Sukses

Podcast adalah Konten Audio yang Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Podcast selain mudah diakses, juga terdapat manfaat bagi pendengarnya.

Liputan6.com, Jakarta Di era digital seperti saat ini, podcast adalah kata atau istilah yang tentu sudah tidak asing terdengar di telinga. Bahkan di kalangan anak muda, podcast sendiri sudah begitu populer. Bagi penggemarnya, podcast adalah cara yang bisa dilakukan untuk menikmati konten menarik dari seluruh dunia secara gratis. Di sisi lain, bagi para kreator, podcast adalah cara yang sangat efektif dalam menjangkau banyak pendengar.

Melansir dari situs Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, dalam Bahasa Indonesia kata podcast memiliki padanan dengan kata siniar. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), siniar adalah telekom siaran (berita, musik, dan sebagainya) yang dibuat dalam format digital (baik audio maupun video) yang diunduh melalui internet.

Pengertian mudahnya, podcast adalah sebuah rekaman audio yang dapat didengar oleh semua orang. Sebenarnya bisa dikatakan jika podcast tidak jauh berbeda dengan radio. Kendati begitu, antara podcast dan radio memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Untuk membahas lebih jauh mengenai podcast dan seluk-beluk di dalamnya, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai hal tersebut, Sabtu (12/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Penggunaan Podcast

Podcast adalah salah satu media yang sangat bermanfaat bukan hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain, namun juga saling berbagi informasi yang menarik dan penting. Meski kerap disebut mirip dengan radio, tapi bisa dikatakan jika podcast lebih praktis dibanding radio. Hal tersebut sangat wajar, sebab podcast adalah media komunikasi yang lahir di era digital, di mana seluruhnya serba cepat dan mudah untuk diakses semua orang.

Namun, selain podcast yang lebih mudah diakses oleh banyak orang, tersedia juga beragam pilihan podcast serta tidak ada iklan berlebihan layaknya radio. Jika belum pernah menggunakan podcast sebelumnya, jangan khawatr, pasalnya cara penggunaan podcast sangat mudah bahkan bisa kapan saja sesuai dengan keinginan pendengar.

Tapi, hal terpenting yang perlu diparhatikan untuk mengakses podcast, Anda harus menggunakan smarthphone maupun PC yang terkoneksi dengan internet. Selanjutnya, mulai dengan mendownload aplikasi yang biasa digunakan untuk mendengarkan podcast.

Jenis aplikasi untuk mendengarkan podcast sangat bervariasi. Ada yang gratis ada pula yang berbayar. Tapi memang, pada jenis aplikasi yang berbayar terdapat kelebihan fitur-fitur penting yang tidak ada di aplikasi gratis.

Kemudian, setelah mengunduh aplikasi yang ingin digunakan untuk mendengarkan podcast, selanjutnya cari podcast yang ingin didengar. Untuk mencarinya bisa dengan dua cara yaitu:

1. Search nama podcast yang ingin dicari. Contohnya kamu search Rintiksedu, TedTalk, dll atau bisa juga search kategori misal media sosial.

2. Lalu, cara yang kedua yaitu dengan Browse Directory Podcast. Fitur ini biasanya tersedia di aplikasi yang digunakan untuk mendengarkan podcast tersebut.

3 dari 3 halaman

Manfaat Mendengarkan Podcast

1. Memberi Banyak Informasi dari Beragam Konten

Salah satu manfaat podcast adalah adanya informasi yang bisa diberikan. Sebab di dalam podcast ada banyak konten yang membahas berbagai macam aspek. Mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Dengan kata lain, manfaat mendengarkan podcast adalah didapatkannya ilmu secara informal, karena banyak hal yang mungkin belum pernah  Anda dengar atau dapatkan dalam pendidikan formal.

 

2. Latih Imajinasi

Selanjutnya, manfaat mendengarkan podcast adalah melatih imajinasi ketika sedang mendengarkan. Pasalnya, podcast adalah jenis sarana komunikasi dan hiburan yang disajikan dalam bentuk audio atau rekaman saja. Meski saat ini ada beberapa juga yang menyediakannya dalam bentuk video.

Saat mendengarkan podcast yang disajikan dalam bentuk audio atau rekaman, tentu selama mendengarkan akan berimajinasi dengan segala penjelasan yang diucapkan atau dibahas di dalamnya.

 

3. Belajar Jadi Pendengar yang Baik

Selanjutnya, manfaat mendengarkan podcast adalah belajar jadi pendengar yang baik, karena tidak semua orang bisa menahan diri untuk mendengarkan sesuatu. Tentunya seseorang senang bila didengarkan, tapi kemampuan mendengarkan tersebut hendaknya dilatih, salah satunya dengan podcast.

Maka tidak heran, jika dengan mendengarkan podcast secara tidak langsung Anda akan belajar jadi pendengar yang baik karena Anda memiliki niat untuk mendapatkan suatu informasi di dalamnya. Jadi pendengar yang baik adalah hal yang harus dilatih karena akan sangat berguna bagi kehidupan.

 

4. Latih Simulasi Otak

Yang terakhir, manfaat dari mendengarkan podcast adalah melatih simulasi otak. Melansir Fimela, hal ini sesuai dengan saran situs-situs edukasi. Kemampuan otak dalam berimajinasi saat mendengarkan podcast biasa disebut dengan ‘brain gym’. Sebab pada umumnya podcast tidak memiliki visual, sehingga otak jadi lebih fokus pada indera pendengaran dalam menggali informasi.

Brain gymn bisa dilatih dengan tidak adanya elemen visual dalam podcast yang membuat Anda lebih imajinatif untuk menggambarkan sebuah informasi hanya dari indera pendengaran tadi. Maka, tidak ada salahnya mencoba untuk dengarkan berbagai podcast yang saat ini bisa dengan mudah di akses tanpa terbatas ruang dan waktu. Selamat mencoba, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.