Sukses

7 Manfaat Wasabi bagi Kesehatan, Dapat Menghambat Pertumbuhan Kanker

Liputan6.com, Jakarta Manfaat wasabi bagi kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Bahan pelengkap makan yang terkenal dengan rasa pedasnya ini adalah tumbuhan asli Jepang bernama Wasabia japonica. Berasal dari suku kubis-kubisan, banyak orang yang menyebutnya sebagai ‘lobak pedas Jepang’.

Rasa pedas yang ditawarkan wasabi saat makan berbeda dengan cabai. Makanan berwarna hijau ini menawarkan rasa pedas yang lebih terasa di rongga hidung dan sinus. Berbeda dengan cabai yang memberikan sensasi pedas langsung di lidah. 

Manfaat wasabi bagi kesehatan bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur, namun tidak berlebihan. Makanan yang kerap digunakan sebagai bahan tambahan pada berbagai jenis makanan, seperti sushi, mi, hingga sup ini bisa kamu coba sedikit saat ke restoran Jepang atau saat meyiapkan makanan di rumah.

Wasabi mengandung berbagai kandungan nutrisi seperti protein, serat, vitamin A dan vitamin C, folat, kalsium, magnesium, kalium, dan juga zinc. Wasabi juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi serta memiliki kandungan zat alami yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antiradang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/12/2020) tentang manfaat wasabi bagi kesehatan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Wasabi bagi Kesehatan

Menurunkan Risiko Kanker

Wasabi mengandung senyawa fitonutrien yang memiliki efek antikanker. Studi juga menyebut, wasabi dapat menghambat pembentukan zat akrilamida pada makanan. Akrilamida adalah zat kimia penyebab kanker yang terdapat pada makanan gosong, dibakar, atau dipanggang.

Selain itu, Wasabi memiliki senyawa isotiosianat, zat kimia yang membuatnya punya aroma dan rasa khas serta menyengat. Senyawa itu ternyata juga memiliki kemampuan untuk mencegah bakteri dan menghambat kanker usus besar untuk bertumbuh.

Wasabi juga tinggi akan kandungan vitamin C, yang merupakan antioksidan untuk meredakan peradangan sekaligus menyehatkan tubuh.

Melancarkan Pernapasan

Zat isotiosianat dalam wasabi akan menguap dan masuk ke dalam rongga hidung maupun sinus apabila kamu mengunyah makanan satu ini. Hal tersebut pada akhirnya dapat bantu melancarkan pernapasan.

Meski aromanya kuat dan menyengat, manfaat wasabi bagi kesehatan ini akan sangat membantu orang-orang dengan flu atau punya rhinitis alergi dan asma.

3 dari 4 halaman

Manfaat Wasabi bagi Kesehatan

Mencegah Peradangan

Peradangan merupakan bentuk perlawanan dari sistem kekebalan tubuh, karena adanya infeksi hingga paparan radikal bebas.

Dalam penelitian test tube yang melibatkan sel hewan, peneliti mendapati bahwa kandungan wasabi bisa menekan enzim yang menyebabkan peradangan. Meski demikian, efek wasabi pada manusia masih tetap harus diteliti lebih lanjut.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat wasabi bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat melancarkan pencernaan. Wasabi bersumber dari tanaman yang kaya akan serat, sehingga dengan mengonsumsinya bisa membuat kamu terhindar dari masalah konstipasi alias sembelit.

Adanya efek antibakteri dalam wasabi juga bantu menjaga kesehatan saluran pencernaan agar terhindar dari serangan bakteri. Selain itu, sifat antiradang di dalam wasabi juga diketahui dapat membantu menurunkan risiko radang usus besar.

4 dari 4 halaman

Manfaat Wasabi bagi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Jantung

Wasabi ternyata juga memiliki kandungan antihypercholestorilemic yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Dengan begitu, manfaat wasabi bagi kesehatan berikutnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan ajntung dan pembuluh darah.

Jika kamu memiliki kadar kolesterol tinggi dan sedang memperbaiki pola makan, tidak ada salahnya untuk memasukkan wasabi dalam menu makanan sehari-hari.

Baik untuk Kesehatan Gigi

Seperti Liputan6.com kutip dari KlikDokter, manfaat wasabi bagi kesehatan gigi dibuktikan dalam penelitian oleh Dr. Hideki Masuda dari Jepang. Ia menemukan kandungan isothiocyanate dalam wasabi, yang dapat bantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang sehingga bisa dimanfaatkan untuk mencegah karies gigi.

Manfaat wasabi bagi kesehatan satu ini dapat dirasakan dengan optimal apabila dikombinasikan dengan kebiasaan menggosok gigi setidaknya 2 kali sehari dan rutin kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Mencegah Obesitas

Salah satu manfaat wasabi bagi kesehatan adalah untuk mencegah terjadinya obesitas. Penelitian menyebut, suplemen mengandung wasabi yang diberikan rutin pada tikus percobaan dapat menurunkan berat badan lebih cepat sehingga terhindar dari obesitas.

Penelitian yang melibatkan tikus itu menunjukkan bahwa kandungan yang diambil dari wasabi, yaitu 5-Hydroxyferulic acid methyl ester (5-HFA ester), menghambat pertumbuhan dan pembentukan sel lemak pada tikus.

Adanya efek tersebut pada tikus memberikan harapan bahwa kelak wasabi bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh manusia.

Itulah beberapa manfaat wasabi bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Pastikan kamu mengonsumsi wasabi dengan memperhatikan kondisi tubuh dan wasabi itu sendiri. Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang makanan yang baik kamu konsumsi dan yang tidak baik untuk dikonsumsi.