Sukses

6 TPS Unik Ini Pernah Warnai Pilkada di Indonesia, Bikin Nostalgia

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2020 diselenggarakan serentak di Indonesia pada Rabu (9/12/2020). Pilkada 2020 terasa berbeda karena harus mematuhi protokol kesehatan. Hal itu dikarenakan kondisi pandemi Corona Covid-19 yang masih berlangsung.

Jika biasanya Pilkada dilaksanakan dengan meriah, kini Pilkada 2020 malah sebaliknya. Pemilihan hanya dilangsungkan dengan cepat dan menghindari kerumunan. Meski begitu, Pilkada 2020 tetap diselenggarakan dan masyarakat masih tetap antusias memilih calon kepala daerah. 

Kilas balik di Pilkada tahun-tahun sebelumnya, selalu ada hal menarik yang menyertainya. Seperti ada tempat pemungutan suara atau TPS yang dibuat seunik dan semenarik mungkin. TPS unik tersebut berhasil mengundang perhatian publik sehingga banyak yang mengabadikannya dan menyebarluaskan ke media sosial.

Penasaran kan apa saja TPS unik yang pernah mewarnai Pilkada di Indonesia? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, TPS unik yang pernah mewarnai Pilkada di Indonesia, Rabu (9/12/2020).

2 dari 7 halaman

1. TPS Arum Jeram, Semarang

TPS 2 Kelurahan Kandri di Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah menjadi sorotan pada Pilkada 2015. Para petugas KPPS kompak berdanda bak pecinta alam yang akan melakukan arung jeram di sungai. Totalitas para petugas KPPS ini terlihat dengan lengkap membawa pelampung dan helm untuk arung jeram.

3 dari 7 halaman

2. TPS Wayang, Sidoarjo

Pilkada 2015 di Sidoarjo tak kalah mencuri perhatian. Tepatnya di TPS 19, Aloha, Kota Sidoarjo , anggota KPPS kompak mengenakan kostum wayang saat bertugas. Keunikan inilah yang membuat warga semangat untuk ke TPS.

4 dari 7 halaman

3. TPS Bus di Solo

Konsep TPS yang unik juga ada di Kampung Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Kota Solo pada 2015. Keunikan TPS 7 Tegalmulyo ini memang berhasil jadi perhatian karena TPS bukan di rumah melainkan di dalam bus. Di dalam bus ini terdapat beberapa bilik pengisian suara bertulisan KPU. Selain itu, sebelum memilih para petugas memanggil pemilih dengan cara memukul gong.

5 dari 7 halaman

4. TPS Superhero di Bandung

Pilkada 2018 di TPS 20, 21, 22 di RW 8 Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung  sangat unik. Petugas KPPS menghadirkan superhero seperti Iron Man, Batman, dan Kapten Amerika untuk ikut serta memeriahkan Pilkada. Para pemilih pun antusias datang ke TPS untuk berfoto.

6 dari 7 halaman

5. TPS Nikahan di Makassar

Pilkada 2018 di TPS 01 RW 01 Tidung Mariolo, Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini, Makassar ini temanya sangat unik. Pasalnya, TPS dibuat bak acara pernkahan. TPS tema nikahan ini semakin unik karena petugas KPPS juga mengenakan pakaian adat kerajaan Bugis-Makassar.

7 dari 7 halaman

6. TPS Hantu di Semarang

Pilkada 2018 juga dihiasi oleh TPS unik di Semarang tepatnya di pemakaman Bergota, RW 3 RT 7 Gunung Brintik, Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan. Petugas KPPS dengan kompak berdandan bak hantu seram yang bikin bulu kuduk merinding. Keunikan inilah yang membuat pemilih merasakan sensasi berbeda yang tak terlupakan.