Sukses

18 Cara Merawat Rambut dengan Bahan Alami, Sehat dan Berkilau

Cara merawat rambut dengan bahan alami ini bisa didapat karena kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai macam cara merawat rambut yang bisa dilakukan di rumah. Tidak perlu pergi ke salon kecantikan karena rambut lebih sehat, berkilau, lebat, lembap, bisa pula didapatkan dengan perawatan ala rumahan.

Cara merawat rambut yang akan diulas kali ini menggunakan bahan-bahan alami. Lidah buaya, madu, teh hijau, minyak kemiri, bawang, alpukat, minyak zaitun, minyak kelapa, susu, dan lain sebagainya.

Bahan yang digunakan sebagai cara merawat rambut di rumah ini bisa menjaga sekresi sebum, merangsang pertumbuhan, dan menguatkan akar. Kaya vitamin, mineral, dan antioksidan yang bisa menjaga kelembapan, melembutkan, serta menghindarkan dari ketombe dan rambut rontok.

Berikut Liputan6.com ulas cara merawat rambut dengan bahan alami dari berbagai sumber, Selasa (8/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Merawat Rambut Berminyak

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa membantu menghilangkan minyak berlebih, melawan penumpukan produk, menenangkan kulit kepala, dan melindungi helai rambut. Lidah buaya mampu mengontrol sekresi sebum dan membuat rambut lembut.

Campurkan 1-2 sendok teh gel lidah buaya dengan 1 sendok makan air lemon. Tambahkan secangkir air ke dalam campuran ini dan aduk rata. Gunakan ini untuk membilas rambut, sebaiknya setelah keramas. Biarkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan air dingin.

Teh Hijau

Ekstrak teh hijau telah terbukti mengurangi produksi sebum dan menutrisi kulit saat dioleskan. Teh hijau sarat dengan polifenol yang bisa meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Campurkan ½ cangkir teh hijau dengan 1 gelas air. Didihkan selama 5 menit dan saring. Setelah campuran teh hijau agak dingin, oleskan ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 30-45 menit sebelum dibilas.

Madu

Jika minyak sudah tak terkendali di rambut dan kulit kepala, ia akan menyebabkan ketombe. Masker madu dapat membantu menenangkan kulit kepala dan mencegah ketombe berkat sifat antibakteri dan antijamurnya.

Campur setengah gelas air dengan seperempat madu organik. Aduk hingga larut dan aplikasikan pada rambut. Diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air hangat.

3 dari 7 halaman

Cara Merawat Rambut Rontok

Minyak Kemiri

Selain lidah buaya, penggunaan minyak kemiri juga mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Minyak kemiri akan membuat akar rambut menjadi lebih kuat. Selain itu, minyak kemiri bisa merangsang rambut untuk tumbuh.

Penggunaan minyak kemiri ini cukup mudah. Cukup oles rata minyak kemiri, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibilas bersih dengan sampo.

Bawang

Bawang memiliki sulfur cukup tinggi. Sulfur tersebut cocok dijadikan cara mengatasi rambut rontok berlebihan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampur air perasan bawang dan satu sendok makan madu ke seluruh kulit. Kemudian diamkan dua jam sebelum dibilas. Gunakan cara ini secara ruitn agar rambut lebih kuat dan tidak rontok.

Alpukat

Selain nikmat untuk dikonsumsi, alpukat juga bisa mengatasi kerontokan rambut. Kandungan protein pada alpukat sangat efektif menguatkan rambut. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral lain dalam alpukat juga mampu menutrisi rambut.

Cara penggunannya sangat mudah, yaitu cukup dengan menghaluskan buah alpukat dan balurkan ke seluruh area rambut dan kulit kepala. Diamkan 20 menit kemudian bilas dengan sampo agar bersih.

 

4 dari 7 halaman

Cara Merawat Rambut Kering

Yoghurt

Yogurt merupakan makanan yang kaya nutrisi dan ternyata bisa diandalkan untuk merawat rambut kering. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi yang dimilikinya. Seperti vitamin B, vitamin D, dan protein yang dapat menutrisi rambut lebih maksimal.

Campurkan 1 cangkir yogurt, 1 sdm cuka apel, dan 1 sdm madu dalam sebuah wadah. Aplikasikan campuran tersebut mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan selama 15-30 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih.

Minyak Zaitun

Memiliki keluhan rambut kering dan bersisik bisa diatasi dengan masker lemon dan minyak zaitun. Minyak zaitun akan membantu melembapkan kulit dan lemon akan membantu menutrisinya lebih dalam. Fungsi dari minyak zaitun ini bahkan hampir sama dengan minyak kelapa.

Campurkan 2 sdm jus lemon, 2 sdm minyak zaitun, dan 2 sdm air. Oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut dan kulit kepala, pijat kulit kepala dengan lembut. Diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dan madu bisa diandalkan untuk mengatasi rambut yang kering. Tidak hanya rambut kering tetapi juga rambut yang rusak dan bercabang. Kandungan dalam madu dapat membantu mempertahankan kelembapan rambut.

Sedangkan minyak kelapa memiliki sifat mudah terserap oleh batang rambut. Sifat ini akan membuat rambut mudah mendapat nutrisi dan mendapat asupan protein lebih mudah.

Campurkan 1 sdt madu organik dengan 1 sdt minyak kelapa organik. Panaskan campuran tersebut sebentar, sambil diaduk rata. Biarkan campuran tersebut dingin, kemudian oleskan ke seluruh rambut. Diamkan selama 40 menit, kemudian keramas seperti biasa.

5 dari 7 halaman

Cara Merawat Rambut Patah

Susu

Susu dan madu dipercaya bekerja dengan sangat baik dalam mengatasi rambut rapuh dan rontok. Campuran kedua bahan dapat diaplikasikan dengan cara memijatkannya secara lembut di atas permukaan kulit kepala hingga benar-benar merata. Biarkan selama lebih kurang 15 hingga 20 menit. Lalu bilas dan keramas seperti biasa.

Pisang

Rambut patah seringkali disebabkan oleh paparan sinar matahari, suhu panas alat styling rambut, dan pengaruh kandungan kimia akibat salah memilih produk perawatan rambut. Perawatan ini paling tidak dilakukan sekali dalam satu minggu.

Pisang dipercaya dapat membantu menyeimbangkan pH dan menambah kekuatan rambut. Sedangkan minyak zaitun dapat membantu membawa uap air yang sangat dibutuhkan oleh rambut.

Minyak Kelapa

Ekstrak minyak kelapa memiliki banyak manfaat bagi perawatan rambut. Selain mengatasi rambut patah dan rontok, minyak kelapa juga membantu memperbaiki kutikula yang rusak dan membuat membuat rambut bersinar lebih indah.

Oleskan sekitar 2-3 sdm minyak kelapa pada rambut bagian bawah lalu biarkan hingga sedikit mengering dan bilas dengan air bersih. Jika merasa terlalu lengket dan berminyak, keramaslah seperti biasa dengan menggunakan shampo.

6 dari 7 halaman

Cara Merawat Rambut Tipis

Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat pembersihan, antibakteri, dan antimikroba yang kuat. Ketika digunakan secara topikal, dapat membantu membersihkan folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Tak heran jika cara mengatasi penipisan rambut dengan bahan ini manjur dilakukan. Tea tree oil membantu menjaga rambut sehat dan lembab. Hal inilah yang dapat membantu rambut tumbuh pada tingkat normal dan mencegahnya tidak rontok.

Sebuah tinjauan pada 2015 menemukan tea tree oil umumnya digunakan dalam produk perawatan anti-ketombe. Jika ketombe tidak diobati, penumpukan kulit mati pada akhirnya bisa menghambat pertumbuhan rambut.

Daun Seledri

Seledri kaya akan kandungan anti-oksidan dan vitamin E. Kedua kandungan ini mampu menutrisi kulit kepala secara mendalam, sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut baru yang lebih kuat dan lebih tebal. Cocok dijadikan sebagai cara mengatasi penipisan rambut alami.

Cukup haluskan seledri yang telah dicuci dan dibuang akarnya, haluskan. Lalu aplikasikan layaknya masker rambut selama 30 menit sambil dipijat lembut dan bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Santan

Santan kaya akan protein, kalsium, vitamin, dan zat besi. Kandungan ini dapat melembutkan rambut, mengatasi rambut kering, serta merangsang pertumbuhan rambut baru dan memperkuat rambut untuk mencegah rontok.

Untuk mendapatkan manfaat dari santan, bisa menggunakannya sebagai masker rambut selama 30 menit sambil dipijat lembut selama 2-3 kali dalam seminggu. Setelahnya, harus membilasnya hinga benar-benar bersih.

7 dari 7 halaman

Cara Merawat Rambut Berketombe

Baking Soda

Cara menghilangkan ketombe membandel selanjutnya dengan menggunakan baking soda. Cara ini sangat aman dan efektif.

Siapkan 1/2 sdt baking soda. Larutkan dengan air hingga kental. Oleskan merata pada kulit kepala. Biarkan beberapa saat. Bilas dengan air bersih.

Minyak Kemiri

Penggunaan minyak zaitun ternyata cukup ampuh dan efektif menghilangkan ketombe yang sudah cukup membandel. Cara menerapkannya juga sangat mudah.

Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala hingga merata. Pijat ringan seluruh area kulit kepala supaya minyak zaitun meresap. Kemudian diamkan selama 30 menit. Bilas bersih menggunakan air hangat.

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Selain terkenal ampuh membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, dan menguatkan akar rambut, lidah buaya juga ampuh digunakan membasmi ketombe.

Pererapan lidah buaya untuk mengatasi ketombe juga sangat mudah. Haluskan daging lidah buaya. Oleskan merata pada permukaan kulit kepala. Pijit lembut kulit kepala. Diamkan 30 menit. Bilas hingga bersih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.