Sukses

17 Manfaat Minum Air Putih bagi Tubuh, Jangan Diremehkan

Liputan6.com, Jakarta Segudang manfaat minum air putih bagi tubuh, nyatanya masih sering diremehkan. Padahal secara ilmiah, tubuh manusia terdiri dari 60-70 persen cairan. Ketika cairan ini dapat terpenuhi dengan baik, maka kerja organ tubuh manusia bisa lebih maksimal.

Manfaat minum air putih bagi tubuh ini berasal dari kemampuannya menghidrasi, menghilangkan racun, dan mengoptimalkan metabolisme. Lalu menyeimbangkan sistem limfa, merangsang sel darah merah, merangsang lobus temporal otak, dan menenangkan saraf.

Untuk bisa merasakan dampak dari manfaat minum air putih bagi tubuh, porsi konsumsinya harus diperhatikan betul. Anjuran umumnya adalah 8 gelas perhari yang setara dengan 2 liter air putih. Meski demikian, konsumsi ini sebenarnya tidak bisa diberlakukan untuk semua orang.

Jika konsumsi 8 gelas sudah membuat seseorang kuwalahan, tidak perlu dipaksakan. Begitu juga ketika konsumsi 8 gelas masih kurang, boleh dilebihkan. Pada dasarnya, hanya diri dan tubuh sendiri yang paling mengerti porsi tepatnya. Mengenai porsi minum air putih, biasanya tubuh akan memberikan sinyal kecukupannya.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat minum air putih bagi tubuh dari berbagai sumber, Jumat (11/12/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat Minum Air Putih bagi Tubuh

Membersihkan Usus

Minum air putih saat perut kosong dapat membersihkan usus. Hal ini terjadi karena air putih membantu saluran pencernaan membuang limbah berbahaya yang menumpuk di dalam usus.

Saat usus bersih, itu artinya sistem pencernaan menjadi lebih siap dan lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan. Tidak heran manfaat minum air putih bagi tubuh berdampak pada pencegahan kanker usus besar (kolon) yang mengancam pria dan wanita.

Masalah susah BAB pun bisa diringankan karenanya. Jika tinja yang terbentuk memiliki sedikit air, teksturnya akan cenderung keras. Tinja yang keras dapat menyebabkan sulit buang air besar atau konstipasi. Bila konstipasi tak ditangani dengan baik, akan timbul gangguan kesehatan lainnya seperti ambeien.

Tingkatkan Metabolisme

Menurut sebuah penelitian atau studi, laju metabolisme yang cepat adalah indikator kesehatan yang baik. Minum air putih dingin dapat meningkatkan laju metabolisme ini. Jadi, mitos bahwa minum air putih dingin menyebabkan perut sulit mencerna makanan sebaiknya tak perlu dipercaya.

Studi terbaru di berbagai jurnal kesehatan menyatakan bahwa minum air dingin mempercepat proses pengaktifan mekanisme yang menyebabkan pembakaran kalori. Pembakaran kalori ini terjadi untuk menghasilkan panas dalam tubuh. Minum air putih dingin secara teratur dapat membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Mencegah Infeksi

Minum air putih saat perut kosong dapat berupaya mencegah terjadinya infeksi. manfaat minum air putih bagi tubuh ini terjadi ketika air putih menyeimbangkan sistem limfa manusia.

Kelenjar getah bening bisa berfungsi lebih optimal dengan menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian dapat membantu mencegah terjadinya infeksi.

Bahkan, minum air putih saat perut kosong dapat membantu dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari sakit kepala, penyakit jantung, radang sendi, detak jantung cepat, epilepsi, kelebihan lemak, bronkitis, dan asma.

3 dari 7 halaman

Manfaat Minum Air Putih bagi Tubuh

Keseimbangan Cairan

Tubuh manusia terdiri dari air sebanyak 60-70 persen. Tidak heran jika manfaat minum air putih bagi tubuh ada banyak sekali. Salah satunya menyeimbangkan cairan dalam tubuh manusia.

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan setidaknya dua liter air perhari. Maka dengan minum air putih kebutuhan cairan tubuh akan terpenuhi dan bekerja optimal. Dua liter air sama dengan delapan gelas air putih.

Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk akibat tingginya konsentrasi zat-zat yang kelarutannya rendah, seperti kalsium dan oksalat. Keduanya merupakan bahan tersering yang membentuk batu ginjal di dalam urine.

Namun, tak perlu risau sebab manfaat minum air putih bagi tubuh dapat mencegah hal ini. Oleh karena itu, minumlah air dengan cukup agar konsentrasi bahan-bahan di atas tidak tinggi di urine sehingga batu ginjal tidak terbentuk.

Kulit Lebih Cerah

Air bisa membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam darah. Hal ini bisa berdampak langsung pada kulit juga. Membuat kulit tampak lebih cerah, bersinar, dan sehat secara alami dari dalam.

Mengonsumsi air putih dengan cukup juga bisa menghindarkan dari masalah dehidrasi. Selain menggangu fungsi organ, dehidrasi dapat menyebabkan masalah kulit. Dehidrasi menyebabkan keriput dini dan membuat kulit keropos.

4 dari 7 halaman

Manfaat Minum Air Putih bagi Tubuh

Meningkatkan Mood

Menghabiskan berjam-jam di bawah sinar matahari langsung, sesi olahraga keras, dan aktivitas luar ruangan yang menghasilkan keringat memang sumber suasana hati yang buruk. Ajaibnya, minum air putih dingin bisa membantu meningkatkan mood, loh.

Ada daerah-daerah tertentu di lobus temporal otak manusia, terutama bertanggung jawab untuk suasana hati. Lobus ini bisa dirangsang dengan minum air dingin. Secara tidak langsung, manfaat minum air putih bagi tubuh memunculkan perilaku agresif dan memicu hormon bahagia.

Menurunkan Berat Badan

Minum air putih saat perut kosong, ternyata dapat menurunkan berat badan juga. Tidak heran jika konsumsi air putih sangat membantu ketika program diet sedang dijalankan. Manfaat minum air putih bagi tubuh ini berasal dari air putih yang tidak mengandung kalori.

Minum air putih dapat menghilangkan semua racun dan mengurangi keasaman. Saat air meningkatkan metabolisme, tubuh pun akan cenderung membakar kalori lebih cepat. Minum 500 ml air putih saat perut kosong bisa meningkatkan kinerja metabolisme sebanyak 24% pada pagi hari.

5 dari 7 halaman

Manfaat Minum Air Putih bagi Tubuh

Memaksimalkan Produksi Sel Baru

Produksi sel baru dalam tubuh manusia sangatlah penting. Sel-sel darah dan otot yang baru, bisa meningkat dengan kebiasaan minum air putih dalam keadaan perut kosong di pagi hari. Paling tidak konsumsilah 500 ml pada pagi harinya.

Metabolisme tubuh bisa dioptimalkan dengan konsumsi ini. Selain itu, manfaat minum air putih bagi tubuh tidak hanya memaksimalkan produksi sel baru. Melainkan turut serta mengoptimalkan fungsi organ tubuh manusia.

Meningkatkan Energi

Minum air putih saat perut kosong bisa meningkatkan energi, loh. Tidak heran ketika buka puasa, minum air putih kerap dijadikan pilihan banyak orang. Selain menyegarkan, mengonsumsinya juga membuat tubuh terhidrasi lebih cepat.

Minum air putih saat perut kosong bisa merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat. Sekaligus memperlancar asupan oksigen ke dalam darah. Tubuh pun menjadi lebih berenergi dan semangat. Selain itu, seimbangkan juga dengan pola makan dan olahraga teratur agar lebih optimal.

Glowing

Memiliki kulit wajah yang glowing bisa didapatkan dari konsumsi air putih. Pasalnya, air putih bisa menghilangkan kotoran dalam tubuh dan kulit melalui urin serta keringat. Hal ini yang membuat masalah jerawat, minyak, dan keriput bisa dihindari dengan mudah.

Untuk bisa merasakan manfaat minum air putih bagi tubuh dan kulit yang glowing, konsumsi sehari 1 liter. Jika bosan dengan rasa hambar air putih, tambahkan sari lemon dan madu. Lemon dan madu pun bisa turut serta menutrisi kulit dari dalam.

6 dari 7 halaman

Manfaat Minum Air Putih bagi Tubuh

Nyeri Menstruasi

Nyeri haid (dismenorrhea) sangat sering dialami oleh beberapa wanita. Masalah nyeri ini dapat diredakan dengan mengonsumsi air putih dengan cukup. Cara meredakan nyeri ini lebih praktis daripada minum jamu.

Minum cairan dalam jumlah yang cukup dapat mencegah tubuh menahan cairan di dalam. Akibatnya, nyeri akibat kembung yang menyertai haid dapat berkurang. Air putih yang dikonsumsi juga bisa membantu merelaksasi otot yang kram dan melancarkan aliran darah.

Tingkatkan Hormon

Hormon adalah zat kimia paling penting yang diproduksi dalam tubuh manusia oleh berbagai kelenjar. Studi terbaru mengungkapkan bahwa minum air dingin memiliki dampak positif pada hormon dalam tubuh, khususnya testosteron dan estrogen.

Testosteron paling sering dikaitkan dengan dorongan seksual, dan memainkan peran penting dalam produksi sperma. Ini juga mempengaruhi massa tulang dan otot, cara pria menyimpan lemak dalam tubuh, dan produksi sel darah merah.

Sementara estrogen adalah sekelompok hormon seks yang mempromosikan pengembangan dan pemeliharaan karakteristik wanita dalam tubuh manusia. Air dingin sangat membantu dalam mempertahankan kehidupan seks yang baik.

Meredakan Flu

Berbagai gejala flu seperti sakit tenggorokan, pilek, dan dehidrasi dapat dicegah dan diringankan dengan minum air putih hangat. Selain mengurangi peradangan dan mengencerkan lendir, manfaat minum air putih bagi tubuh dapat menghidrasi penderita flu.

Uap hangat dari air putih dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran napas dengan baik. Bisa pula menambahkan jahe, lemon, atau madu untuk membantu meredakan nyeri tenggorokan dengan segera.

7 dari 7 halaman

Manfaat Minum Air Putih bagi Tubuh

Meredakan Radang Sendi

Manfaat minum air putih bagi tubuh selanjutnya adalah melancarkan sirkulasi pada pembuluh darah. Lalu membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks. Tidak heran jika kemudian radang sendi bisa diredakan dengan mengonsumsinya.

Selain radang sendi, minum air putih hangat bisa membantu menenangkan sistem saraf dan menghidrasi tubuh. Bahkan air putih hangat dapat mengatasi rasa sakit pada perut, kepala hingga bagian tubuh lainnya.

Melegakan Sakit Tenggorokan

Tidak hanya berdampak pada masalah flu dan pilek, tetapi sakit tenggorokan bisa diredakan dengan mengonsumsi air putih hangat. Jika tidak ingin mengonsumsi, air putih hangat bisa digunakan untuk berkumur dengan tambahan setengah sendok teh garam.

Rasa sakit pada tenggorokan biasanya disertai peradangan dan pembengkakan pada dinding tenggorokan. Air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan, sehingga tenggorokan terasa lebih lega. Gunakan campuran air garam tadi untuk berkumur tiga kali sehari selama 30 detik.

Menenangkan Saraf

Air putih hangat dapat menenangkan sistem saraf pusat di tubuh manusia. Manfaat minum air putih bagi tubuh ini sangat berguna bagi yang memiliki masalah sendi dan pegal linu.

Rasa hangat yang ditimbulkan dipercaya bisa memberikan sensasi relaks. Maka dari itu, air putih hangat ini banyak digunakan untuk meredakan rasa nyeri akibat kram dan ketegangan otot perut juga.