Sukses

Alogaritma adalah Penyelesai Masalah yang Logis, Pahami Fungsi Sebenarnya

Penjelasan singkat mengenai alogaritma, lengkap fungsi dan pengertian menurut para ahli.

Liputan6.com, Jakarta Istilah alogaritma rasanya sudah biasa dalam hitungan matematika. Siapa sangka, ternyata alogaritma berhubungan erat dengan pemrograman yang booming pada zaman sekarang. Dalam hal ini, makna alogaritma adalah bagian dari pemecahan masalah dengan logika.

Bukan tidak ada hubungannya dengan matematika. Alogaritma adalah penyelesai masalah dengan logika yang mengandalkan perhitungan matematika. Itu artinya, segala pemrograman yang dilakukan gawai atau komputer berdasarkan perhitungan matematika. 

Hal inilah yang menjadikan alogaritma marak dijadikan senjata ketika ada masalah yang menimpa dalam suatu program. Alogaritma adalah pemapar yang baik mengenai kondisi awal, deskripsi langkah, dan output penyelesaian masalah.

Berikut Liputan6.com ulas alogaritma adalah penyelesai masalah yang logis dari berbagai sumber, Jumat (4/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sejarah Alogaritma

Alogaritma berasal dari kata “algorist” yang memiliki makna menghitung dan memanfaatkan angka arab. Itu artinya perhitungan dilakukan dengan angka-angka arab.

Banyak ahli yang sudah mencari tahu asal mula kata dan arti alogaritma. Kebanyakan tidak menemukan hasil pemaknaan yang tepat dan tidak memuaskan.

Sebagian dari mereka ada yang mengatakan alogaritma berasal dari nama penulis buku dari Arab. Namanya Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al Khuwarismi.

Hal ini membuat orang-orang Barat memaknai Al Khuwarismi sebagai Algorism. Pada akhirnya buku yang ditulis olehnya dijadikan sebagai patokan alogaritma orang Barat, Al Jabar Wal Muqabala.

3 dari 6 halaman

Alogaritma Menurut Ahli

Seymour Lipschutz, Ph.D dan Marc Lipson, Ph.D.

Algoritma adalah suatu daftar langkah demi langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.

David Bolton

Algoritma adalah deskripsi dari suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.

Andrey Andreyvich Markov

Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.

Stone dan Knuth

Algoritma adalah suatu seperangkat aturan yang tepat mendefinisikan urutan operasi hingga sedemikian rupa sehingga setiap aturan yang efektif, jelas hingga sedemikian rupa sehingga urutan berakhir dalam waktu yang terbatas.

Minsky

Algoritma adalah seperangkat aturan yang memberitahukan kepada kita dari waktu ke waktu, tepaynya bagaimana untuk bertindak.

Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi

Definisi algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan.

KBBI “Kamus Besar Bahasa Indonesia”

Algoritma adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas dan urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.

Goodman Hedet Niemi

Algoritma adalah urutan terbatas dari operasi-operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memori dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.

Donald E. Knuth

Algoritma adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.

Rinaldi Munir

Algoritma adalah sebuah bentuka urutan langkah logis yang akan membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah yang sedang dijalaninya.

4 dari 6 halaman

Alogaritma

Alogaritma adalah penyelesai masalah yang logis. Logis maksudnya berdasar pada perhitungan pasti dan langkah yang tidak akan gagal. Tidak hanya bisa diterapkan pada ilmu matematika.

Alogaritma berguna di segala macam bidang dan lini kehidupan. Saat ini, alogaritma adalah bagian terpenting dalam proses pemrogaman. Terutama untuk memecahkan suatu masalah dan langkah yang tepat untuk mencapainya.

Alogaritma saat ini sangat dibutuhkan. Manusia tidak lagi menulis program untuk pemrograman. Melainkan menyelesaikan masalah yang akan diprogram dengan desain sebagai pemecahannya.

Desain inilah yang nantinya akan menjalankan pemrograman sebagai solusi. Desain pemrograman dengan alogaritma adalah berisi cara berpikir dan urutan langkah yang harus dilakukan agar bisa mencapainya.

Bisa pula dikatakan, alogaritma adalah sebuah langkah perhitungan, penalaran otomatis, dan pemrosesan data. Sebelum menyelesaikan suatu masalah, alogaritma akan memaparkan kondisi awal, eksekusi yang harus dilakukan, dan hasil.

5 dari 6 halaman

Perbedaan Alogaritma dan Program

Jika menilik dari pengertian alogaritma, sekilas mirip dengan program. Padahal keduanya berbeda. Alogaritma adalah bentuk tahapan dan metode sistematis dalam program. Sementara program adalah deretan pernyataan komputer.

Program lebih mengarah pada bahasa pemrograman. Formulanya, program = alogaritma + bahasa struktur data. Dapat ditarik kesimpulan, alogaritma dan struktur data adalah bagian dari program. Mereka bisa berdiri sendiri, tetapi tidak bisa saling dipisahkan untuk menyelesaikan permasalahan.

Alogaritma dapat dipelajari melalui teks. Teks inilah yang akan membuat sebuah program bisa menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Akan ada sebuah deskripsi dalam notasi untuk dimengerti dan dipahami. Notasi ini berupa notasi algoritmik dan notasi bahasa pemrograman.

6 dari 6 halaman

Fungsi Alogaritma

Alogaritma memiliki fungsi memecahkan suatu masalah. Tepatnya mengonversikan permasalahan ke bahasa pemrograman. Bisa dikatakan, alogaritma merupakan hasil pemikiran yang terkonsep. Pikiran ini yang nantinya akan dilakukan oleh komputer untuk menyelesaikan masalah melalui bahasa pemrograman.

Biasanya, penggunaan alogaritma adalah memecahkan permasalahan yang sulit dan rumit. Alogaritma membuat permasalahan rumit lebih terkonsep pemecahannya dan mudah diselesaikan dengan logika.

Selain memecahkan suatu masalah, alogaritma juga bisa meminimalisir kesalahan. Tentu saja ini kelebihan dan memudahkan kerja pemrograman. Penerapannya sangat berdampak pada aneka macam program yang diulang-ulang.

Istimewanya lagi, pemecahan masalah yang dilakukan alogaritma melalui pemrograman sangat runtut. Runtut dalam arti logis, terstruktur, dan mudah dipahami. Tingkat keberhasilan masalah bisa diselesaikan dengan prediksi alogaritma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.