Sukses

9 Cara Mencerahkan Paha Bagian dalam yang Menghitam dengan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Cara mencerahkan paha bagian dalam yang menghitam bisa menggunakan bahan alami. Beberapa area lipatan kulit tubuh memang cenderung menghitam, paha bagian dalam juga termasuk. Hal ini tentunya bisa membuat kamu tidak percaya diri dengan penampilan kamu.

Hal ini biasanya terjadi karena gesekan pakaian yang ketat atau paparan sinar matahari, yang memicu kulit paha bagian dalam jadi menghitam. Tidak heran banyak orang yang merasa cemas saat mengalaminya karena takut tidak bisa hilang.

Cara mencerahkan paha bagian dalam yang menghitam bisa kamu terapkan secara rutin. Asalkan kamu bisa melakukannya secara teratur, paha bagian dalam yang menghitam akan segera hilang dan kamu akan tampil lebih percaya diri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/12/2020) tentang cara mencerahkan paha bagian dalam yang menghitam.

2 dari 5 halaman

Baking Soda dan Scrub Gula

Menggunakan Baking Soda

Cara mencerahkan paha bagian dalam yang menghitam bisa menggunakan baking soda. Paha hitam akan diputihkan menggunakan baking soda dengan cara eksfoliasi. Beberapa orang ada yang menggunakan bahan dapur ini seperti campuran masker.

Caranya, campurkan dua sendok teh baking soda dengan sedikit air hangat hingga teksturnya menjadi seperti pasta. Setelahnya, aplikasikan campuran baking soda tersebut ke kulit paha bagian dalam, lalu pijat perlahan.

Setelah dipijat, langsung bilas bersih, keringkan, lalu oleskan pelembap supaya kulit tidak kering. Lakukan metode ini seminggu sekali. Namun, penggunaannya harus hati-hati, karena penggunaan terlalu kasar dapat mengiritasi kulit pada sebagian orang.

Pakai Scrub Gula

Salah satu cara mencerahkan paha bagian dalam yang menghitam termudah adalah dengan menggunakan scrub gula. Gula merupakan bahan eksfoliasi alami yang berfungsi untuk mengelupas sel mati.

Scrub ini bekerja efektif untuk mencerahkan kulit apabila dicampurkan dengan perasan lemon dan madu. Untuk hasil maksimal, gunakan scrub secara teratur.

3 dari 5 halaman

Gel Lidah Buaya dan Kentang

Gel Lidah Buaya

Cara mencerahkan paha bagian dalam yang menghitam selanjutnya adalah dengan gel lidah buaya. Gel lidah buaya kaya akan mineral, seperti zat besi, magnesium, selenium, enzim, dan vitamin B2, B6, E dan C. Lidah buaya alias aloe vera berkhasiat sebagai antiinflamasi (peradangan), antijamur, antibakteri, dan membantu proses regenerasi sel.

Sehingga, mengoleskan lidah buaya juga dapat mempercepat pergantian sel kulit mati. Tak hanya itu, lidah buaya mengandung zat aloin yang dipercaya dapat mencerahkan kulit. Setelah dioleskan dan terserap sempurna, kamu tak perlu membilasnya lagi.

Kentang

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan sebagai cara mencerahkan paha bagian dalam yang menghitam adalah kentang. Menggosokan kentang dapat memudarkan bintik hitam di kulit.  Sebab, kentang mengandung enzim katekolase yang berperan untuk mencerahkan kulit. Kamu dapat memotong dan langsung menggosokkan kentang ke kulit selama 15 menit.

4 dari 5 halaman

Jus Timun, Kulit Jeruk, dan Kacang Almond

Jus Timun

Timun memiliki kandungan alami untuk membantu memutihkan kulit. Timun juga diketahui bermanfaat untuk membantu membersihkan kotoran dan sel kulit mati.

Cara mencerahkan paha bagian dalam yang menghitam dengan timun adalah, pertama-tama olah dulu timun menjadi jus buah segar. Selanjutnya, gosok jus timun di paha secara perlahan selama 10 menit. Kamu dapat mengulanginya sampai dua kali dalam sehari.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk memiliki kandungan yang bersifat eksfoliasi dan bleaching (memutihkan). Parutlah kulit jeruk sampai menjadi bubuk, lalu tambahkan madu dan air hingga menjadi pasta yang kental.

Oleskan campuran kulit jeruk tersebut ke paha bagian dalam yang menghitam dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, kamu dapat membilas paha dengan air dingin.

Kacang Almond

Kacang almond kaya akan vitamin E yang dapat membantu mencerahkan, melembapkan kulit, serta memperbaiki kulit rusak. kamu dapat mencerahkan paha bagian dalam menggunakan scrub berbahan dasar kacang almond.

Caranya, hancurkan kacang almond, lalu campurkan dengan madu dan susu. Oleskan scrub tersebut ke lipatan paha bagian dalam dan tunggu beberapa menit. Setelah itu kamu dapat membilasnya dengan air dan sabun. Agar lebih efektif, ulangi hingga tiga kali dalam seminggu.

5 dari 5 halaman

Campuran Yoghurt dan Oatmeal Koloid Serta Minyak Kelapa dan Air Lemon

Campuran Yoghurt dan Oatmeal Koloid

Cara mencerahkan paha bagian dalam yang menghitam selanjutnya adalah dengan campuran yoghurt dan oatmeal. Kedua bahan tersebut dapat mencerahkan kulit yang kusam. Oatmeal koloid kaya akan antioksidan dan punya sifat antiinflamasi. Oatmeal koloid juga bisa mencerahkan warna paha dalam yang menggelap akibat gejala eksim. Sementara itu, yoghurt yang kaya akan asam laktat bisa melembutkan dan menyehatkan kulit.

Berikut cara membuat scrub oatmeal yoghurt, pertama-tama campur 125 ml air hangat dengan 30 gram oatmeal. Lalu, tambahkan 2 sendok makan yoghurt, 2 sendok makan madu, dan 1 sendok makan putih telur. Kemudian oleskan di paha sebagai masker dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini setiap seminggu sekali.

Minyak Kelapa dan Air Lemon

Kombinasi minyak kelapa dan air lemon dapat membantu memutihkan paha dalam yang menghitam akibat frekuensi gesekan terlalu sering. Air lemon diketahui kaya vitamin C yang dapat mencerahkan kulit, sedangkan minyak kelapa dapat melembapkan sekaligus menghaluskan kulit.

Cara pakainya, oleskan campuran tersebut di kulit paha bagian dalam, lalu lakukan pijatan lembut selama sekitar 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dan sabun.

Itulah beberapa cara mencerahkan paha bagian dalam yang menghitam. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dotker terlebih dahulu dalam mengatasi masalah yang kamu alami tersebut.