Sukses

Pengertian Kebugaran Jasmani, Pahami Unsur dan Manfaat Latihannya

Liputan6.com, Jakarta Kebugaran jasmani adalah kunci kesehatan dan ketahanan tubuh yang sebenarnya. Jika menilik dari pengertian kebugaran jasmani, kebugaran ini merupakan aktivitas yang tidak melibatkan rasa lelah berlebihan.

Menurut para ahli, pengertian kebugaran jasmani menitikberatkan pada kegiatan sehari-hari yang tidak membuat seseorang merasa sangat kelelahan. Kebugaran jasmani adalah bagian dari upaya menikmati waktu senggang dan meningkatkan produktivitas harian.

Pemahaman tentang pengertian kebugaran jasmani akan membuat praktiknya tidak salah dilakoni. Mengandalkan kekuatan, daya otot, keseimbangan, kecepatan, ketepatan, dan masih banyak lagi. Untuk manfaatnya, akan sangat berdampak pada kualitas hidup yang melakoni.

Berikut Liputan6.com ulas pengertian kebugaran jasmani, unsur, dan manfaatnya dari berbagai sumber, Selasa (8/12/2020).

2 dari 6 halaman

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Ahli

Agus Mukhlolid, M.Pd (2004:3)

Menurut Agus Mukhlolid, M.Pd, pengertian kebugaran Jasmani adalah kemampuan dan kesanggupan untuk melakukan aktivitas atau kerja, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Sadoso Sumosardjuno (1989:9)

Menurut Sadoso Sumosardjuno, pengertian kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari secara mudah, tanpa merasa lelah yang berarti, serta masih mempunyai cadangan tenaga (sisa) untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keadaan-keadaan mendadak.

Suratman (1975)

Menurut Suratman, pengertian kebugaran jasmani adalah suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh atau total fitness yang memberi kemampuan pada seseorang untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stres fisik yang wajar.

Judith Rink

Menurut Judith Rink, pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang saat melakukan rutinitas sehari-hari dengan energi yang besar, tetapi tidak merasa kelelahan yang berlebihan, dan bisa menikmati rutinitas tersebut.

Sudarno (1992)

Menurut Sudarno, pengertian kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan berarti. Selain itu, tubuh masih memiliki cadangan energi yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

T. Cholik Muthohir (1999) dalam Ismaryati (2006: 40)

Menurut T. Cholik Muthohir (1999) dalam Ismaryati (2006: 40), pengertian kebugaran jasmani adalah kondisi yang menggambarkan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dengan produktif tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Kockey

Pengertian kebugaran Jasmani adalah sesuatu kemampuan untuk dapat menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang sangat berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam suatu keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tidak terduga.

 

3 dari 6 halaman

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Kekuatan

Kekuatan merupakan bagian dari kebugaran jasmani yang menggunakan kemampuan fisik seseorang, terutama dalam hal penggunaan otot. Beberapa latihan fisik yang melibatkan kekuatan otot ialah sit up, push up, dan squat jump.

Daya Otot

Daya otot merupakan unsur kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kemampuan otot untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Beberapa latihan untuk melatih daya otot ialah side jump, vertikal jump, dan front jump.

Daya Tahan

Daya tahan berhubungan erat dengan stamina agar bisa melakukan aktivitas dalam jangka waktu lama. Untuk memiliki daya tahan tubuh yang bagus memerlukan latihan yang kompleks.

Untuk meningkatkan kinerja paru-paru, jantung, sistem peredaran darah, dan kekuatan otot. Latihan yang bisa diterapkan untuk meningkatkan daya tahan, ialah jogging atau lari minimal selama 30 menit sehari.

Kecepatan

Kecepatan dalam kebugaran jasmani dimaknai sebagai kemampuan agar seseorang bisa melakukan tugas dengan baik dan benar. Satu di antara latihan untuk meningkatkan kecepatan ialah lari.

Kelincahan

Kelincahan merupakan unsur kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kemampuan menyesuaikan diri dengan keadaan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk melatih kelincahan, seperti berlari naik turun tangga dan zig-zag.

4 dari 6 halaman

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Keseimbangan

Keseimbangan adalah kemampuan seseorang mengendalikan tubuh sehingga berbagai gerakan yang dilakukan bisa dilakukan dengan baik dan benar. Salah satu latihan yang mampu meningkatkan keseimbangan tubuh adalah senam.

Koordinasi

Selanjutnya yaitu koordinasi. Mkasundya, sebuah kemampuan seseorang mengintegrasi berbagai gerakan yang beda dan mampu koordinasikan seluruh bagian tubuh dengan baik dan benar.

Reaksi

Reaksi yaitu kemampuan seseorang untuk segera bertindak serta menanggapi adanya sebuah rangsangan yang ditangkap oleh indra. Jenis latihan yang bisa meningkatkan dan butuh sebuah reaksi adalah lempar tangkap.

Daya Lentur

Kemudian, daya lentur adalah tingkat penyesuaian seseorang dalam berbagai jenis aktivitas kerja secara efektif dan efisien dengan cara penguluran tubuh yang baik. Apabila seseorang memiliki kelenturan yang baik, maka orang tersebut bisa terhindar dari berbagai risiko cedera.

Ketepatan

Lalu, yang terakhir adalah ketepatan. Ketepatan adalah sebuah kemampuan seseorang mengendalikan gerak bebas tubuh kepada suatu sasaran. Ada berbagai jenis latihan yang membutuhkan ketepatan, salah satu yang paling populer yaitu memanah.

5 dari 6 halaman

Manfaat Kebugaran Jasmani

Terhindar dari Penyakit

Latihan kebugaran jasmani secara rutin bisa membuat seseorang terhindar dari penyakit. Latihan kebugaran jasmani, dapat membuat jantung bekerja lebih aktif.

Olahraga membuat peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar. Jika melakukan aktivitas ini secara rutin, daya tahan dan kerja jantung makin membaik.

Sehingga, jantung menjadi sehat dan terhindar dari segala macam risiko, seperti gagal jantung, penyakit jantung koroner, hingga stroke. Selain penyakit jantung, hipertensi bisa menyerang seseorang dengan kualitas kebugaran jasmani rendah.

Tubuh Ideal dan Sehat

Latihan kebugaran jasmani yang dilakukan secara terus menurus bisa membakar kalori dalam tubuh. Banyak orang-orang yang melakukan olahraga lantaran ingin memiliki tubuh indah dan jauh obesitas.

Berolahraga akan membuat lemak yang tertimbun di bawah kulit terbakar bersama kalori yang dipakai saat olah tubuh. Kondisi tersebut bisa membuat tubuh tampak lebih ideal.

Satu di antara penyebab obesitas, yakni kurangnya aktivitas tubuh dan terlalu banyak menimbun lemak. Itulah sebabnya latihan kebugaran jasmani sangat diperlukan.

Menurunkan Risiko Kanker

Setiap orang memiliki risiko terkena kanker. Namun, risiko tersebut bisa ditekan dengan cara melakukan latihan fisik demi meningkatkan kualitas kebugaran jasmani. Seseorang yang memiliki kebugaran jasmani yang tinggi memiliki risiko terkena kanker relatif kecil.

Tingkatkan Mood

Beberapa orang menganggap berolahraga dapat membuat tubuh terasa lelah, terutama setelah berjam-jam bekerja di kantor. Namun, perlu dibedakan antara lelah berolahraga dengan kelelahan karena stres.

Pada dasarnya, lelah selepas berolahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, pikiran lebih tenang, dan Anda jauh lebih ceria.

Seseorang dengan kebugaran jasmani yang tinggi, umumnya akan memilik kondisi psikologis yang baik. Melakukan latihan fisik ringan untuk menjaga kebugaran jasmani bisa menjadi cara memiliki mood yang bagus.

6 dari 6 halaman

Manfaat Kebugaran Jasmani

Tubuh Tegap

Melakukan latihan kebugaran jasmani akan merangsang semua bagian tubuh agar lebih fleksibel. Otot tubuh juga akan menjadi lebih elastis dan tidak kaku.

Latihan ini begitu bermanfaat untuk membantu proses perkembangan tumbuh tubuh. Rutin melakukan olahraga akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk saat berjalan.

Hilangkan Stres

Kebugaran jasmani dapat membantu mengatasi emosi dan mengurangi kegelisahan sehingga mengurangi stres. Berolahraga membantu mengatasi gejala-gejala kecemasan dan bisa menjadi alat yang potensial.

Menurut penelitian, rutin berolahraga menunjukan indeks kecemasan yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak pernah berolahraga kebugaran.

Olahraga efektif untuk mengatasi kecemasan dan stres. Otak akan melepaskan banyak hormon, termasuk hormon endorphin dan neurotranamitter yang memengaruhi suasana hati.

Kekebalan Tubuh

Kebugaran jasmani akan memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan berbagai macam penyakit. Tentu bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhindar dari risiko kanker di masa mendatang.

Ketika berolahraga dengan kebugaran jasmani, ada peningkatan hormon-hormon baik dalam otak, seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon tersebut dipercaya memiliki peran untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Relaksasi

Padatnya rutinitas sehari-hari akan membuat lelah, pusing, bahkan mengganggu waktu tidur. Banyak yang menyepelekan kurangnya waktu tidur yang cukup.

Kurangnya waktu tidur memiliki risiko terjangkitnya berbagai macam penyakit dan mental, termasuk tidak stabilnya emosi. Memiliki emosi yang tidak stabil akan memengaruhi hubungan dengan rekan kerja, keluarga, hingga gangguan psikis.

Melakukan kebugaran jasmani akan merangsang proses relaksasi ketika tidur. Mampu meningkatkan suhu tubuh dan kualitas tidur. Relaksasi akan memberikan ketenangan jiwa.