Sukses

Viral Minimarket dengan Kearifan Lokal, Arsitekturnya Minimalis dan Estetik

Liputan6.com, Jakarta Bangunan minimarket yang biasanya ditemui dengan arsitektur yang modern dan kekinian. Namun tentunya suatu hal yang unik dan menarik jika menemukan minimarket dengan artistektur yang identik dengan zaman dahulu.

Seiring dengan perkembangan zaman, sangat sulit untuk menemukan bangunan yang masih mempertahankan kearifan lokal. Bahkan jikalau ada, bangunan tersebut sudah dilindungi dan dijaga agar tetap terawat.

Arsitektur bangunan zaman dahulu memang dikenal dengan desainnya yang unik dan menarik. Tak heran jika selalu membuat takjub ketika menemui bangunan yang masih sangat kental arsitekturnya dengan zaman dahulu. Terlebih jika bangunan tersebut merupakan minimarket.

Belum lama ini viral di TikTok sebuah bangunan minimarket yang masih mempertahankan kearifan lokal. Video singkat tersebut diunggah oleh pemilik akun TikTok @ndigold pada 20 November 2020 lalu dan sudah ditonton lebih dari 1 juta kali seperti Liputan6.com kutip, Selasa (8/12/2020). Bahkan video tentang penemuan minimarket dengan kearifan lokal ini dibagi menjadi dua bagian karena banyak yang penasaran dengan lokasi minimarket tersebut.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Arsitektur Bangunan Minimarket dengan Kearifan Lokal

Video singkat yang memperlihatkan arsitektur bangunan minimarket yang unik dan terlihat bak jaman dahulu ini sudah ditonton lebih dari 1 juta kali. Video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @ndigold ini pun sukses menyita perhatian, karena tentunya jarang untuk menemukan minimarket yang arsitekturnya sangat estetik dan minimalis.

 

@ndigold

serius ini unik banget. Aesthetic beud #fyp #fypシ #aesthetic #jogja

♬ Papi Chulo Koplo Version - DRXML

 

Dalam video tersebut terlihat dari luar asitektur banguunan minimarketnya terlihat sangat minimalis dan kental nuansa jaman. Penampakan dari luar sangat unik, bahkan tidak terlihat seperti minimarket melainkan bak rumah pada jaman dahulu. Terlihat juga pintu masuknya sangat berbeda dengan minimarket sejenis yang kerap ditemukan.

Saat masuk ke dalam terlihat arsitekturnya sangat estetik dan minimalis. Terdapat jendela yang senada dengan pintu masuknya, dan warnanya pun berwarna hijau. Biasanya, untuk minimarket sejenis yang terdapat dalam video, identik dengan warna biru. Video yang diunggah oleh pemilik akun @ndigold ini tentunya berbeda dari biasanya dan tak heran jika banyak yang penasaran dengan lokasi minimarket tersebut.

Arsitektur di dalam minimarket juga terlihat sangat minimalis. Konsepnya sangat unik dan masih mempertahankan kearifan lokal. Terlihat jendelanya sangat khas seperti bangunan di Yogyakarta.

"….dan pintu jendelanya itu khas Jogja banget…” tutur sang pemilik akun di dalam videonya.

3 dari 4 halaman

Lokasi Minimarket

Tak sedikit warganet yang membubuhkan komentar, lantaran penasaran dengan lokasi minimarket yang dimaksud oleh pemilik akun @ndigold ini. Video yang sudah ditonton lebih dari 1 juta kali ini dibagi menjadi dua video untuk menjelaskan terkait lokasi minimarket tersebut.

Dalam video lainnya, pemilik akun @ndigold menjelaskan bahwa daerah di sekitar minimarkettersebut memang sangat unik dan identik dengan bangunan-bangunan khas jaman dulu. Lokasi minimarket tersebut terletak di Sekolah Menengah Farmasi, Yogyakarta.

“Reply to @alfinaint here we goo yang nanyain dimana, ternyata di daerah sini emang unik banget #jogja #fyp #fypシ’ tulis pemilik akun @ndigold di kolom caption postingannya.

@ndigold

Reply to @gleamingppl here we goo yang nanyain dimana, ternyata di daerah sini emang unik banget #jogja #fyp #fypシ

♬ Papepapepap Koplo Remix - DRXML
4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video yang diunggah pada November 2020 lalu ini sudah ditonton lebih dari 1 juta kali. Bahkan seribu komentar lebih dibubuhkan warganet di kolom komentar karena memang minimarket tersebut sangat unik dan berbeda dari biasanya.

Video tersebut juga mendapatkan like lebih dari seratus ribu pengguna TikTok dan sudah dibagikan lebih dari 400 kali.

“Itu indomaret pas zaman majapahit, trus di renovasi dikit.” tulis preman kucing gang sebelah.

“fyi hyung, dulu itu gudang pnya Gusti Yudhonegara, adiknya Sri Sultan. Teros di sewa sama Indomaret dgn catetan gak boleh ada renovasi sama sekali. “ kata disebut jyga ALDA.

“biasanya kalo bangunan gini pasti bangunan lama dan peninggalan jaman dulu. Soalnya sekolah gue kaya gitu, gaboleh direnovasi dna gaboleh dirusak.” imbuh bukandaffa.

“INI DEPANNYA SMKF JALAN BU RUSWO DEKET ALUN ALUN UTARA GUYSS.” timpal flowrsss.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.