Sukses

Arti Surat Al-Kautsar Beserta Keutamaannya yang Perlu Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Arti surat Al-Kautsar perlu kamu ketahui sebagai salah satu surat pendek yang sering dibaca saat salat, setelah membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Kautsar hanya memiliki 3 ayat saja, maka dari itu disebut sebagai surat pendek.

Surat Al-Kautsar termasuk golongan surat Makiyah, yaitu surat yang diturunkan di Makkan kepada Nabi Muhammad SAW. Surat Al-Kautsar yang merupakan nama sungai di surga dan dapat pula diartikan nikmat yang banyak, diambil dari ayat pertama dari surat ini. Ada juga yang menyebut surat ini juga dinamakan surat An-Nahr, diambil dari ayat kedua.

Arti surat Al-Kautsar adalah nikmat yang berlimpah. Surat Al-Kautsar yang terdapat pada juz 30 bisa menjadi pilihan bagi imam saat salat berjamaah, baik fardhu maupun tarawih. Surat ini merupakan surat ke-108 dalam Al-Quran, dan terletak di antara surat Al-Ma’un dan surat Al-Kafirun.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/12/2020) tentang arti surat Al-Kautsar.

2 dari 5 halaman

Arti Surat Al-Kautsar

Arti surat Al-Kautsar beserta bacaannya bisa kamu hafalkan dan baca setiap hari. Arti surat Al-Kautsar adalah nikmat yang berlimpah yang juga merupakan nama sungai. Berikut arti surat Al-Kautsar beserta bacaannya:

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ

innaa a'tainaakal-kausar

Arti surat Al-Kautsar ayat 1:

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak."

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

fa salli lirabbika wan-har

Arti surat Al-Kautsar ayat 2:

"Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah."

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

inna syaani'aka huwal-abtar

Arti surat Al-Kautsar ayat 3:

"Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus."

3 dari 5 halaman

Asbabun Nuzul Diturunkannya Surat Al-Kautsar

Setelah memahami arti surat Al-Kautsar, kamu mungkin juuga perlu mengenali sebab diturunkannya surat ini. sImam Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu terkait asbabun nuzul surat Al Kautsar. Bahwa Rasulullah menundukkan kepalanya sejenak lalu beliau mengangkat kepalanya seraya tersenyum. Para sahabat bertanya, "Mengapa engkau tersenyum ya Rasulullah?"

Maka Rasulullah menjawab, "Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku suatu surat." Lalu beliau membaca Surat Al Kautsar. "Tahukah kalian apakah Al Kautsar itu?"

Mereka menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Al Kautsar adalah sebuah sungai (telaga) yang diberikan kepadaku oleh Tuhanku di dalam surga. Padanya terdapat kebaikan yang baik. Umatku kelak akan mendatanginya di hari kiamat. Jumlah wadah-wadah (bejana-bejana)nya sama dengan bilangan bintang-bintang. Diusir darinya seseorang hamba, maka aku berkata, "Ya Tuhanku, sesungguhnya dia dari umatku." Maka dikatakan, "Sesungguhnya kamu tidak mengetahui apa yang telah dibuat-buatnya sesudahmu"." (HR. Ahmad; shahih)

4 dari 5 halaman

Keutamaan Surat Al-Kautsar

Seorang Muslim yang senantiasa membaca surat Al-Kautsar setiap hari akan mendapatkan beberapa keutamaan. Keutamaan-keutamaan surat Al-Kautsar yaitu sebagai berikut.

Diberikan Nikmat oleh Allah SWT

Barangsiapa yang membaca surat Al-Kautsar maka akan ditambahkan nikmat hidup dan di akhiratnya kelak. Surat Al-Kautsar menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan nikmat yang banyak kepada Rasulullah SAW. Nikmat yang banyak itu di antaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga Al-Kautsar di surga kelak.

Surat Al-Kautsar memberikan arahan kepada Rasulullah untuk mensyukuri nikmat yang banyak dengan sholat dan qurban. Yakni salat yang ikhlas karena Allah SWT dan qurban yang dipersembahkan kepada-Nya semata.

Dengan membaca surat Al-Kautsar setiap hari maka surat tersebut dapat dijadikan alat untuk pembuka rezeki. Sehingga rezeki yang didapatkan dari Allah SWT akan bertambah.

Keluarga Menjadi Harmonis

Dengan membaca dan mengamalkannya setelah melaksanakan sholat tahajud bersama pasangan, maka surat Al-Kautsar dapat membantu membuat hubungan antara suami istri dan keluarganya menjadi lebih harmonis, sakinah, mawadah dan warohmah.

Alat Ikhtiar Penyembuh Penyakit

Surat Al-Kautsar dapat dijadikan sebagai alat ikhtiar untuk meminta kesembuhan dari segala macam penyakit kepada Allah. Dengan membaca surat Al-Kautsar saat akan minum, insya Allah ikhtiar yang dilakukan akan membuahkan hasil.

5 dari 5 halaman

Keutamaan Surat Al-Kautsar

Melunakkan Hati Seseorang

Dengan membaca surat Al-Kautsar sebanyak tiga kali, hati orang yang akan ditemui oleh seseorang yang membacanya maka akan melunakkan hati orang tersebut. Selain itu, bagi orang yang senantiasa membaca surat Al-Kautsar juga akan mendapatkan ketentraman dalam hati.

Membebaskan dari Kezaliman

Jika seorang Muslim sedang dizalimi orang lain kemudian ia membaca surat Al-Kautsar sebanyak 71 kali dengan hati yang ikhlas dan berserah diri kepada Allah SWT, maka ia akan terbebas dari kezaliman tersebut.

Membuka jalan untuk Terkabulnya Doa

Setiap manusia pasti memiliki suatu keinginan, sebagai seorang Muslim yang baik untuk mendapatkan sesuatu yang sedang diinginkan selain dengan berusaha juga harus diiringi doa. Dengan berdoa dan mengamalkan surat Al-Kautsar saat terjadinya hujan disertai rasa ikhlas dari dalam hati, insya Allah doa yang dipanjatkan akan ditunjukkan titik terangnya oleh Allah dengan dikabulkan doa-doanya.

Sebagai Alarm Bangun Tidur

Seorang Muslim yang memiliki kebiasaan bangun siang atau kesulitan untuk bangun pagi, maka dapat mengamalkan surat Al-Kautsar dengan membacanya sebanyak 7 kali sebelum tidur di malam hari. Maka insya Allah ia akan mudah terbangun di pagi hari, terutama untuk melakukan sholat subuh.