Sukses

10 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Populer dan Alam Banget

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, paling cocok untuk berwisata. Salah satunya ke bagian Barat kotanya, yakni Kabupaten Kulon Progo. Ada banyak sekali tempat wisata di Kulon Progo yang bisa memanjakan mata dan pikiran, begitu menawan.

Berbagai tempat wisata di Kulon Progo sangat dipengaruhi oleh topografi wilayahnya. Di bagian Utara ada wilayah dataran tinggi yang menyejukkan. Bagian Tengah, peralihan dataran rendah dan perbukitan. Lalu bagian Selatan ada dataran rendah dengan wilayah pantai.

Berdasarkan topografinya, tempat wisata di Kulon Progo memang identik dengan bentang alam. Hal inilah yang membuat kabupaten Kulon Progo masih memiliki khas ndeso cukup kental dan banyak diminati wisatawan. Mayoritas penduduknya juga masih bekerja sebagai petani dan berkebun. Pengelolaan wilayah pariwisata belum menyeluruh seperti daerah kota.

Berikut Liputan6.com ulas tempat wisata di Kulon Progo dari berbagai sumber, Selasa (8/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kulon Progo

Kalibiru

Kalibiru merupakan tempat wisata di Kulon Progo yang populer karena keindahan yang ditawarkan. Kalibiru berjarak sekitar 40-45 kilometer dari pusat Kota Jogja, berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Lokasi Kalibiru berupa area hutan kemasyarakatan yang ada di perbukitan Menoreh. Kalibiru menawarkan panorama waduk Sermo dan hutan yang asri dari ketinggian 450 mdpl.

Di sini pengunjung dapat menemukan banyak spot foto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Cocok untuk para pemburu foto instagramable. Selain itu di Kalibiru akan mendapati suasana dan udara yang sejuk dan tenang.

Puncak Suroloyo

Jika ingin lebih dekat lagi dengan alam bebas, pengunjung bisa mencobanya untuk berkunjung ke wisata alam Puncak Suroloyo. Akan tetapi memang diperlukan banyak usaha untuk bisa sampai ke atas puncak Suroloyo, karena pengunjung akan dihadapkan tangga sebanyak 200 anak tangga.

Namun, jangan khawatir karena semua rasa lelah dan usaha tak akan terbuang sia-sia. Semuanya akan terbayar dengan keindahan panorama alam yang membentang luas dan siap memanjakan indera penglihatan.

Lokasinya Puncak Suroloyo ini terletak di sepanjang Perbukitan Menoreh. Tepatnya di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, DIY.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kulon Progo

Waduk Sermo

Waduk Sermo berada di kawasan Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Waduk ini dibangun mulai 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996.

Tujuan utama dibangunnya waduk Sermo adalah untuk pemenuhan kebutuhan irigasi. Namun seiring berjalannya waktu, keindahan wauk Sermo dijadikan sebagai tempat wisata di Kulon Progo.

Waduk Sermo menawarkan suasana tenang dan segar bagi para pengunjungnya. Anda juga dapat menyewa perahu untuk mengarungi waduk dengan luas kuran lebih 157 Ha ini.

Pantai Glagah

Pantai Glagah merupakan pantai yang paling terkenal di kulon Progo. Pantai ini cukup menarik karena memiliki laguna yang indah. Laguna tersebut terbentuk dari bagian daratan agak cekung yang berisi air laut pasang. Semakin lama, cekungan ini membentuk telaga dengan tepian yang subur dan ditumbuhi rumput liar.

Selain dikenal dengan lagunanya, pantai Glagah juga dikenal dengan tetrapod atau pemecah ombak. Tetrapod ini terbuat dari beton berkaki empat yang berfungsi untuk memecah ombak. Ditengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

Lokasi tetrapod inilah yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Terutama saat ombak yang datang mengenai tetrapod-tetrapod tersebut.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kulon Progo

Kedung Pedut

Berada di dataran tinggi Kulonprogo, Desa Kembang, Jatimulyo, Giromulyo, Kedung Pedut merupakan tempat wisata di Kulon Progo berupa air terjun yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Wisatawan yang masuk menikmati suasana Kedung Pedut dapat memilih beberapa spot untuk berfoto. Air Terjun Kedung Pedut dikenal karena keindahan warna airnya yang putih jernih kehijauan.

Warna putih jernih terjadi karena aliran air deras yang berasal dari air terjun di samping kedung ini, sedangkan warna hijau toska terbentuk dari pantulan batuan di dasar sungai.

Kebun Bunga Matahari

Tak hanya di Gunungkidul, kebun bunga matahari juga hadir di Pantai Glagah. Memang dulunya pantai ini identik dengan laguna dan juga tetrapod yang memiliki fungsi guna memecah ombak.

Kini, Pantai Glagah juga memiliki suatu spot yang dapat menarik para wisatawan untuk datang, berupa kebun Bunga Matahari. Bagi yang ingin berkunjung ke wisata alam ini, pahami musim berkembangnya matahari.

Jika tak beruntung, pengunjung tidak dapat melihat kecantikan merekahnya bunga Matahari. Kebun bunga matahari ini terletak di Glagah, Temon, Kulon Progo, DIY. Di sini, pengunjung bisa melakukan swafoto bersama dengan bunga matahari semenarik mungkin.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kulon Progo

Kebun Teh Nglinggo

Dengan pesona kehijauannya, Kebun Teh Nglinggo menjadi objek wisata yang cukup terkenal di Kulon Progo. Kebun Teh Nglinggo adalah satu-satunya kebun teh yang berada di Yogyakarta. Lokasinya di Desa Wisata Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Kebun Teh Nglinggo merupakan hamparan perkebunan teh dengan luas sekitar 136 hektare di ketinggian 900-1000 mdpl. Kebun Teh Nglinggo juga dijadikan objek wisata untuk berburu sunset dan sunrise, lho.

Di sini Anda dapat menyaksikan aktivitas para pemetik teh secara langsung. Hasil teh dari kebun teh ini juga dijual bebas di warung-warung kecil milik penduduk setempat.

Anda juga bisa mencoba pendakian kecil Bukit Kukusan untuk menikmati keindahan Yogyakarta dari ketinggian. Selain Bukit Kukusan, ada juga satu curug atau air terjun kecil bernama Grojogan Watu Jonggol yang populer dengan kesegaran airnya.

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo merupakan air terjun tertinggi yang dimiliki oleh Yogyakarta. Dengan ketinggian hingga 75 meter dan debit air yang cukup deras, air terjun ini tampak megah dan sangat memesona.

Air Terjun Sidoharjo terletak di Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Selain air terjun, Anda juga dapat menikmati kolam yang cocok untuk berenang dan menikmati sensasi alam yang asri dan menenangkan.

 

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Kulon Progo

Goa Kiskendo

Bagi pecinta goa, Kulon Progo juga memiliki wisata alam goa Kiskendo yang wajib dikunjungi. Eksotisnya stalagtit dan stalagmit goa Kiskendo menjadi daya tarik yang disuguhkan kepada setiap wisatawan yang berkunjung.

Objek wisata ini memiliki sejarah yang konon merupakan tempat bekas pertempuran empat ksatria, yaitu Maesuro dan Lemusur melawan Sugriwo dan Subali. Hal ini telah dijelaskan oleh masyarakat sekitar.

Jika pengunjung berencana datang ke goa Kiskendo, bisa datang setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Lokasinya sendiri terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Mangrove Jembatan Api-Api

Di Kulon Progo banyak tempat wisata yang Instagramable, salah satunya Mangrove Jembatan Api-Api yang akhir-akhir ini sedang ngehits dan populer di kalangan traveler.

Tempat ini mempunyai banyak daya tarik, terutama nuansa alamnya yang asri dan udaranya yang sangat menyejukkan.

Nuansanya yang indah dan Instagenik membuat tempat ini menjadi spot selfie populer di Instagram. Jika kamu pergi ke Yogyakarta, tempat ini wajib ada dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.