Sukses

12 Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan Tubuh, Mencegah Kanker

Liputan6.com, Jakarta Daun pepaya Jepang adalah salah satu jenis daun yang berasal dari tanaman perdu atau semak-semak. Daun pepaya Jepang memiliki nama latin Cnidoscolus aconitifolius. Nama tersebut merupakan perubahan dari nama sebelumnya, yaitu Cnidoscolus chayamansa. Meski dinamakan daun pepaya Jepang, namun tanaman perdu tersebut berasal dari Semenanjung Yukatan salah satu daerah Meksiko, Amerika Tengah. Di negara asalnya, daun pepaya Jepang dikenal dengan nama Chaya. 

Lalu, bagaimana tanaman asal Meksiko ini dapat sampai ke Indonesia lalu dinamai pepaya Jepang? Sampai saat ini, menurut situs cybext.pertanian.go.id bagaimana tanaman ini sampai ke Indonesia masih belum jelas. Namun terdapat catatan dari ECHO bahwa tanaman Chaya tersebut masuk ke Indonesia tepatnya tahun 1998.

Masyarakat Indonesia menyebut daun tersebut sebagai “pepaya” karena bentuk serta tekstur daun yang mirip dengan daun pepaya. Bahkan untuk mengolah daun chaya juga sangat murup dengan daun pepaya. Untungnya, rasa dari daun pepaya Jepang ini tidak pahit dibandingkan dengan daun pepaya pada umumnya. Bahkan daun pepaya Jepang ini justru cenderung manis

Selain itu, ada beragam manfaat daun pepaya Jepang yang berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Menurut cybext.pertanian.go.id, Manfaat Daun Pepaya Jepang dari segi nutrisinya, lebih banyak jika dibandingkan dengan bayam, yaitu 78% lebih banyak protein, 111% lebih banyak serat, 100% lebih banyak zat besi, dan 242% lebih banyak vitamin C. Dengan kandungan nutrisi tersebut, maka tidak heran banyak yang mengolahnya hanya dengan direbus agar manfaat daun pepaya Jepang tidak hilang.

Untuk membahas lebih jauh tentang apa saja manfaat daun pepaya Jepang, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber megenai manfaat daun pepaya Jepang yang baik bagi kesehatan tubuh. Simak baik-baik, Senin (7/12/2020).

2 dari 7 halaman

Jaga Pencernaan dan Cegah Kanker

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat daun pepaya Jepang yang pertama, sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. Daun pepaua Jepang akan membuat usus jadi lebih bersih dan membuat organ pencernaan dapat berfungsi lebih baik dibanding sebelumnya. Hal ini tentu tidak lepas dari serat daun pepaya Jepang yang sangat tinggi sehingga turut mencegah timbulnya risiko sembelit.

2. Mencegah kanker

Selanjutnya, manfaat daun pepaya Jepang juga sangat ampuh dalam menekan timbulnya risiko penyakit kanker. Daun pepaya Jepang tersebut bisa membantu tubuh jadi lebih kuat, terutama pada bagian sel yang sangat rentan terhadap penyakit kanker. Tapi, yang perlu diingat adalah manfaat daun pepaya Jepang ini hanya sebagai tindak pencegahan, bukan sebagai langkah pengobatan.

3 dari 7 halaman

Atasi Peradangan dan Jaga Kesehatan Reproduksi

3. Mengatasi peradangan

Peradangan atau inflamasi adalah respon alami tubuh dalam melindungi dari infeksi mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, atau virus. Berdasar hasil penelitan menunjukkan, bahwa pemberian ekstrak etanol dari daun pepaya Jepang memicu efek anti-inflamasi yang mampu menurunkan volume edema telapak kaki tikus yang diberi dosis 400 mg/KgBB.

4. Jaga kesehatan reproduksi

Manfaat daun pepaya Jepang juga sangat baik jika dikonsumsi oleh pria dan wanita. Pasalnya, daun pepaya Jepang baik dalam menjaga kesehatan sistem reproduksi. Hal tersebut tidak lain karena kandungan vitamin A dalam daun pepaya Jepang yang dipercaya mampu meningkatkan produksi sel sperma, serta berperan penting dalam perkembangan janin.

4 dari 7 halaman

Obat Tifus dan Cegah Anemia

5. Obat tifus

Yang kelima, manfaat daun pepaya Jepang akan efektif dalam mengobati tifus. Kandungan alami di dalam daun pepaya Jepang bisa mengobati penyakit tifus karena bakteri yang mengendap di dalam pencernaan.

6. Cegah anemia

Daun pepaya Jepang juga ampuh dalam mencegah anemia. Daun tersebut bisa membantu tubuh dalam produksi sel darah merah sehingga tidak akan membuat tubuh mudah terserang penyakit anemia.

5 dari 7 halaman

Segarkan Tubuh dan Percepat Penyembuhan DBD

7. Menyegarkan Tubuh

Tubuh yang sehat dan segar tentu dibutuhkan agar aktivitas sehari-hari dapat dijalani dengan lancar dan maksimal. Dengan konsumsi daun pepaya Jepang secara teratur dan diimbangi pola makan sehat, maka dapat mengatasi keletihan juga menjaga tubuh tetap sehat. 

8. Membantu pemulihan demam berdarah

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh nyamuk. Diperlukan perawatan intensif agar keadaan tidak semakin memburuk. Untuk membantu proses pemulihan, maka Anda bisa mengonsumsi daun pepaya Jepang agar kondisi tubuh dapat sembuh lebih cepat.

6 dari 7 halaman

Atasi Nyeri Haid dan Jaga Imun Tubuh

9. Atasi nyeri haid

Nyeri haid sering menyerang di hari pertama siklus haid terjadi. Rasa nyeri tersebut tentu sangat mengganggu jika tidak diobati dengan tepat. Sebelum Anda konsumsi obat kimia, ada baiknya untuk mencoba manfaat daun pepaya Jepang sebagai obat pereda nyeri haid.

10. Jaga imun tubuh

Manfaat daun pepaya Jepang juga berguna untuk menjaga sistem kekebalan atau imun tubuh Anda. Daun pepaya Jepang sangat mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh jadi lebih kebal dari berbagai serangan penyakit.

7 dari 7 halaman

Jaga Kesehatan Mata dan Atasi Jerawat

11. Jaga kesehatan mata

Kemudian, manfaat daun pepaya Jepang berasal dari dari kandungan vitamin A di dalamnya. Tiap 100 gram daun pepaya Jepang, mengandung sekitar 1.357 IU vitamin A yang baik dalam mencukupi kebutuhan harian.

Dengan mengonsumsi vitamin A secara teratur diyakini membantu untuk jaga kesehatan mata, serta mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula yang umum terjadi pada orang usia lanjut.

12. Atasi jerawat

Manfaat daun pepaya Jepang yang terakhir, yaitu ampuh dalam mencegah serta mengatasi jerawat. Kandungan vitamin A dan C dalam daun pepaya Jepang, berpotensi membuat kulit terhindar dari jerawat.

Namun, meski manfaat daun pepaya Jepang untuk kesehatan sangat beragam, Anda perlu menjaga jumlah asupannya. Selain itu, proses pengolahan juga perlu diperhatikan. Sebab daun pepaya Jepang lebih aman jika dimasak dahulu selama 5-15 menit. Tujuannya untuk mengeluarkan senyawa berbahaya, Sianogen glikosida atau cyanogen glycoside dapat melepaskan racun hidrogen sianida atau dikenal dengan HCN.