Sukses

OCD adalah Gangguan Mental, Ketahui Jenis, Penyebab, dan Gejalanya

Ketahui jenis dan gejala OCD.

Liputan6.com, Jakarta OCD adalah salah satu kondisi mental yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. OCD adalah singkatan dari obsessive-compulsive disorder. Kondisi ini membuat orang melakukan sesuatu berulang dan memiliki obsesi yang tidak diinginkan.

OCD adalah salah satu kondisi mental yang berkaitan dengan pola pikir dan perilaku. Seseorang yang didiagnosis dengan OCD merasa harus melakukan sesuatu tertentu berulang kali, meskipun mereka tidak menginginkannya. OCD adalah perilaku yang bisa menimbulkan kelelahan dan stres yang berat.

OCD adalah kondisi mental yang tidak bisa didiagnosis sendiri tanpa bantuan ahli. Maka dari itu, penting memeriksakan diri jika kamu merasakan adanya gejala OCD. Mengenali gejala OCD adalah cara penting mengatasi masalah ini.

OCD adalah kondisi yang bisa muncul selama masa kanak-kanak atau remaja, dan ini jarang terjadi setelah usia 40 tahun. Berikut ulasan mengenai OCD, pengertian, jenis dan gejalanya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(10/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal OCD

Menurut International OCD Foundation, gangguan obsesif kompulsif atau OCD adalah gangguan kesehatan mental yang mempengaruhi orang dari segala usia dan lapisan masyarakat, dan terjadi ketika seseorang terjebak dalam siklus obsesi dan kompulsi.

Obsesi adalah pikiran, gambaran, atau dorongan yang tidak diinginkan dan mengganggu yang memicu perasaan tertekan secara intens. Kompulsi adalah perilaku yang dilakukan seseorang untuk mencoba menyingkirkan obsesi dan / atau mengurangi kesulitannya.

Kebanyakan orang memiliki pikiran obsesif dan / atau perilaku kompulsif di beberapa titik dalam hidup mereka, tetapi itu tidak berarti bahwa semua orang menderita OCD. Seseorang mengalami OCD jika siklus obsesi dan kompulsi ini menjadi sangat ekstrem sehingga menghabiskan banyak waktu dan menghalangi aktivitas penting dalam kehidupan.

3 dari 7 halaman

Penyebab OCD

Penyebab gangguan obsesif-kompulsif belum sepenuhnya dipahami. Dilansir Liputan6.com dari Healthline, para peneliti percaya bahwa OCD terjadi ketika area tertentu di otak mungkin tidak merespons secara normal terhadap serotonin, zat kimia yang digunakan beberapa sel saraf untuk berkomunikasi satu sama lain. Teori umum mengungkapkan OCD adalah gangguan yang disebabkan oleh:

Riwayat keluarga

Seseorang lebih mungkin menderita OCD jika ada anggota keluarga yang juga menderita OCD. Para ahli percaya bahwa ada kemungkinan gen tertentu dapat berperan dalam perkembangan OCD, tetapi mereka belum menemukan gen spesifik yang menyebabkan OCD.

Penyebab biologis

Kimia otak juga dapat berperan terhadap OCD. Beberapa penelitian menunjukkan gangguan fungsi di bagian otak tertentu atau masalah dengan transmisi bahan kimia otak tertentu, seperti serotonin dan norepinefrin, dapat menyebabkan OCD.

Faktor lingkungan

Ada kemungkinan juga bahwa trauma, pelecehan, atau peristiwa stres lainnya dapat berperan dalam perkembangan OCD dan kondisi kesehatan mental lainnya.

 

4 dari 7 halaman

Jenis-jenis OCD

Ada beberapa jenis obsesi dan kompulsi yang bisa dialami seseorang. OCD dapat mempengaruhi orang yang berbeda dengan cara yang berbeda. Jenis-jenis OCD adalah:

Memeriksa berulang

Seseorang dengan OCD mungkin merasa perlu untuk memeriksa masalah berulang kali. Contohnya termasuk:

- memeriksa keran, alarm, kunci pintu, lampu rumah, dan peralatan untuk mencegah kebocoran, kerusakan, atau kebakaran.

- memeriksa tubuh mereka untuk mencari tanda-tanda penyakit

- mengkonfirmasikan keaslian ingatan

- berulang kali memeriksa komunikasi, seperti email, karena takut telah melakukan kesalahan atau menyinggung penerima

Ketakutan akan kontaminasi

Beberapa orang dengan OCD merasakan kebutuhan yang terus menerus dan berlebihan untuk mencuci tangan. Mereka mungkin takut benda yang mereka sentuh terkontaminasi. Contoh perilaku ini seperti:

- menyikat gigi atau mencuci tangan secara berlebihan

- berulang kali membersihkan kamar mandi, dapur, dan ruangan lainnya

- menghindari keramaian karena takut tertular kuman

Beberapa orang mengalami perasaan terkontaminasi jika merasa seseorang telah menyinggung atau mengkritik mereka. Mereka mungkin mencoba menghilangkan perasaan ini dengan mencuci.

5 dari 7 halaman

Jenis-jenis OCD

Penimbunan

Perilaku ini melibatkan seseorang yang merasa tidak mampu membuang barang bekas atau tidak berguna. Seseorang yang menderita OCD, sebenarnya tidak ingin memiliki semua barang yang mereka kumpulkan, tetapi mereka mungkin merasa harus menyimpannya karena pikiran obsesif atau kompulsif.

Pikiran yang mengganggu

Kondisi ini melibatkan perasaan tidak mampu mencegah pikiran yang tidak diinginkan berulang. Ini mungkin melibatkan kekerasan, termasuk bunuh diri atau melukai orang lain.

Pikiran tersebut dapat menyebabkan tekanan yang intens, tetapi orang tersebut tidak mungkin bertindak dengan cara yang mencerminkan kekerasan ini. Seseorang dengan tipe OCD ini misalnya, mungkin takut bahwa mereka adalah seorang pedofil, bahkan tanpa bukti yang mendukung hal ini.

Simetri dan keteraturan

Seseorang dengan tipe OCD ini mungkin merasa bahwa mereka perlu mengatur objek dalam urutan tertentu untuk menghindari ketidaknyamanan atau bahaya. Misalnya, mereka mungkin berulang kali mengatur ulang buku di rak.

6 dari 7 halaman

Gejala OCD

Obsesi pada OCD cenderung berulang. Ini meliputi pikiran yang terus-menerus dan tidak diinginkan, dorongan atau gambaran yang mengganggu dan menyebabkan stres atau kecemasan. Obsesi ini akhirnya membuat penderita mencoba mengabaikannya atau menyingkirkannya dengan melakukan perilaku atau ritual kompulsif.

Obsesi sering kali memiliki tema tersendiri, seperti:

- Takut terkontaminasi atau kotoran

- Meragukan dan kesulitan menoleransi ketidakpastian

- Membutuhkan hal-hal yang teratur dan simetris

- Pikiran agresif atau mengerikan tentang kehilangan kendali dan merugikan diri sendiri atau orang lain

- Pikiran yang tidak diinginkan, termasuk agresi, atau subjek seksual atau agama.

7 dari 7 halaman

Gejala OCD

Gejala kompulsi

Kompulsi dalam OCD adalah perilaku berulang yang membuat seseorang merasa terdorong untuk melakukannya. Perilaku berulang atau tindakan mental ini dimaksudkan untuk mengurangi kecemasan terkait obsesi atau mencegah terjadinya sesuatu yang buruk. Namun, melakukan kompulsi tidak membawa kesenangan dan mungkin hanya menawarkan kelegaan sementara dari kecemasan.

Seorang penderita OCD mungkin membuat aturan atau ritual untuk diikuti yang membantu mengendalikan kecemasan saat ia memiliki pikiran obsesif. Kompulsi ini berlebihan dan seringkali tidak secara realistis terkait dengan masalah yang ingin mereka perbaiki.

Contoh tanda dan gejala kompulsi meliputi:

- mencuci tangan sampai kulit mengelupas

- Memeriksa pintu berulang kali untuk memastikan pintu terkunci

- Memeriksa kompor berulang kali untuk memastikannya mati

- Menghitung dengan pola tertentu

- Mengulangi doa, kata atau frase secara diam-diam

- Menata sesuatu dengan pola yang sama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini