Sukses

14 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami, Bikin Mulus Lagi

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bekas luka secara alami, sebenarnya ada banyak dan mudah sekali dilakukan di rumah. Meski membutuhkan waktu tidak sebentar dan ketelatenan, kulit mulus tetap bisa didapatkan.

Tentu memiliki bekas luka, bukan estetika yang baik untuk kulit. Bekas luka terbentuk karena proses alami protein tubuh untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh luka. 

Untuk itu, cara menghilangkan bekas luka secara alami ini patut dijadikan solusinya. Menggunakan bumbu dapur, tanaman herbal, rempah, dan susu. Bahan ini aman digunakan dan mudah ditemukan.

Bahan yang digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka secara alami memiliki peran yang sangat baik untuk kulit. Mempercepat regenerasi, menjaga elastisitas, kelembapan, mencegah infeksi, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan bekas luka secara alami dari berbagai sumber, Jumat (4/12/2020).

2 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Susu

Susu murni bisa dipakai sebagai untuk menghilangkan bekas luka melepuh secara alami. Hal ini dipengaruhi oleh sifat alaminya yang menenangkan kulit. Sifat ini bisa sekaligus menenangkan kulit dan menghilangkan bekas luka melepuh.

Caranya, campurkan 2 sendok makan susu murni. Kemudian tambahkan 1 sendok teh air perasan kunyit. Oleskan pada bagian yang mengalami luka bakar. Pijat dengan lembut selama beberapa menit dan biarkan selama 5 menit.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka menghitam di kaki secara alami. Hal tersebut terjadi karena kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA).

Kandungan dalam jeruk nipis ini mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.

Cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan jeruk nipis sangat mudah. Belah buah jeruk menjadi dua bagian. Oleskan pada kulit secara merata. Diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih.

Bawang Merah

Bawang merah dikenal memiliki kandungan sulfur dan quercetin. Keduanya dipercaya dapat membantu menghilangkan bekas luka bakar atau melepuh. Caranya, kupas bawang merah yang di haluskan kemudian campur dengan 1 sdt minyak lavender.

Campuran ini memadukan kandungan sulfur, quercetin, dan sifat antiseptik. Ketiga kandungan ini berasal dari perpaduan bawang merah dan minyak lavender. Tak heran jika cara menghilangkan bekas luka melepuh ini cukup ampuh dan patut diandalkan.

3 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Mentimun

Mentimun bisa untuk menghilangkan bekas luka menghitam secara alami. Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting dan dapat diterapkan pada kaki serta tangan.

Cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan mentimun sangat praktis. Iris mentimun tipis-tipis. Tempelkan pada seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit. Basuh dengan menggunakan air bersih.

Madu

Madu murni dipercaya kaya khasiat untuk kesehatan kulit. Salah satunya bisa diandalkan untuk menghilangkan bekas luka melepuh secara alami.

Madu dapat membantu dalam mengobati infeksi yang disebabkan oleh luka bakar, bahkan membantu memudarkan bekas luka bakar hingga delapan puluh persen karena madu mempunyai sifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Caranya, cukup dengan mencampurkan madu dengan sedikit kunyit yang telah dihaluskan. Setelahnya oleskan pada bekas luka bakar atau melepuh. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

4 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal sebagai tanaman yang mempunyai sifat anti-inflamasi.  Lidah buaya juga memiliki sifat mendinginkan bekas luka. Sehingga lidah buaya cocok untuk meringankan dan menenangkan kulit.

Utamanya untuk bekas luka yang terkena iritasi akibat luka bakar atau melepuh. Hanya perlu memanfaatkan lendir lidah buayanya saja.

Cara menghilangkan bekas luka melepuh ini di mulai dari mengupas kulit lidah buaya. Kemudian oleskan secara langsung pada bagian kulit yang terluka.

Yoghurt

Yoghurt adalah hasil fermentasi susu murni. Jika tak mendapat susu murni, yoghurt bisa dijadikan gantinya. Yoghurt ini bisa diandalkan untuk menghilangkan bekas luka melepuh.

Manfaat yoghurt akan lebih maksimal apabila dicampurkan dengan tomat dan putih telur. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan tomat yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan putih telur dan yoghurt ke dalam mangkuk.

5 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Minyak Wijen

Minyak wijen bisa dipakai untuk menghilangkan bekas luka melepuh. Hal ini dipengaruhi oleh sifatnya yang dapat melembapkan kulit. Termasuk dapat menyerap rasa panas pada kulit akibat luka bakar.

Bukan hanya itu, minyak wijen juga dapat mencegah timbulnya bekas noda kehitaman setelah luka bakar atau lepuhan sembuh. Caranya tetes dan oleskan minyak wijen langsung pada bagian luka.

Kentang

Kentang memang banyak dikenal sebagai bahan alami yang mampu memudarkan bekas luka melepuh. Kentang juga mampu mengeluarkan panas dari dalam tubuh sehingga pas dan sangat baik digunakan untuk mengatasi luka bakar.

Cara menghilangkan bekas luka melepuh ini dengan merebus 1 buah kentang, kupas kulitnya hingga bersih. Kemudian potong menjadi dua bagian, lalu gosokkan kentang pada bagian luka atau bekas luka. Lalu berikan pijatan lembut selama 5-10 menit lalu bersihkan dengan air.

6 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Tomat

Tomat yang memiliki rasa asam, memiliki khasiat untuk menyejukkan kulit. Tomat banyak mengandung vitamin A, C, E dan K yang sangat berguna untuk proses penyembuhan luka. Selain itu, tomat dapat membantu mencerahkan warna kulit di area yang mengalami luka bakar atau melepuh.

Cara menghilangkan bekas luka melepuh dengan mencampur 1 sdm tomat, 1 sdm yoghurt, dan 1 sdm putih telur. Aduk semua bahan sampai menjadi pasta halus.

Oleskan pada area bekas luka bakar, kemudian pijat dengan lembut menggunakan jari-jari. Biarkan selama 15 menit. Setelah itu cuci dengan air dingin. Ulangi perawatan ini dua kali sehari untuk hasil yang signifikan.

Minyak Lavender

Minyak esensial seperti minyak lavender pun bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka melepuh. Manfaat ini berasal dari sifat antiseptik yang dimilikinya.

Minyak lavender dapat mengurangi rasa sakit pada luka bakar. Begitu juga dapat meminimalisir jaringan parut yang terbentuk pada kulit. Terutama bagi kulit yang melepuh.

Caranya, campurkan minyak lavender dengan minyak lain seperti minyak zaitun atau baby oil. Kemudian oleskan campuran minyak tersebut pada bekas luka bakar.

7 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Kunyit

Kunyit dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang efektif untuk membantu mengobati bekas luka melepuh. Cara menghilangkan bekas luka melepuh bisa dengan memadukan bubuk kunyit dengan madu. Kemudian dioleskan pada bekas luka bakar.

Bisa juga menggunakan campuran susu yang memiliki sifat menenangkan kulit. Terutama yang teriritasi dan ampuh hilangkan bekasnya. Campur 2 sdm susu murni dan 1 sendok the perasan kunyit, aduk hingga rata.

Ambil kapas atau korek kuping, kemudian celupkan ke dalam campuran kunyit dan susu. Oleskan pada bagian yang mengalami luka bakar.

Pijat dengan lembut selama beberapa menit dan biarkan selama 5 menit lagi. Cuci bersih dengan air atau bersihkan dengan handuk basah. Ulangi perawatan ini dua kali sehari untuk hasil yang diinginkan.

Teh Hijau

Cara menghilangkan bekas luka menghitam secara alami bisa dengan teh hijau. Kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) atau katekin.

Zat yang bersifat antioksidan, antibakteri sekaligus antiinflamasi pada teh hijau terbukti dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan teh hijau sangat mudah. Gunakan ampas teh hijau. Gosokkan pada bekas luka. Lakukan rutin setiap hari, maka bekas luka di kaki segera menghilang.

Air Kelapa

Vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka di kulit. Menggunakan air kelapa untuk membasuh bekas luka yang hitam, ternyata cukup manjur sebagai cara menghilangkan bekas luka menghitam.

Cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan air kelapa sangat praktis. Hanya perlu menyiapkan air kelapa secukupnya. Lalu gunakan air kelapa untuk membasuh bekas luka. Biarkan beberapa saat. Terakhir bilas dengan air bersih.