Sukses

10 Fungsi Presentasi Video, Ketahui Aplikasi yang Bisa Digunakan

Liputan6.com, Jakarta Presentasi adalah kegiatan untuk menyampaikan sebuah gagasan atau ide dengan maksud tertentu. Persis seperti fungsi presentasi video, yakni membagi informasi, menghibur, menyentuh emosi, memotivasi, sampai promosi.

Jika membicarakan fungsi presentasi video, pada dasarnya berperan menyampaikan informasi audio-visual yang tidak bisa diwakili dengan presentasi teks dan gambar. Hal inilah yang membuat presentasi video semakin banyak digunakan.

Presentasi video adalah metode penyampaikan dengan menggabungkan gambar, suara, efek, dan teks menjadi satu kesatuan dengan aplikasi video editing. Bisa dikatakan, secara sederhana fungsi presentasi video adalah memudahkan audiens menerima dan memahami sebuah pesan.

Berikut Liputan6.com ulas fungsi presentasi video dari berbagai sumber, Rabu (9/12/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Presentasi Menurut Ahli

Erwin Sutomo (2007:1)

Pengertian presentasi adalah suatu kegiatan aktif dimana seorang pembicara menyampaikan dan mengomunikasikan ide serta informasi kepada sekelompok audiens.

Titik Triwidodo dan Djoko Kristanto (2004:157)

Pengertian presentasi adalah suatu bentuk laporan lisan mengenai suatu fakta tertentu kepada komunikan.

Terra C. Triwahyuni dan Abdul Kadir (2004:1)

Presentasi adalah kegiatan yang penting dalam mengomunikasikan suatu gagasan kepada orang lain dengan berbagai tujuan, misalnya untuk menarik audiensi agar membeli produk, menggunakan jasa, atau untuk kepentingan orang lain.

Djoko Purwanto (2003:247)

Secara umum presentasi adalah memiliki empat tujuan pokok. Pertama menginformasikan pesan-pesan bisnis kepada audiens. Kedua menghibur audiens. Ketiga menyentuh emosi audiens. Keempat memotivasi audiens untuk bertindak sesuatu.

3 dari 5 halaman

Presentasi Video

Pada dasarnya, presentasi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Metode presentasi yang umum dilakukan, yakni menggunakan teks dan gambar ilustrasi saja. Selain teks, sebenarnya model presentasi video juga bisa dijadikan pilihan.

Presentasi video adalah presentasi dengan pengembangan gagasan, ide, rencana, dan informasi dalam bentuk audio-visual. Visualisasinya direpresentasikan gambar gerak, suara, dan efek. Pembuatan presentasi video diwujudkan dalam bentuk penataan urutan gambar agar utuh menjadi satu kesatuan.

Jika dilihat dari fungsi presentasi video, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan presentasi teks dan gambar saja. Sama-sama bertujuan memberi informasi, mengemukakan pendapat, menghibur, dan lain-lain. Perbedaannya hanya, presentasi video dilakukan saat presentasi teks tidak bisa mewakili penjelasan.

4 dari 5 halaman

Fungsi Presentasi Video

1. Fungsi presentasi video adalah menyampaikan informasi yang biasa, penting, dan rahasia.

2. Fungsi presentasi video adalah memengaruhi audiens atau pendengar dengan suatu gagasan audio-visual.

3. Fungsi presentasi video adalah memotivasi dan menginspirasi audiens agar tujuan penyampaian gagasan bisa lebih mudah dimengerti.

4. Fungsi presentasi video adalah memiliki tujuan membuat audiens atau pendengar bisa mencetuskan ide atau gagasan baru sesuai keinginan yang melakukan presentasi.

5. Fungsi presentasi video adalah mengenalkan sesuatu, entah itu diri, organisasi, perusahaan, dan lain sebagainya.

6. Fungsi presentasi video adalah promosi suatu produk agar memikat bagi audiens.

7. Fungsi presentasi video adalah memberikan materi pembelajaran agar mudah dipahami pendengar atau audiens.

8. Fungsi presentasi video adalah menyampaikan sebuah berita dalam bentuk fakta yang faktual.

9. Fungsi presentasi video adalah menuturkan sebuah cerita menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami audiens.

10. Fungsi presentasi video adalah menyampaikan permasalahan, solusi, dan cara kerja.

5 dari 5 halaman

Aplikasi Presentasi Video

Power Director

Menggunakan aplikasi ini kamu bisa menggunakan tiga layer yang berbeda dalam mengedit, juga memiliki efek yang beragam.

Selain mudah digunakan dan memiliki beragam fitur seperti mampu mengganti layar hijau dengan background lain, Power Director juga bisa mengirimkan hasil editan ke Google Drive dengan mudah.

Kinemaster

Buat yang menginginkan aplikasi edit video dengan penggunaan yang mudah serta memiliki banyak fitur canggih, Kinemaster adalah pilihannya. Di sini banyak disediakan ragam layer yang bisa kamu gunakan unyuk mengedit video seperti layaknya master atau ahli.

InShot

Video dengan format apa saja bisa dibuka dalam Inshot. Ada fitur trim untuk memotong video. Ada canvas untuk mengatur rasio video dan frame juga bisa menggunakan frame yang tersedia atau juga mengaturnya sendiri.

Frame bisa diatur sendiri dengan menggerakkan jari telunjuk dan jari tengah pada video. Ada fitur filter untuk mengatur warna. Bisa mengaturnya otomatis dengan filter dan effect, sedangkan untuk mengaturnya sendiri bisa menggunakan adjust.

Inshot juga menyediakan fitur musik untuk mengatur suara dalam video. Sticker untuk menambahkan stiker dan gambar. Fitur text untuk menambah teks yang bisa bergerak seperti teks pada power point.

Fitur speed untuk mengatur cepat-lambatnya gerak gambar kemudian fitur background untuk mengatur latar belakang video. Dan fitur crop, rotate, flip untuk mengatur keseimbangan objek dalam video.

Viva Video

Pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan aplikasi ini. Banyaknya pengguna aplikasi edit video ini menandakan memang mudahnya penggunaannya.

Aplikasi ini menyediakan ragam transisi, daftar music atau backsound, dan juga efek yang bisa ditambahkan pada video kamu. Selain itu juga tersedia pilihan untuk memotong dan menggabungkan video dengan cara yang mudah.

Action Director

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang masih pemula dalam proses editing video. Fitur edit yang disediakan oleh aplikasi ini hanya sebatas memotong, mengatur kecepatan klip video, pilihan transisi, menambahkan judul, stiker, dan suara atau backsound.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.