Sukses

8 Kondisioner Alami untuk Rambut Keriting, Cegah Kusut dan Kering

Liputan6.com, Jakarta Rambut keriting membutuhkan perawatan khusus untuk membuatnya tetap lembap dan mudah diatur. Tidak seperti rambut lurus, rambut keriting cenderung kurang lembap dan mudah kering, sehingga lebih sulit dirawat.

Kedua hal ini terjadi karena ikal rambut bertindak sebagai penghalang minyak alami dari kulit kepala untuk mengalir ke sepanjang rambut. Ini membuat rambut keriting memerlukan kelembapan ekstra. 

Salah satu cara menjaga kelembapan rambut adalah menggunakan kondisioner. Selain kondisioner yang dijual bebas, kamu juga bisa membuat kondisioner sendiri dengan bahan alami. Kondisioner alami untuk rambut keriting ini membantu melembapkan rambut, mencegah kerusakan, meningkatkan elastisitas, dan menambah kilau.

Bahan alami yang digunakan mampu menutrisi rambut dan membuatnya nampak sehat. Berikut 8 kondisioner alami untuk rambut keriting, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Rabu(9/12/2020).

2 dari 9 halaman

Yogurt dan santan

Yogurt bisa menjadi solusi untuk rambut keriting. Yogurt dan santan tidak hanya sangat melembabkan dan memperbaiki rambut yang rusak, tetapi juga membantu membuka ikal rambut dan memberikannya volume.

Campur satu sendok makan greek yogurt, seperempat cangkir santan, satu sendok makan minyak kelapa, dua sendok makan madu, dan empat tetes minyak esensial lavender. Bagilah rambut menjadi 6-8 bagian untuk aplikasi yang mudah.

Oleskan kondisioner ini ke setiap bagian rambut, pastikan telah melapisi seluruh rambut dari akar hingga ujungnya. Gulung rambut dan kenakan shower cap. Biarkan kondisioner selama 45 menit. Cuci dan keramas rambut seperti biasa.

3 dari 9 halaman

Minyak zaitun dan telur

Telur merupakan kondisioner alami yang bagus untuk rambut keriting karena mengandung vitamin A yang meningkatkan produksi sebum. Ini akan meningkatkan kemampuan rambut untuk melembapkan dirinya sendiri.

Minyak zaitun juga melembabkan rambut. Kedua bahan ini bekerja sama untuk menghilangkan kusut dan membuat ikal terlihat halus. Kamu hanya membutuhkan satu butir telur dan satu sendok makan minyak zaitun.

Kocok telur dan campur minyak zaitun ke dalamnya. Oleskan campuran ini ke seluruh rambut kering. Kenakan shower cap dan keringkan selama 10 menit. Cuci dan keramasi rambut dengan air dingin.

4 dari 9 halaman

Santan dan madu

Jika rambut keriting lembut adalah yang kamu inginkan, kamu mungkin membutuhkan kondisioner alami ini. Sementara santan memulihkan rambut yang rusak, madu melembutkan dan melembapkannya. Cobalah kondisioner alami ini untuk mendapatkan ikal yang berkilau dan halus.

Campur satu cangkir santan dengan empat sendok makan madu. Kocok santan dan madu hingga tercampur rata. Setelah keramas, oleskan campuran ini ke seluruh bagian rambut. Biarkan kondisioner selama 10 menit. Cuci bersih dengan air dingin.

5 dari 9 halaman

Lemon, minyak zaitun, dan santan

Kondisioner alami ini mampu mengatasi rambut ikal lepek dan kusam. Minyak zaitun dan santan sangat bagus untuk melembapkan rambut dan meningkatkan kesehatan rambut. Sementara itu, air lemon adalah bahan bagus lainnya untuk meningkatkan kelembapan, mengurangi rambut kusut, dan membantu mengatur ikal rambut.

Campur dua sendok teh jus lemon, dua sendok teh minyak zaitun, dan satu sendok makan santan. Oleskan campuran tersebut pada rambut kering dan biarkan selama 20 menit. Cuci bersih dan keramas dengan air hangat.

6 dari 9 halaman

Alpukat dan baking soda

Alpukat mengandung asam amino lemak yang tidak hanya melembapkan rambut tetapi juga membantu mempertahankan kelembapan. Menggunakannya sebagai sampo dan kondisioner alami DIY untuk rambut keriting membersihkan kotoran dan menumpuk di kulit kepala sambil menutrisi rambut ikal.

Hancurkan satu buah alpukat dan campurkan dua sendok soda kue ke dalamnya. Tambahkan satu sendok makan air ke dalam campuran hingga mendapatkan pasta yang halus. Basahi rambut dan lapisi dengan pasta ini dari akar hingga ujung. Biarkan pasta selama 5 menit lalu cuci bersih dengan air dingin.

7 dari 9 halaman

Pisang dan susu

Pisang mengandung banyak vitamin, kalium, dan minyak alami yang melembapkan rambut. Ini membuatnya tampak berkilau, dan meningkatkan elastisitas, yang mengurangi kerusakan. Perpaduannya dengan susu mampu meningkatkan kelembapan alami.

Hancurkan satu buah pisang dan campur dengan tiga sendok susu sampai menjadi pasta yang kental. Oleskan pasta ini ke rambut kering dari akar hingga ujung. Kenakan shower cap dan biarkan selama 30 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan keramasi rambut.

8 dari 9 halaman

Lidah buaya dan minyak almond

Lidah buaya dan minyak almond akan membuat rambut keritingmu terlihat halus dan berkilau. Gel lidah buaya bekerja sebagai pelembap alami yang menghaluskan kutikula rambut untuk mengurangi kusut. Kondisioner ini sangat bagus untuk rambut keriting karena memberikan serta mengunci kelembapan pada rambut. Semetara minyak almond memberi rambut ikal kilau yang bersinar.

Campurkan dua sendok makan gel lidah buaya, satu sendok makan minyak almond manis, dan setengah gelas air sampai menjadi pasta encer. Oleskan pasta pada rambut lembap dan biarkan selama 20 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan keramas rambut seperti biasa.

9 dari 9 halaman

Kesemek

Buah berwarna oranye ini mengandung vitamin A, B, dan C yang merangsang pertumbuhan rambut dan membuat ikal terlihat lebih tebal. Kombinasi dengan madu dan minyak esensial membantu memanjakan rambut keriting dan mengkondisikannya dari dalam.

Kupas dan haluskan satu buah kesemek di dalam food processor. Tambahkan seperempat cangkir madu, satu ranting rosemary kering, tiga sendok makan minyak almond, dan lima tetes minyak esensial lavender. Oleskan pasta ke seluruh rambut dari akar hingga ujung. Biarkan selama 10 menit lalu bilas bersih dengan air hangat dan sampo ringan.