring yang berminyak lalu biarkan sebentar, kemudian cuci dengan sabun dan bilas hingga bersih.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan air hangat yang telah dicampur garam lalu bersihkan peralatan menggunakan kain yang dibasahi air garam tersebut. Ulangi proses sampai noda minyak benar-benar hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini