Sukses

PayPal adalah Layanan Transaksi Keuangan Virtual, Kenali Fungsi dan Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta PayPal adalah salah satu alternatif pembayaran digital yang bisa kamu gunakan pada transaksi secara online. Sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakannya, karena salah satu keistimewaan PayPal ini adalah membuat kamu bisa bertransaksi hingga ke luar negeri.

 

Hal ini tentunya membuat kamu akan lebih cepat dan mudah dalam bertransaksi secara online. Kamu bisa menggunakan PayPal saat belanja dari berbagai situs e-commerce terkemuka dunia seperti eBay, Amazon, dan lain-lain.

Paypal adalah layanan transaksi keuangan virtual. Hal ini memungkinkan kamu membayar, mengirim uang, hingga menerima pembayaran secara virtual. Layanan ini dibuat untuk memudahkan transaksi online seperti situs-situs belanja online.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/12/2020) tentang paypal adalah.

2 dari 4 halaman

PayPal adalah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, paypal adalah layanan transaksi keuangan secara virtual yang memungkinkan kamu membayar, mengirim, dan menerima pembayaran secara virtual. PayPal adalah sistem pembayaran secara elektronik yang menggantikan transaksi konvensional seperti cek dan transfer uang.

PayPal adalah sebuah layanan yang dapat diibaratkan seperti kamu memiliki rekening secara online. Hal ini dapat digunakan untuk membeli produk dan menerima dana dari orang lain. Paypal adalah layanan yang dapat diakses di manapun dan kapanpun. Kamu juga bisa menggunakannya dalam melakukan pembayaran dengan sumber dana baik dari kartu kredit, kartu debit ataupun rekening bank.

PayPal adalah layanan yang dapat mempermudah pengelola toko online, penjual jasa, dan lain-lain untuk menawarkan alternatif pembayaran bagi pelanggan mereka. Pada intinya PayPal adalah layanan transaksi online yang memudahkan kamu untuk mendapatkan sesuatu lewat situs belanja online.

PayPal sendiri bisa digunakan via browser dan juga tersedia untuk platform Android, iOS dan Windows Phone.

3 dari 4 halaman

Fungsi PayPal

Setelah mengenali tentang pengertiannya, tentunya kamu juga harus mengetahui berbagai fungsi PayPal. Fungsi PayPal adalah sebagai berikut:

Mengirim dan Menerima Dana

PayPal adalah salah satu alat transaksi online yang paling banyak digunakan secara global. Melalui PayPal, dengan mudah bisa mengirimkan sejumlah dana kepada orang lain yang juga memiliki rekening PayPal. Selain mengirimkan dana, kamu juga bisa menerima sejumlah transfer dari seseorang yang memiliki rekening PayPal.

Transaksi Online Lebih Cepat dan Mudah

PayPal membuat berbagai transaksi keuangan secara online menjadi lebih cepat dan mudah. Apalagi, semua orang bisa mengirim dan menerima uang dengan mudah melalui rekening PayPal yang dimiliki.

Dengan begitu, beragam transaksi jual beli bisa dilakukan dengan praktis, karena semua orang dapat membeli dan menjual berbagai barang kebutuhan mereka melalui situs online yang dapat menjangkau hampir seluruh negara.

Menjaga Kerahasiaan Data Diri Pengguna

PayPal juga dapat membantu menjaga kerahasiaan data diri saat melakukan transaksi online. Pembayaran melalui PayPal bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengirimkan atau memberi tahu berbagai informasi perbankan kamu, yang biasanya akan tersimpan di dalam kartu kredit atau rekening pribadi lainnya. PayPal banyak digunakan sebagai sumber dana dalam melakukan berbagai transaksi online, baik itu pembayaran maupun penerimaan dana yang terjadi di dalam bisnis online.

Bisa Melakukan Transaksi Jual Beli Antarnegara

Salah satu keistimewaan PayPal adalah bersifat global karena mampu melakukan transaksi jual beli antar negara. Saat ini PayPal merupakan salah satu metode pembayaran yang mudah diterima oleh berbagai situs belanja online di seluruh dunia.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Akun PayPal

Sebelum membuat Akun PayPal, kamu perlu melengkapi beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Pembayaran bisa mulai diterima setelah beberapa informasi berikut disediakan:

- Mempunyai alamat email yang valid dan bisa diakses, serta nomor telepon aktif

- Informasi pemilik rekening (kartu identiitas pribadi, bisa berupa KTP, SIM, atau passport)

- Statement bulanan kartu kredit yang masih aktif untuk proses verifikasi.

Setelah semua persyaratan dipenuhi, kamu sudah bisa membuat akun PayPal. Cara membuat PayPal tidaklah sulit. Kamu tinggal membukanya lewat smartphone maupun laptopmu di rumah. Beirkut cara membuat PayPal yang perlu kamu ikuti:

- Buka Situs PayPal. Masuk ke browser dan buka web Paypal di https://www.paypal.com/id/home.

- Daftar. Klik tombol Buat Akun Sekarang atau pilih menu Daftar di pojok kanan atas.

- Pilih jenis akun. Kamu bisa memilih jenis akun pribadi atau bisnis. Keudanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

- Isi data diri, seperti nama lengkap, asal negara, alamat email, alamat rumah, dan beberapa informasi yang dibutuhkan untuk pembukaan akun PayPal. 

- Sambungkan dengan rekening. Akan muncul permintaan untuk menyambungkan akun PayPal dengan rekening debit atau kartu kredit bank yang kamu gunakan. 

- Konfirmasi via email. Sebelum bisa bertransaksi menggunakan PayPal, kamu harus lakukan konfirmasi atau aktivasi akun dulu lewat tautan yang dikirimkan PayPal ke email yang kamu daftarkan. 

- Akun Paypal sudah siap digunakan