Sukses

Melisha Sidabutar Kontestan Indonesian Idol Meninggal Dunia, Ini 6 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2020. Salah satu kontestan ajang bergengsi tersebut yang bernama Melisha Sidabutar meninggal dunia pada Selasa (8/11/2020). Kabar kepergian peserta Indonesian Idol Special Season untuk selama-lamanya itu dibagikan oleh seorang pengguna Instagram bernama Ellysia Belinda yang diduga kerabat dari Melisha.

"Melisha dipanggil Tuhan. Jujur sedih banget. Ini keluarga masih belum bisa terima. Kita doakan ketabahan dan penyertaan Tuhan menyertai keluarga. Amin," tulis Ellysia di Instagram Stories-nya. 

Meninggalnya Melisha Sidabutar tentu menyisakan duka yang mendalam bagi keluarga dan para penggemarnya. Kabar kepergian kembaran Melitha Sidabutar ini juga sampai ke telinga para juri Indonesian Idol seperti Rossa, Maia Estianty, Judika dan Ari Lasso. Secara khusus, para juri menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian Melisha Sidabutar.

Meski baru menjadi kontenstan Indonesian Idol, Melisha Sidabutar sudah mendapat tempat tersendiri di hati penonoton. Berikut fakta-fakta meninggalnya Melisha Sidabutar, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (9/12/2020).

2 dari 7 halaman

1. Meninggal karena Pembengkakan Jantung

Kepergiannya secara tiba-tiba ini tentu mengejutkan publik. Ellysia Belinda, yang diduga merupakan kerabat dekat Melisha Sidabutar, mengumumkan informasi penyanyi berambut panjang tersebut meninggal dunia.

Melalui akun Instagramnya, Ellysia menyebutkan jika keluarga amat terpukul dengan kepergian Melisha Sidabutar. Ellysia juga menceritakan jika Melisha Sidabutar tutup usia karena mengalami pembengkakan pada bagian jantungnya.

"Jadi emang udah lemes dari pagi or kemarin (nggak tau jelasnya ya guys). Terus mamanya cerita, mau dibawa ke RS dari kemarin, cuma Melisa bilang nggak usah, takut covid. Akhirnya hari ini bener-bener lemes dan terjadilah kejadian singkat ini," ungkap Ellysia.

3 dari 7 halaman

2. Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Sempat menolak, akhirnya keluarga memutuskan membawa Melisha Sidabutar ke rumah sakit. Sayangnya, ada kendala soal peralatan medis yang dibutuhkan untuk memeriksa kondisi Melisha Sidabutar.

"Dari siang udah dibawa ke RS THB, ke RS Citra juga tapi di Citra nggak ada alat CPR itu loh yang buat kagetin detak antung. Kezel gue. Dan jam 5 tadi sudah ada surat keterangan dari dokter telah tiada," dia menerangkan.

4 dari 7 halaman

3. Panggung Indonesian Idol Jadi Kenangan Terakhir

Kabar meninggal dunia Melisha Sidabutar diumumkan oleh akun Instagram resmi Indonesian Idol, Rabu (9/12/2020). Melisha Sidabutar meninggalkan bakat musik yang begitu besar di usia 19 tahun. Panggung Indonesian Idol menjadi satu kenangan terakhir yang ditinggalkan Melisha Sidabutar secara terbuka di akun Instagram miliknya, @melishapricilla.

Melisha membagikan sejumlah fotonya saat bernyanyi di ajang ini, juga reaksinya saat masuk panggung eliminasi. Dalam unggahan terakhirnya, Melisha menceritakan kesan pertamanya saat masuk panggung eliminasi. Melisha menuangkan rasa bahagianya setelah berhasil lolos di tahap eliminasi pertama.

"First impression aku soal panggung eliminasi tuh “astaga gede banget” HAHAH— ini beneran! Udah gitu digabung sama temen sebatch yang cantik-cantik & suaranya bagus-bagus sekali. Gugup sekaligus senang karena aku belajar banyak di Eliminasi 1 ini. Tuhan Baik! Puji Tuhan aku dikasih kesempatan untuk lolos ke Eliminasi 2. Semua karna DIA," tulis Melisha Sidabutar di unggahan terakhir Instagram pribadinya.

5 dari 7 halaman

4. Ucapan Selamat Jalan dari Kembarannya, Melitha Sidabutar

Melisha Sidabutar memiliki kembaran yang bernama Melitha Sidabutar. Lewat akun Instagram-nya, sang adik menyampaikan selamat jalan dengan untaian kalimat yang menyentuh. Melitha juga mengungkap rasa sayangnya yang begitu dalam terhadap saudara kembarnya itu.

"She's the prettiest person I've ever met," tulis Melitha Sidabutar pada Rabu (9/12/2020). Bersama keterangan itu, Melitha mengunggah foto dirinya dan Melisha Idol di depan pohon natal.

"The Best person I've ever know. Orang yang paling aku sayang. Terhebat yang pernah aku temui," tulisnya lagi dengan memperlihatkan momen-momen kebersamaan keduanya, termasuk foto masa kecil.

Sebelumnya, Melitha juga mengikuti audisi Indonesian Idol. Namun yang lanjut hingga tahap eliminasi hanya Melisha Sidabutar. Kemudian, Melisha pun berhasil menuju babak eliminasi 3. Kemenangan itu dipersembahkannya untuk sang kembaran, Melitha yang sebelumnya gagal.

6 dari 7 halaman

5. Ucapan Bela Sungkawa Juri Indonesian Idol

Masih lekang dalam ingatan, para juri Indonesian Idol yang terdiri dari Ari Lasso, Anang Hermansyah, Maia Estianty, Rossa dan Judika bertemu dengan Melisha Sidabutar di tahap audisi. Kala itu, para juri menyimak karakter vokal Melisha Sidabutar membawakan lagu yang dipopulerkan Destiny's Child berjudul "Emotion".

Para juri Indonesian Idol bereaksi atas kabar meninggalnya Melisha Sidabutar, kontestan Indonesian Idol yang mencuri perhatian mereka dari tahap audisi hingga menempuh babak eliminasi. Mereka ikut menyampaikan rasa kehilangan yang begitu besar terhadap kepergian Melisha Sidabutar.

Lewat akun Instagram masing-masing, para juri mengungah foto Melisha Sidabutar dengan diiringi ucapan bela sungkawa.

Rest in Peace dear Melisha," tulis Rossa di unggaha Instagramnya pada Rabu (9/12/2020).

"Dukacita mendalam utk seluruh keluarga.. TUHAN menguatkan," tulis Ari Lasso dengan memajang emotikon menangis dan memberi salam.

"RIP @melishapricilla sidabutar..Sempet duet lagu batak Ujuni ngolu sama melisa waktu audisi..Semoga tenang disana dan buat @melithatricia dan keluarga besar diberi kekuatan,kesabaran dan penghiburan dari TUHAN," tulis Judika.

"Beautiful soul is never forgotten"Keluarga besar Indonesian Idol turut berduka cita atas berpulangnya "Melisha Sidabutar" Kontestan Top 35 #IdolSpecialSeason Rest In Peace Melisha," tulis Anang Hermansyah.

7 dari 7 halaman

6. Diurapi dan Diformalin

Dari update terbaru Ellysia, diketahui jika jenazah dari almarhumah sudah dibawa ke rumah duka dan telah dimandikan dan didoakan bersama. Setelahnya, jenazah juga akan diformalin.

"Setelah ibadah bersama, Melisha diurapi dan akan diformalin. Kita doakan penyertaan Tuhan untuk keluarga yang ditinggalkan," tuntas Ellysia.