Sukses

7 Cara Memilih Kaca Film Mobil yang Tepat, Banyak Manfaatnya

Jangan sembarangan memilih kaca film, sebab akan berakibat fatal bagi keselamatan dan bisa mengurangi estetika.

Liputan6.com, Jakarta Kaca film saat ini telah menjadi salah satu komponen yang sangat penting pada mobil. Ada beberapa manfaat penggunaan kaca film, seperti membatasi penglihatan dari luar kabin sehingga privasi dapat terjaga, menolak panas matahari tanpa perlu tirai konvensional, menyejukkan pandangan mata ke luar kabin mobil pada siang hari, membuat tampilan mobil lebih bagus.

Lalu, manfaat kaca film dari segi kesehatan dan keamanan seperti mampu menolak sinar UV dari sinar matahari yang merugikan kesehatan kulit, menambah kekuatan kaca secara signifikan, menahan pecahan kaca bila pecah sehingga tidak melukai orang dalam kabin mobil, serta menghambat pelaku kejahatan yang akan masuk kabin mobil.

Tapi, jika salah cara memilih kaca film mobil, justru akan mengganggu kenyamanan pengemudi. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pemilik mobil adalah penggunaan kaca film yang terlalu gelap sehingga berpotensi mengurangi jarak pandang.

Selain cara memilih kaca film mobil dari segi fungsinya, banyak yang tergiur dengan harga kaca film murah. Padahal, kaca film dengan harga murah tidak selalu terjamin kualitasnya.

Itulah mengapa, penting memahami bagaimana cara memilih kaca film mobil seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini, Kamis (10/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Sesuaikan Tingkat Kegelapan

Penggunaan kaca film yang gelap memang bisa membuat kendaraan terasa lebih aman dan lebih mendapat privasi, sebab tidak dapat dilihat dari luar. Kendati demikian, jika kaca film terlalu gelap, justru berakibat pada risiko gangguan keselamatan. Sebab, kaca film yang terlalu gelap bisa memengaruhi jarak pandang dari pengemudi.

Maka, pemilik mobil disarankan untuk memilih jenis kaca dengan tingkat kegelapan maksimal 40 persen. Pasalnya tingkat kegelapan 40 persen atau kurang, masih sangat memungkinkan pengendara memiliki jarak pandang cukup jauh di siang hari dengan jarak visibilitas minimal 500 meter ke depan.

3 dari 8 halaman

2. Terlihat Terang dari Dalam

Cara memilih kaca film mobil selanjutnya, pastikan jika pandangan pengemudi mobil meski menggunakan kaca film tetap terlihat terang dari dalam. Sebab, beberapa jenis kaca film tampak gelap baik dari dalam maupun luar mobil. Dengan kondisi tersebut tentunya sangat mengganggu pandangan pengendara terutama pada malam hari.

4 dari 8 halaman

3. Pilih yang Memiliki Fitur UV 400

Seperti yang sudah umum diketahui, salah satu fungsi dari penggunaan kaca film yaitu untuk menahan panas matahari. Maka tidak heran, jika sangat disarankan untuk memilih kaca film yang memiliki perlindungan UV 400.

Sebab, adanya fitur kaca film berupa UV 400 mampu melindungi kulit dari panasnya sinar matahari. Fitur perlindungan UV 400 tersebut dapat menolak sinar matahari bahkan mencapai 99 persen. Dengan cara memilih kaca film mobil tersebut, selain mampu membuat nyaman penumpang yang ada di dalam mobil, juga menjaga kesehatan tubuh terutama kulit dari paparan UV berlebih.

5 dari 8 halaman

4. Sesuaikan dengan Warna Mobil

Selanjutnya, cara memilih kaca film mobil juga perlu diperhatikan dari segi warnanya. Pasalnya, pemilihan warna yang tepat pada kaca film akan sangat memengaruhi estetika. Jika asal memilih warna serta kepekatan kaca film, bisa jadi akan membuat tampilan mobil jadi kurang menarik bahkan terkesan tidak rapi, karena warna kaca film dan bodi mobil saling bertabrakan.

6 dari 8 halaman

5. Pilih Merek Ternama

Berbagai jenis kaca film punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka tidak heran jika cara memilih kaca film mobil akan lebih bijak apabila memilih merek-merek ternama. Sebab, beragam merek yang sudah lama eksis di Indonesia pasti telah mengenal dengan baik karakter cuaca, suhu serta karakter pemakaian rata-rata pengguna mobil di Tanah Air. Dengan begitu, tidak perlu khawatir jika kaca film yang digunakan dari merek ternama tidak cocok dan justru membuat tidak nyaman.

7 dari 8 halaman

6. Pilih yang Memiliki Purna Jual Baik

Selain dari beberapa cara memilih kaca film mobil di atas, perlu diketahui jika layanan purna jual kaca film juga jadi pertimbangan besar. Layanan purna jual akan menjamin kualitas dari kaca film yang digunakan.

Kualitas purna jual yang baik meliputi garansi pelayanan terhadap perubahan warna, pengelupasan, keretakan, delaminasi atau demetalisasi yang bisa disebabkan oleh kesalahan manufaktur bahan maupun instalasi.

8 dari 8 halaman

7. Sesuaikan Budget

Cara memilih kaca film mobil yang terakhir tidak lain perihal budget. Sebelum membeli kaca film ada baiknya menyesuaikan budget, jenis mobil, domisili dan selera. Memang, kaca film dengan kualitas terbaik dipastikan kualitasnya tahan lama, lebih menarik mata serta bisa dipastikan jika memiliki kemampuan untuk menolak panas yang lebih baik.

Tapi, jika memang budget sangat terbatas, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak toko penjual kaca film, dan cari solusi terbaik. Pasalnya, nekat menggunakan kaca film murah hanya akan merugikan dan membuat Anda keluar uang berkali-kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.