Sukses

12 Makanan Khas Surabaya yang Unik dan Menggugah Selera

Liputan6.com, Jakarta Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang letaknya berada Jawa Timur. Sebagai salah satu kota besar, keberagaman budaya masyarakat di dalamnya turut berpengaruh terhadap aneka macam makanan khas Surabaya. Tidak heran, jika kota ini sering dijadikan tujuan destinasi wisata terutama bagi pecinta kuliner.

Mencicipi aneka makanan khas Surabaya wajib tentunya, terutama saat mengunjungi Kota Pahlawan ini. Pasalnya, tidak mudah mendapatkan beberapa jenis makanan khas Surabaya di daerah lain. Meskipun ada, tentu rasanya tidak akan otentik seperti di lokasi aslinya.

Nah, jadi apa saja ragam makanan khas Surabaya? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber makanan khas Surabaya tersebut dan pastinya membuat lidah bergoyang, Jumat (4/12/2020).

2 dari 7 halaman

Rujak Cingur dan Sate Klopo Ondomohen

1. Rujak Cingur

Makanan khas Surabaya yang pertama adalah rujak cingur. Makanan ini menjadi salah satu menu khas Jawa Timur yang sudah terkenal seantero negeri. Rujak cingur terdiri dari potongan cingur atau hidung sapi yang sudah melalui proses perebusan lama sehingga empuk dan kenyal.

Kemudian, cingur tersebut akan dicampur dengan sayur rebus dan irisan lontong. Rujak cingur umum disajikan dengan campuran bumbu kacang dan petis khas Jawa Timur yang semakin menggugah selera.

Pedagang rujak cingur sangat banyak bertebaran di Kota Surabaya. Jadi, tidak perlu bingung apabila gagal mencicipinya di sela liburan.

 

2. Sate Klopo Ondomohen

Ketika berkunjung ke Kota Surabaya jangan lupa mencicipi lezatnya Sate Klopo Ondomohen yang populer dan sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Sate Klopo adalah salah satu makanan khas Surabaya yang terletak di Jalan Walikota Mustajab yang dulunya disebut dengan Jalan Ondomohen.

Jadi, jangan heran apabila di sepanjang jalan tersebut akan ditemui beberapa pilihan kedai yang menawarkan menu sate klopo. Sate Klopo dibuat dari daging berlumur parutan kelapa dan bumbu sebelum dibakar. Tidak heran jika sate ini jadi lebih gurih dan empuk.

3 dari 7 halaman

Rawon Kalkulator dan Sate Lisidu

3. Rawon Kalkulator Taman Bungkul

Apabila mampir ke Taman Bungkul, wajib untuk mengunjungi salah satu warung tenda yang menyajikan makanan khas Surabaya, yaitu rawon.

Nama tempat ini sangat unik. Asal-usulnya, karena si penjual dapat menghitung cepat total harga makanan yang dipesan layaknya kalkulator yang bisa bekerja dalam hitungan detik saja.

 

4. Sate Lisidu

Salah satu makanan khas Surabaya yang berupa sate adalah Sate Lisidu. Sate ini sate terbuat dari ayam kampung dan dibentuk pipih. Bentuk pipih ini membuat bumbu kacang lumuran bumbu kacang semakin meresap ke dalam daging dan membuat rasa satenya lebih sedap.

Cara pengipasan saat membakar sate juga tidak sembarangan. Pengipasan dilakukan dari atas sampai bawah sehingga sisa arang tidak menempel di sate.

4 dari 7 halaman

Sate Karak dan Tahu Tek

5. Sate Karak

Selain Sate Lisidu, ada juga makanan khas Surabaya yaitu Sate Karak. Sate ini sudah jarang ditemui di Surabaya. Sate Karak adalah sate yang terbuat dari usus kemudian disajikan dengan karak, semacam ketan hitam. Kemudian, hidangan ini ditaburi parutan kelapa yang membuat rasanya semakin unik. Jika penasaran rasanya, pedagang sate ini masih banyak di daerah Ampel.

 

6. Tahu Tek

Tahu Tek adalah makanan khas Surabaya yang dahulu dijual dengan gerobak dorong. Nama Tahu Tek berasal dari bunyi “tek” ketika penjual memakai alat masak untuk menggoreng tahu atau memotong bahan. Tahu Tek umum disajikan dengan irisan lontong, kentang, telur goreng, serta tahu goreng. Agar semakin nikmat, tahu tek akan disiram bumbu petis, kecambah, serta dilengkapi kerupuk udang yang diuleg bersama kacang tanah.

5 dari 7 halaman

Lontong Kupang dan Lontong Balap

7. Lontong Kupang

Lontong Kupang juga salah satu makanan khas Surabaya yang wajib dicoba. Kupang sendiri adalah sejenis kerang kecil-kecil yang direbus kemudian diberi siraman kuah kaldu gurih bersama perasan jeruk nipis dan sambal petis. Maka jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi rasa nikmat dari makanan khas Surabaya ini.

 

8. Lontong Balap

Kabarnya, asal-usul nama Lontong Balap berasal dari para penjualnya yang selalu berlari ketika memikul dagangannya yang berat hingga terlihat seperti sedang balapan. Lontong Balap sendiri adalah salah satu makanan khas Surabaya yang menghidangkan tahu goreng, lentho atau perkedel kacang hijau, rebusan taoge, kemudian disiram dengan kuah manis dan gurih. Rasa dari Lontong Balap semakin mantap saat dinikmati dengan sambal petis.

6 dari 7 halaman

Pecel Semanggi dan Nasi Cumi

9. Pecel Semanggi Suroboyo

Makanan khas Surabaya ini menghidangkan kukusan semanggi, sejenis tanaman paku yaitu clover kemudian dicampur dengan daun papaya serta tauge lalu disiram bumbu kacang yang gurih, manis, juga pedas.

Pecel Semanggi bisa dijumpai sekitar kawasan Masjid Al Akbar dan di Area Taman Bungkul. Pecel Semanggi umum dijajakan ibu-ibu yang duduk di pinggir jalan sejak pagi hingga sore.

 

10. Nasi Cumi Jalan Waspada

Makanan khas Surabaya ini sangat terkenal. Warung Nasi Cumi ini terletak di depan Pasar Atom di Jalan Waspada. Ada pilihan menu, yaitu Nasi Cumi Peyek, Nasi Cumi Campur, dan Nasi Cumi Komplit yang masing-masing menggunakan masakan cumi hitam khas Madura. Nasi Cumi buka selama 24 jam dan salah satu menu paling laris yaitu Nasi Cumi Komplit dengan isi cumi masak tinta, mie goreng, babat usus dan paru goreng, yang dilengkapi dengan sebutir telur dan tahu, serta gorengan peyek udang.

7 dari 7 halaman

Es Krim dan Soto Ayam Ambengan

11. Es Krim Zangrandi

Outlet Es Krim Zangrandi terletak di Jalan Yos Sudarso, Embong Kaliasin dan berdekatan dengan Balai Pemuda serta Balai Kota Surabaya. Es Krim Zangrandi adalah outlet es krim favorit warga Surabaya yang berdiri sejak tahun 1933. Salah satu menu legendarisnya adalah Banana Split dan aneka rasa es krim yang dibuat dengan resep turun temurun.

 

12. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi

Soto ini sangat khas dengan kuah kental dan kaya rasa. Menu di sini yaitu Soto Daging dan Soto Ayam. Soto Ambengan Pak Sadi terletak di Jalan Ambengan, Ketabang, Genteng, Surabaya. Meski lokasinya cukup tersembunyi, tapi jangan heran jika outlet soto ini sangat ramai.