Sukses

7 Jenis Vegetarian Menurut Jenis Makanannya, dari Ringan sampai Ketat

Vegetarian ternyata punya banyak variasi.

Liputan6.com, Jakarta Vegetarian termasuk pola makan yang sangat populer sampai saat ini. Ada banyak alasan orang memilih menjadi vegetarian. Mulai dari ingin hidup lebih sehat, menekan eksploitasi hewan, atau lingkungan.

Vegetarian ternyata tak hanya sekadar menghindari konsumsi daging dan turunannya. Ada 7 variasi vegetarian berdasarkan jenis pantangan makannya. Banyaknya variasi pola makan vegetarian memungkinkanmu memilih cara makan yang paling sesuai dengan kemampuan dan tujuan. 

Jenis vegetarian ini terbagi mulai dari yang ringan hingga ketat. Jenis vegetarian intinya mengutamakan makanan berbasis nabati, dan menghindari makanan dari hewan. Variasi pola makan vegetarian tidak termasuk daging tetapi mungkin termasuk telur, ikan, produk susu, atau kombinasi dari semuanya.

Berikut 7 jenis vegetarian, dirangkum Liputan6.com dari Healthline, Rabu(9/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pollotarian

Jenis vegetarian yang pertama adalah polotarian. Pollotarian juga dikenal sebagai pollo-vegetarian, pola makan polotarian dianggap sebagai jenis semi-vegetarian, karena beberapa bentuk daging hewani diperbolehkan. Istilah "pollo" secara harfiah diterjemahkan menjadi "ayam" dalam bahasa Spanyol. Pollotarian umumnya memakan semua bentuk unggas, termasuk kalkun dan bebek.

Orang yang mengikuti diet ini tidak makan daging merah atau produk babi. Selain itu, beberapa memasukkan telur dan produk susu ke dalam makanan mereka, sementara yang lain tidak. Pollotarian yang terkadang makan ikan dan makanan laut disebut pesce-pollotarians.

Selain memperbolehkan unggas, pola makan polotarian menekankan makanan nabati, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lemak sehat.

3 dari 8 halaman

Vegetarian lakto-ovo

Dalam variasi lakto-ovo, Anda tidak diperbolehkan makan daging atau ikan, tetapi tetap masih bisa memasukkan telur dan produk susu ke dalam makanan. Mengikuti diet lacto-ovo-vegetarian berarti memasukkan telur, susu, keju, mentega, yogurt, krim asam, es krim, dan produk susu lainnya dalam makanan.

Istilah "lakto" mengacu pada susu sapi atau produk susu dan berasal dari kata Latin lac, yang berarti susu. Sementara “ovo” mengacu pada telur dan berasal dari kata Latin ovum, yang berarti telur.

4 dari 8 halaman

Lakto-vegetarian

Pola makan lakto-vegetarian adalah pola makan nabati yang mencakup produk susu, seperti yang disarankan oleh istilah "lacto". Variasi ini termasuk produk susu seperti susu sapi dan makanan yang dibuat dengannya. Ini bisa termasuk keju, mentega, krim asam, yogurt, dan es krim.

Pola makan ini tidak termasuk semua daging, seperti daging sapi, babi, ayam, ikan, dan juga telur. Orang sering menerapkan pola makan lakto-vegetarian karena alasan lingkungan atau etika.

Beberapa juga memilih mengikuti diet karena alasan kesehatan. Faktanya, mengurangi asupan daging dan produk hewani lainnya dapat dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan.

5 dari 8 halaman

Ovo-vegetarian

Diet ovo-vegetarian tidak mencakup produk susu, tetapi menyertakan telur, sesuai dengan istilah “ovo” yang berarti telur. Selain mengecualikan daging dan ikan, pola makan ovo-vegetarian mengecualikan semua produk susu dan makanan yang dibuat menggunakannya, seperti susu sapi, keju, mentega, krim asam, yogurt, dan es krim.

Seseorang yang menjalankan diet ovo-vegetarian akan memasukkan telur dan hidangan telur, seperti telur orak-arik, telur rebus, dan omelet. Mereka juga dapat menggunakan telur dalam memanggang, seperti dalam muffin, kue, dan roti.

6 dari 8 halaman

Flexitarian

Flexitarian dirancang agar lebih fleksibel daripada pola makan vegan atau vegetarian yang ketat. Ini sesuai dengan istilah flexi yang mengarah pada fleksibel. Diet flexitarian menekankan manfaat makanan nabati sambil memperbolehkan konsumsi sejumlah kecil produk hewani.

Dibutuhkan pendekatan makan yang berfokus pada tumbuhan, tetapi mencakup beberapa daging dan produk hewani lainnya, seperti telur dan susu, dalam jumlah sedang.

Prinsip utama flexitarian termasuk makan sebagian besar makanan nabati utuh, mendapatkan sebagian besar protein dari tumbuhan daripada hewan, membatasi gula tambahan dan makanan olahan jika memungkinkan, dan sesekali memasukkan daging dan produk hewan.

Seorang yang flexitarian secara teknis tidak akan dianggap vegetarian karena mereka terkadang makan sedikit daging.

7 dari 8 halaman

Pescatarian

Pola makan pescatarian adalah pola makan nabati yang mencakup ikan. Istilah "pesce" dalam bahasa Italia berarti ikan. Meskipun seseorang yang menjalani diet pescatarian akan mengonsumsi makanan berbahan dasar ikan, seperti tuna, halibut, salmon, atau sushi, mereka biasanya akan menghindari daging lain, seperti daging sapi, ayam, atau babi.

Apakah makanan pescatarian mencakup produk susu dan telur cenderung berbeda dari orang ke orang. Diet pescatarian menawarkan manfaat mendapatkan asam lemak omega-3 yang sehat dari ikan dan makanan laut. Ini mungkin kurang dalam diet vegetarian tertentu.

8 dari 8 halaman

Vegan

Vegan termasuk pola makan vegetarian yang paling ketat. Pola makan vegan adalah pola makan yang mengecualikan semua produk turunan hewani, termasuk semua daging dan ikan, produk susu, dan telur. Beberapa orang yang menjalankan pola makan vegan juga memilih untuk mengecualikan madu karena diproduksi oleh lebah.

Pola makan vegan hanya didasarkan pada makanan nabati. Ini termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Pola makan vegan dapat memasukkan alternatif nabati seperti susu nabati, pengganti telur nabati, dan pengganti daging nabati seperti tahu, tempe, seitan, dan nangka.

Perbedaan lain dari pola makan vegan adalah cenderung melampaui pilihan makanan dan ke dalam kehidupan sehari-hari seseorang. Misalnya, seseorang yang menjalankan pola makan vegan mungkin menghindari pembelian produk konsumen - seperti kosmetik, pakaian, dan sepatu - yang menggunakan bahan yang berasal dari hewani atau telah diuji pada hewan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini