Sukses

16 Manfaat Teh Celup untuk Kecantikan, Wajah Cerah Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Ada segudang manfaat teh celup untuk kecantikan yang selama ini kerap diabaikan. Banyak yang membuang kantungnya setelah menyeduh teh celup. Padahal teh celup yang sudah diseduh masih kaya vitamin, mineral, antioksidan, antibakteri, kafein, flavonoid, dan tanin.

Kandungan yang dimiliki teh celup sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit, mata, dan bibir. Bisa dijadikan toner, scrub, pelembap, masker, kompres, dan lain sebagainya. Penerapan manfaat teh celup untuk kecantikan mudah dan beragam sekali bukan?

Tidak hanya teh hitam, manfaat teh celup untuk kecantikan bisa mengandalkan jenis teh lainnya. Mulai dari teh hijau, teh chamomile, teh calendula, teh lavender, dan teh adas. Untuk campurannya juga enggak ribet, minyak essensial, lemon, dan lain-lain.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat teh celup untuk kecantikan dari berbagai sumber, Kamis (10/12/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat Teh Celup untuk Kecantikan

Kantung Mata

Kantung mata bisa dihilangkan dengan manfaat teh celup untuk kecantikan. Teh celup yang direkomendasikan adalah teh hijau. Saat diseduh, kantung teh akan melepaskan vitamin dan antioksidan yang bisa membantu mencerahkan warna alami kulit wajah.

Teh mengandung kafein yang mengecilkan pembuluh darah dan mengobati lingkaran hitam di sekitar mata. Tanin dalam teh bisa membantu dalam merawatnya.

Hanya perlu memasukkan kantung teh hijau bekas ke dalam kulkas saat selesai digunakan, lalu biarkan semalaman. Lalu aplikasikan kantung teh ini di atas mata tertutup selama 10-15 menit untuk relaksasi, meredakan stres dan otot mata yang lelah, dan menghilangkan kantung mata.

Melembapkan Mata Kering

Mata yang kering sangat butuh dilembapkan. Kelembapan mata bisa didapat dari manfaat teh celup untuk kecantikan. Penerapannya juga sangat mudah dan bisa pakai teh hitam.

Mata kering biasanya terjadi pada orang-orang yang sering melakukan perjalanan. Terutama yang menggunakan kendaraan roda dua atau seharian bekerja di ruangan ber-AC.

Mata Panda

Mata panda yang memunculkan lingkaran hitam di sekitar mata sangat mengganggu penampilan. Berikut membuat kepercayaan diri hilang dan nampak tidak sehat. Untuk bisa menghilangkan, manfaat teh celup untuk kecantikan patut dijadikan pilihan.

Lingkaran hitam di sekitar mata biasanya muncul saat seseorang kurang tidur, sering menatap layar, dan kelelahan. Teh hitam atau teh hijau mengandung kafein untuk melancarkan kembali pembuluh darah sekitar mata. Ketika pembuluh darah lancar, maka lingkaran hitam yang muncul di sekitar mata akan tersamarkan dengan sendirinya.

3 dari 7 halaman

Manfaat Teh Celup untuk Kecantikan

Toner Alami

Ampas yang ada pada teh celup bisa digunakan sebagai pengganti toner. Ampas teh akan membantu membersihkan kotoran yang menyumbat di pori-pori, mengecilkannya, dan menjaganya agar tetap terhidrasi.

Seduh teh hijau menggunakan air hangat. Diamkan dalam suhu ruangan hingga dingin. Lalu tambahakan beberapa tetes minyak essensial yang sesuai jenis kulit Anda. Tuang cairan dalam botol spray yang bersih.

Semprotkan larutan pada wajah atau dioleskan menggunakan kapas. Bisa disimpan dalam kulkas supaya lebih tahan lama dan cocok digunakan pada wajah dalam keadaan dingin tersebut.

Jerawat

Teh celup dapat membantu menyembuhkan jerawat. Daun teh yang sudah diseduh dalam bentuk halus bisa dijadikan masker wajah. Penggunaannya secara teratur bisa membantu menyembuhkan jerawat.

Teh bersifat mengurangi inflamasi dan anti bakteri sehingga sangat ampuh meredakan pembengkakan atau jerawat meradang. Maka dengan menerapkan masker teh, akan lebih cepat membersihkan wajah dari jerawat beserta bekasnya.

Mata Bengkak

Teh celup memiliki kandungan flavonoid yang dapat memulihkan mata bengkak. Kandungan ini termasuk antioksidan dan tanin yang memiliki efek positif untuk mata bengkak. Selain mata bengkak, teh celup turut serta membuat area di sekitarnya kencang secara alami.

Pada dasarnya, kafein bisa menyempitkan pembuluh darah dalam jaringan sehingga mengurangi pembengkakan. Tidak hanya teh celup biasa, tetapi teh chamomile bisa dijadikan pilihan. Teh ini akan menenangkan mata yang meradang.

4 dari 7 halaman

Manfaat Teh Celup untuk Kecantikan

Mencerahkan Kulit

Antioksidan yang dimiliki daun teh dalam teh celup dapat membantu meningkatkan cahaya kulit. Untuk bisa merasakan manfaatnya, teh celup bisa dijadikan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mendapatkan kulit yang sehat.

Caranya mudah saja, setelah menggunakan kantong teh, biarkan kantong teh mengering. Potong kantong teh, ambil tehnya dan gosokkan di wajahmu dengan lembut dalam gerakan melingkar dengan ujung jarimu selama lima menit. Kemudian bilas dengan air.

Penuaan Dini

Manfaat teh celup bekas untuk wajah dapat mencegah penuaan dini. Hal ini masih berkaitan dengan kandungan antioksidan. Antioksidan dalam teh bukan hanya bisa mencerahkan kulit tapi juga melawan radikal bebas yang memicu penuaan dini.

Rajin menjadikan teh celup sebagai masker bisa mengurangi munculnya garis atau kerutan wajah. Teh celup ini cocok digunakan bagi yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan. Terkena polusi, radikal bebas, dan cahaya matahari.

5 dari 7 halaman

Manfaat Teh Celup untuk Kecantikan

Mata Lebam

Lebam, bengkak, atau memar pada mata juga bisa diobati dengan teh lavender dan teh chamomile. Teh tersebut membantu meredakan perdarahan dalam serta menenangkan kulit iritasi dan meredakan nyeri.

Untuk bisa merasakan manfaat teh celup untuk kecantikan ini, kompreskan teh celup pada mata. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Meremajakan Kulit

Teh celup bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan wajah secara alami. Teh ini dapat membuat kulit lebih elastis atau membantu proses peremajaan.

Teh hijau mampu meremajakan kulit, menghilangkan polusi yang menempel, flek hitam, dan mencerahkan kulit, sebuah riset oleh Medical College of Georgia 2003.

Siapkan 2 kantung ampas teh hijau dan keluarkan isinya. Campurkan ampas dengan perasan lemon. Lalu balurkan pada wajah sebagai masker alami. Tunggu sekitar 15 menit. Bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Mata Bintitan

Mata bintitan ditandai dengan munculnya benjolan kecil di tepi pelupuk mata. Warnanya merah, terkadang nyeri, dan mengganggu penampilan.

Untungnya teh celup seperti varian hitam dan chamomile bisa membantu meredakannya. Sifat antibakteri yang dimilikinya bisa mengempiskan dan meredakan iritasi yang terjadi.

6 dari 7 halaman

Manfaat Teh Celup untuk Kecantikan

Menenangkan Kulit

Kantung teh celup seperti chamomile adalah solusi terbaik jika kamu mengalami iritasi kulit atau peradangan. Membantu menenangkan kulit gatal, kemerahan, dan bercak bersisik pada kulit penyebab iritasi.

Caranya, rendam kantung teh chamomile dan oleskan pada area yang terkena dampak setiap hari sampai melihat perubahannya. Jika tidak memiliki kantung teh, bisa menggunakan daun teh chamomile sebagai gantinya.

Noda atau Bekas Luka

Daun teh mengandung asam tanat yang membantu merawat noda dan kulit terbakar yang menyejukkan. Agar manfaat ini bisa dirasakan, seduh teh celup dan saring. Biarkan teh menjadi dingin, kemudian celupkan handuk atau kapas ke dalam teh dan oleskan pada daerah yang terkena.

Biarkan selama 30 menit dan kemudian basuh wajah dengan air dingin. Bisa juga dengan langsung mengoleskan kantung teh di wajah. Manfaat teh celup untuk kecantikan ini sangat mudah diterapkan di rumah.

7 dari 7 halaman

Manfaat Teh Celup untuk Kecantikan

Mata Merah

Teh calendula, teh chamomile, dan teh adas memiliki potensi meredakan gejala mata merah. Teh celup jenis ini dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan yang mengalir dari mata, sekaligus mengurangi pembengkakan dan iritasi.

Manfaat teh celup untuk kecantikan mata juga bisa didapat dari teh hijau. Teh ini memiliki khasiat antimikroba yang bisa menangkal bakteri penyebab iritasi dan kemerahan. Mudah diterapkan dan aman.

Bibir Pecah-Pecah

Manfaat teh celup untuk kecantikan bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan bibir. Salah satunya mengatasi masalah bibir pecah-pecah. Bibir yang pecah-pecah perlu hidrasi secara teratur.

Teh hijau adalah jenis yang paling cocok dijadikan sebagai pelembab alami. Hanya perlu mencelupkan teh hijau ke dalam air hangat dan oleskan pada bibirmu. Diamkan selama 5-10 menit, ulangi setidaknya dua kali sehari untuk merawat bibir yang pecah-pecah.

Eksfoliasi Kulit

Antioksidan dalam daun teh membantu meningkatkan cahaya kulit. Untuk bisa merasakan manfaatnya, teh celup dapat dijadikan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mendapatkan kulit yang sehat.

Setelah itu, biarkan teh celup mengering. Potong kantung teh, ambil tehnya dan gosokkan di wajah dengan lembut dalam gerakan melingkar. Gunakan bagian ujung jari selama lima menit. Kemudian bilas dengan air.