Sukses

8 Tips Olahraga di Musim Hujan Agar Tetap Aman, Perhatikan Kondisi Tubuh

Tips olahraga di musim hujan perlu kamu terapkan agar tetap aman dalam melaksanakannya.

Liputan6.com, Jakarta Tips olahraga di musim hujan mungkin sedikit berbeda dengan biasanya. Namun, musim hujan bukanlah alasan untuk kamu bermalas-malasan dalam berolahraga. Apalagi, saat musim hujan datang, berbagai alaasan seperti, takut kehujanan, becek, hingga dingin membuat kamu mager atau malas bergerak.

Padahal berolahraga secara rutin bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain fisik, kesehatan mental pun ikut terjaga. Oleh karena itu, kamu tidak boleh menghentikan kebiasaan olahraga di musim hujan agar tubuh tetap bugar.

Tips olahraga di musim hujan perlu kamu terapkan agar tetap aman dalam melaksanakannya. Berolahraga menjadi penting dilakukan karena saat musim hujan penyakit pun juga mudah menyerang. Jadi, kamu bisa menerapkan beberapa tips olahraga di musim hujan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/12/2020) tentang tips olahraga di musim hujan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips Olahraga di Musim Hujan

Olahraga Dalam Ruangan

Tips olahraga di musim hujan yang pertama adalah melakukan aktivitas di dalam ruangan. Walaupun di luar hujan hampir setiap hari, kamu tetap bisa berolahraga di dalam ruangan. Apalagi, sekarang ini makin banyak pilihan olahraga dalam ruangan yang seru. Kamu juga bisa pergi ke pusat kebugaran yang tentunya juga nyaman.

Namun, jika sedang benar-benar malas keluar, olahraga sederhana di rumah bisa kamu terapkan. Contohnya, melakukan olahraga kalistenik yang melibatkan beberapa gerakan dengan beban tubuh sendiri (push up, sit up, plank, lunges, dan squat). Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas olahraga yang ada di rumah, seperti treadmill, mengayuh sepeda statis, lompat tali, atau sekadar naik turun tangga.

Gunakan Pakaian yang Tepat

Menggunakan pakaian khusus atau pakaian yang tepat juga penting sebagai tips olahraga di musim hujan. Jika kamu memutuskan untuk olahraga di luar ruangan saat cuaca tidak hujan, memakai pakaian yang tepat perlu diterapkan agar kamu tidak kedinginan.

Misalnya, saat kamu jogging keliling kompleks lindungilah tubuh dari udara dingin dengan pakaian yang tepat. Tidak perlu pakaian yang tebal, cukup yang berbahan tipis, asalkan dapat menghangatkan tubuh. Bila perlu, gunakan pakaian yang memiliki penutup kepala.

Lalu, pastikan seluruh bagian tubuh kamu terlindung oleh pakaian untuk mencegah terjadinya hipotermia. Peralatan seperti topi, sarung tangan, dan kaus kaki bisa dipakai untuk melindungi tubuh.

3 dari 5 halaman

Tips Olahraga di Musim Hujan

Pemanasan Sebelum Olahraga Wajib Dilakukan

Pada prinsipnya, pemanasan harus dilakukan setiap kali memulai olahraga. Justru dengan udara dingin di musim hujan, pemanasan menjadi lebih penting untuk benar-benar “memanaskan” tubuh.

Sebaiknya kamu pemanasan di dalam ruangan terlebih dahulu selama 15 menit, sebelum berolahraga di luar ruangan. Pastikan juga melakukan gerakan peregangan untuk mencegah cedera.

Lakukan Pendinginan Setelah Olahraga

Untuk menutup kegiatan olahraga di musim hujan, kamu juga harus melakukan gerakan pendinginan. Pendinginan dapat menolong tubuh untuk lebih relaks secara bertahap. Lakukan pendinginan selama kurang lebih 10 menit. Sesuaikan pendinginan dengan jenis olahraga yang kamu lakukan.

4 dari 5 halaman

Tips Olahraga di Musim Hujan

Cukupi Asupan Cairan

Mencukupi asupan cairan tubuh sangat penting dalam olahraga. Meskipun udara dingin, tubuh tetap akan mengeluarkan keringat lebih banyak saat sedang berolahraga. Selama olahraga, cairan yang keluar dari tubuh melalui keringat harus digantikan.

Untuk itu, kamu harus memastikan bahwa asupan cairan yang dikonsumsi saat berolahraga memenuhi kebutuhan. Cara mudahnya, kamu dapat mengonsumsi air putih setiap 15 menit sekali.

Tetap Gunakan Sunblock

Tips olahraga di musim hujan untuk melindungi kulit adalah menggunakan sunblock. Walau cuaca cenderung mendung atau hujan, bukan berarti kulit tidak membutuhkan perlindungan.

Sunblock sebaiknya tetap digunakan saat berolahraga di luar ruangan agar kulit terlindung dari paparan sinar UV. Gunakan juga pelembap agar kulit tidak kering.

5 dari 5 halaman

Tips Olahraga di Musim Hujan

Ajak Teman

Untuk menghindari rasa malas, tips olahraga di musim hujan berikutnya adalah mencari teman. Ada kalanya rasa malas untuk berolahraga timbul begitu besar. Oleh karena itu, cobalah cari dukungan orang-orang terdekat untuk tetap menjalankan rutinitas olahraga. Kamu bisa mengajak pasangan, saudara, ataupun sahabat. Bila perlu, buatlah program olahraga bersama, disertai target yang bisa lebih memacu semangat.

Tetap Jalankan Olahraga Sesuai Jadwal

Jangan sampai musim hujan mengubah jadwal olahraga yang sudah kamu jalankan sebelumnya. Perlu kedisiplinan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari olahraga yang kamu terapkan.

Mengubah jadwal olahraga dapat memengaruhi ritme tubuh yang sudah dijalankan. Lakukan olahraga kadang di luar atau di dalam ruangan tergantung kondisi cuaca di luar rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.